tribunnews.comAvatar border
TS
MOD
tribunnews.com
Peneliti Terorisme: Kunjungi Kabul, Jokowi Adalah Presiden Super Berani


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan mengunjungi Kabul, Afghanistan hari ini, Senin (29/1/2018).

Padahal, Kabul baru saja diserang bom mobil tiga hari yang lalu. Itu adalah serangan mematikan kedua, setelah pekan lalu terjadi insiden serangan terorisme di sebuah hotel di Kabul.

Peneliti terorisme Ridlwan Habib melihat kunjungan Presiden Jokowi ini cukup beresiko secara keamanan.

“Pertimbangan Presiden Jokowi untuk tetap mengunjungi Kabul adalah langkah yang super berani," ujar Ridlwan Habib kepada Tribunnews.com, Senin (29/1/2018).

"Karena negara negara besar lain di dunia justru mengeluarkan travel warning ke Afghanistan,” jelas pengamat intelijen ini lebih lanjut.

Menurut Ridlwan, tujuh negara besar mengeluarkan travel warning diantaranya Amerika Serikat, Inggris, Perancis,Australia, Swiss, Selandia Baru dan Denmark.

“Mereka melarang warga negaranya mengunjungi Afghanistan karena menduga akan ada serangan terorisme bersenjata,” ujar alumni S2 Kajian Intelijen Universitas Indonesia itu.

Baca: Gerhana Bulan Total 31 Januari Disebut Langka, Ini Penjelasannya

Ridlwan menjelaskan, sejak Oktober 2017 hingga Januari 2018, Afghanistan terus diguncang aksi terorisme. Serangan dilakukan oleh dua kelompok yakni Isis dan mujahidin Taliban.

“Serangan Taliban dilakukan di kota Ghazni, Kandahar, Gardez, Paktia, Ghor dan bulan ini Taliban menyerang Kabul, dalam teori keamanan situasinya merah, sangat berbahaya,” ucapnya.

Simbol Perlawanan Terhadap Aksi Teror

Ridlwan berharap keberanian Jokowi ini diikuti dengan persiapan matang dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

“Grup A Paspampres yang melekat pada Jokowi harus menyiapkan contingency plan, rencana darurat bahkan scenario evakuasi jika saat kunjungan ke Kabul ada serangan terorisme,” katanya.

Keselamatan Presiden harus jadi prioritas utama. Paspampres harus sudah mengukur jarak waktu menuju bandara yang paling aman.

Selain itu, saat kunjungan dilakukan Paspampres perlu menambah peralatan keamanan.

Sikap Jokowi yang ngotot tetap mengunjungi Kabul di tengah ancaman besar aksi terorisme itu menurutnya adalah simbol perlawanan terhadap aksi aksi teror.

”Pak Jokowi memberi kode pada seluruh pemimpin besar dunia bahwa terorisme adalah musuh bersama, Jokowi memberi contoh agar tidak tunduk dan diam pada terorisme,” kata Ridlwan.

Melengkapi rangkaian kunjungannya ke lima negara Asia Selatan, yaitu Sri Lanka, India, Pakistan, Bangladesh, dan Afghanistan, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi bertolak menuju Kabul, Afghanistan, dari Bandar Udara International Hazrat Shahjalal, Dhaka, Bangladesh, sekitar pukul 09.15 waktu setempat atau pukul 10.15 WIB.

Keberangkatan Presiden dilepas oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Bangladesh Abul Hassan Mahmood Ali dan Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) Republik Indonesia untuk Bangladesh Rina P. Soemarno.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin, mengatakan, dalam kunjungan kenegaraan ke Kabul itu, Presiden Jokowi diagendakan akan melakukan serangkaian kegiatan kenegaraan dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, yaitu tete-a-tete, pertemuan bilateral, dan memberikan pernyataan bersama.

“Presiden juga akan bertemu dengan High Peace Council (HPC) Afghanistan di Istana Haram Sarai (Wisma Negara). Setelah itu, Presiden akan mengikuti jamuan santap siang bersama di Istana Presiden,” jelas Bey dalam siaran persnya pagi ini.

Sore harinya, menurut Bey, Presiden Jokowi dijadwalkan akan mengunjungi Istana Darul Aman yang juga menjadi agenda penutup kunjungan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana ke Afghanistan.

“Dari Bandara Internasional Hamid Karzai, Afghanistan, Presiden Jokowi dan Ibu Negara beserta rombongan akan kembali ke tanah air,” kata Bey.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana dalam kunjungan ke Afghanistan itu antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menlu Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki. (*)


Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...n-super-berani

---

Baca Juga :

- Bertambah Jadi 103 Orang Tewas Dalam Serangan Bom Mobil Di Kabul

- Korban Tewas Akibat Serangan Bom Gunakan Ambulans di Kabul Bertambah Jadi 103 Orang

- Jumlah Korban Tewas Akibat Serangan Bom Bunuh Diri di Kabul Bertambah Jadi 95 Orang

0
401
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan