caryancandaAvatar border
TS
caryancanda
Menjamurnya Pembangunan Kota-kota Modern di Mana-mana, Ini 5 Diantaranya
Menjamurnya Pembangunan Kota-kota Modern di Mana-mana, Ini 5 Diantaranya
Buat orang-orang awam kayak gue, ngedenger ada rencana pembangunan kota pintar bisa bikin cengok dan terbelalak. Bukan gara-gara tau biaya pembangunannya aja yang makan dana sampe triliunan rupiah, tapi lebih ke karena fasilitas-fasilitas modern yang belom ada saat ini. Biasanya fasilitas-fasilitas ini akan berbasis teknologi canggih.

Di bawah ini ada sederet rencana pembangunan kota pintar yang sedang dalam tahap pembangunan. Mau tau apa aja? Yuk terus dibaca.

1. Rencana Bill Gates Membangun Kota Pintar di Sahara Arizona

Spoiler for :


Pernah gak ngebayangin kalo suatu saat kita bakal tinggal di kota yang punya kendaraan tanpa ada supirnya, jaringan digital berkecepatan tinggi, dan penuh dengan faslitas otomatis yang berbasis teknologi. Kayaknya bakal menyenangkan, ya kan?

Kota seperti itu adalah kota yang akan dikembangkan oleh Bill Gates. Konglomerat ini mengeluarkan biaya sekitar 80 juta dolar AS! Wilayah di Arizona dikenal sebagai negara bagian yang ramah teknologi.

2. Kota Terapung di Samudra Pasifik

Spoiler for :


Kota terapung ini dibangun guna mengatasi masalah keterbatasan lahan untuk tempat tinggal. Tapi sebenernya sih, tujuan utamanya adalah untuk membebaskan kemanusiaan dari system politik dan aturan-aturan yang membatasi. Di kota terapung ini penduduknya akan dimanjakan oleh berbagai fasilitas layaknya yang ada di darat, seperti hotel, rumah, kantor sampai restoran.
Awal tahun lalu, pemerintah Polinesia Perancis telah menandatangani perjanjian pendirian kota di atas laut dengan Seasteading Institute, perusahaan non-profit yang berbasis di San Fransisco, AS.

3. Kota Modern di Indonesia di Cikarang

Spoiler for :


Sekarang kita masuk kedalam negeri nih. Seperti yang kita ketahui kalau sekarang ini di Indonesia lagi heboh sama pembangunan Kota Meikarta di Cikarang. Perusahaan pengembang Meikarta sendiri adalah perusahaan besar yang udah banyak dikenal, yaitu Lippo Group. Lippo Group ini berencana akan membangun kota modern yang dipenuhi berbagai fasilitas kelas atas, mulai dari hunian bertaraf internasional, pusat Pendidikan, kebugaran, kesehatan, hingga hiburan. Bahkan, Lippo juga berencana mendirikan Silicon Valley, kayak di AS. Silicon Valley sendiri adalah pusat industri teknologi berdiri. Kalau di AS, Silicon Valley ini jadi markasnya Google, Facebook, hingga Youtube.

Untuk transportasi, Meikarta akan menggunakan system yang jauh lebih modern disbanding kota-kota konvensional. Jalan bagi kendaraan dan pejalan kaki juga bakal dibangun terpisah, jadi lebih aman dan nyaman buat semua penggunanya.

4. Kota yang Penuh Robot Dari Google di Toronto

Spoiler for :


Kota pintar ini sangat mendewakan teknologi sebagai landasan kehidupannya. Mulai dari transportasi, infrastruktur, dan lainnya akan menggunakan data sebagai komponen penggunannnya. Coba bayangin aja, dengan scan wajah atau sidik jari, kita bisa menikmati banyak fasilitas disana. Uang dan kartu rasanya gak akan dibutuhin lagi. Belum lagi ditambah robot-robot yang melayani setiap aktivitas kita.
Rencana itu kabarnya bakal digarap dengan menggelontorkan dana lebih dari 62 juta dolar AS.

5. Korsel dengan Kota khusus buat mobil tanpa sopir

Spoiler for :


Kpopers mesti tau nih, kalo negara tempat tinggal para idol Korea ini bakal mendirikan kota yang khusus didesain untuk tes kemudi kendaraan yang bisa menyetir sendiri. Bukan hanya satu atau dua ruas jalan tapi satu kota, lho!

Pembuatan kota ini tujuannya adalah untuk jadi tempat simulasi uji kelayakan self-driving car. Jadi, di setiap sudut kota akan dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi kerusakan atau kekurangan di tiap mobil pintar yang diproduksi.

Itu dia rencana pembangunan 5 kota pintar gan, menurut kalian mana nih yang paling keren??? Terlepas pembangunan kota modern di Indonesia itu masih jauh disbanding yang ada di luar negeri, kita patut mendukung loh semua bentuk pembangunan yang sifatnya untuk kebaikan negeri ini.

Diubah oleh caryancanda 15-01-2018 14:39
0
2.4K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan