vetynishAvatar border
TS
vetynish
60 Alasan Kenapa Dosen Sesekali Perlu ‘Digampar’
Mungkin Anda merasa aneh dengan judul diatas. Namun sebagai mahasiswa kadang ada perasaan yang bikin saya rasanya pengen gampar dosen. Sebenarnya itu cuma kiasan. Toh kata orang jaman dulu, tak boleh marah sama orang yang punya ilmu.

Lebih tepat kalau disebut kritik membangun terutama bagi dosen yang suka PHP, banyak kegiatan di luar kampus, dll. Penggunaan bahasa sarkastik itu agar lebih dipahami maksudnya karena mahasiswa juga butuh dosen bukan hanya sebagai pengajar tapi juga sosok yang layak ditiru dan digugu.

Karena itu, peran dosenlah yang membuat mahasiswa itu layak digampar atau tidak. Karena terkadang letak kesalahan ada pada dosen juga. Jadi bagi Anda para dosen yang membaca ini, bolehlah tulisan ini dianggap sebagai kritik. Tak perlu marah ataupun kesal, anggap sebagai masukan untuk menjadi lebih baik.

Tulisan ini sebenarnya merupakan tulisan dari salah seorang dosen Universitas Gadjah Mada (UGM), Bpk Made Andi. Namun saya rasa ada perlunya juga para dosen di Unsri baca ini.

Karena itu, sekali lagi bila ada bapak/ibu dosen yang merasa terusik kami mengucapkan mohon maaf sebesar-besarnya. Karema kami tahu bahwa menjadi pendidik adalah tugas yang sangat mulia dan sungguh tidak gampang. Namun ada baiknya untuk tetap belajar karena kebenaran yang hakiki hanyalah milik Tuhan semata.

Berharap bisa berbenah. Hasil pendidikan tanggung jawab kita, bukan cuma dosen, bukan hanya mahasiswa. Tanpa kerjasama dan komunikasi yang baik, tidak akan ada hasil yang baik. Semoga kita tidak betah dalam suasana saling menuduh dan berburuk sangka. Meminjam istilah paman Malcolm Forbes, tujuan utama pendidikan adalah mengganti kepala yang kosong dengan kepala yang terbuka. Jadi, tujuan pendidikan bukan memintarkan tetapi membuat orang terbuka dengan berbagai gagasan. Mari menjadi terbuka, dengan gamparan kiri kanan 😀

Spoiler for 60 Alasan Kenapa Dosen Layak “Digampar” Mahasiswa:


Spoiler for Pesan untuk mahasiswa,:


Sumber Artikel

Diubah oleh vetynish 28-01-2018 15:17
0
3.1K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan