thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
Nyaris Tenggelam, 2 Anak Ini Diselamatkan Drone

Foto: News.com.au

Drone, bisa dibilang "mainan" kekinian buat pencinta aerial photography. Buat Agan yang belum familiar, drone/ Unmanned Aerial Vehicle ini adalah pesawat yang diterbangkan tanpa awak. Jadi, drone ini dikendalikan oleh pilot drone dengan menggunakan remote control.

Dulu nih, drone ini digunakan di bidang militer buat mengintai musuh atau daerah yang lagi konflik dan nggak memungkinkan mereka untuk terjun langsung ke lapangan. Tapi semakin ke sini, drone ini udah semakin mudah ditemukan dan bahkan jadi hobi baru.


Foto: News Corp Australia

Baru-baru ini di pantai Australia, tepatnya di dekat Lennox Head, utara New South Wales, teknologi drone ini baru aja menyelamatkan nyawa manusia.

Nggak percaya?

Awalnya juga ane nggak percaya, soalnya kok bisa gitu drone menyelamatkan manusia. Buat yang sering wisata ke pantai, pasti tau ada jarak aman wisatawan untuk berenang atau surfing di pinggir pantai. Alasannya, bisa berbahaya kalau tiba-tiba ada gelombang tinggi. Naasnya, 2 orang remaja yang lagi berenang santai di tepi pantai tiba-tiba kebawa gelombang tinggi.


Foto: news.com.au

Jadi, ceritanya si 2 anak remaja ini lagi berenang di pinggir pantai, tiba-tiba ada gelombang setinggi 3 meter yang menyapu mereka hingga sejauh 700 meter dari bibir pantai. Untungnya, ada orang yang ngelihat si 2 ana remaria ini dan ngasih tau ke penjaga pantai.


Foto: news.com.au

Beruntungnya, waktu itu para penjaga pantai lagi ada latihan buat nyelametin 2 orang itu pake drone Westpac Little Ripper Lifesaver. Caranya, drone diarahkan ke arah 2 perenang yang kebawa gelombang itu dan kira-kira posisinya 800 meter di atas perenang, akhirnya perahu karet itu dilemparkan deh.


Foto: news.com.au

Dengan susah payah, 2 perenang ini meraih perahu karet yang dilemparkan drone dan saling berpegangan ke perahu karet ini sambil berenang ke tepi pantai. Meski susah payah karena gelombang terus datang, akhirnya mereka berhasil selamat meski dalam kondisi yang sangat kelelahan.


Drone yang bisa bawa perahu karet inflattable. ABC North Coast: Elloise Farrow-Smith

Alhamdulillah, dalam waktu penyelamatan kurang lebih 2 menit, 2 remaja ini akhirnya bisa selamat. Coba bayangin, 1-2 menit itu cepet banget dan bahkan lebih cepet dari penyelamatan yang biasanya alias tradisional. Penyelamatan dengan drone ini adalah yang pertama kalinya di dunia Gan!


Perahu karet/ floaties yang dibawa drone untuk diberikan ke perenang yang terbawa gelombang. Foto: (ABC North Coast: Elloise Farrow-Smith)

Jadi, pemerintah NSW emang baru aja ngumumin kalau mereka bakalan invest 430.000 dollar buat drone yang bisa menyelamatkan para perenang di pantai utara NSW. Patut ditiru nih di Indonesia, yang punya garis pantai terpanjang kedua di dunia yakni sepanjang 99.093 kilometer. Salah satunya kasus yang baru-baru ini saat ada perenang yang tenggelam di Pantai Baron, Gunungkidul, Yogyakarta pada Selasa (26/12/2017) hingga akhirnya ditemukan tak bernyawa di perairan Pulau Sempu, Kabupaten Malang, Jawa Timur atau sekitar 300 km ke arah timur, Minggu (31/12/2017) malam.

Buat Agan yang sering main di pantai, coba diperhatikan lagi batas aman berenang ya, demi keselamatan nyawa kita juga. Semoga dengan makin canggihnya teknologi bisa dimanfaatkan buat hal-hal yang turut membantu orang lain kayak gini ya GanSist emoticon-Nyepi

Buat yang mau lihat video penyelamatannya Gan:



Sumur: 12 3

Baca thread ane yang lain di sini
Diubah oleh thatwasfun 05-02-2018 06:24
0
11K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan