Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ursmilemakerAvatar border
TS
ursmilemaker
Astaga, LGBT Semakin Banyak yang Bunuh Diri


Halal Lifestyle– Benar bahwa Lesbian, Gay, Biseksual dan Trangender (LGBT) masih dianggap sebagai masalah sosial, terutama jika ditinjau dari sudut pandang agama, yang masih belum tuntas penyelesaiannya. Namun, di balik itu, ternyata data terbaru menunjukkan banyaknya kasus bunuh diri di kalangan LGBT. Ada apa?

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasi dalam Journal of Homosexuality, risiko seorang LGBT melakukan bunuh diri meningkat dua sampai tujuh kali lipat lebih tinggi dibanding kelompok heteroseksual.

Selain itu, dikutip dari klikdokter.com, dalam jurnal lainnya disebutkan kasus depresi dan penyalahgunaan obat-obat terlarang di kalangan LGBT meningkat 1,5 kali lebih tinggi lalu berujung pada perbuatan bunuh diri. Penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Psychological Medicine ini menyebut risiko bunuh diri lebih tinggi terjadi pada pria LGBT dibanding perempuan.

Stigma buruk dari masyarakat terhadap kelompok ini, lalu kurangnya dukungan keluarga, bullying, pelecehan dari lingkungan sekitar atau sulitnya menemukan jalan keluar diduga sebagai penyebab angka bunuh diri LBGT semakin meningkat.

Sumber lainnya menyebut biasanya LGBT terjebak pada dunianya yang sempit sehingga kesulitan untuk kembali hidup normal. Apalagi, sebagai minoritas, tekanan terhadap LGBT cukup tinggi, sementara tempat-tempat khusus untuk rehabilitasi tidak begitu banyak.

Di Indonesia, LGBT sempak menyampaikan berbagai tuntutan atas nama Hak Asasi Manusia. Mulai dari meminta diakui dalam UU hingga dibuatkan regulasi khusus yang mengesahkan pernikahan sejenis. Suara-suara LGBT ini mendapat banyak pukulan balik, terutama dari kalangan agamawan karena dianggap sebagai perbuatan tercela. (Ryan Virgiawan)


0
2.8K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan