kaksus10Avatar border
TS
kaksus10
Belajar Dari Kasus Joshua Suherman, Perbedaan Itu Indah Berbeda Itu Anugerah


Haloo Agan Sista .. , ehh ketemu lagi nih ama ane siKaksus10 yang pastinya selalu menyuguhkan trit-trit yang berbeda dan bermanfaat .., tsedaapp..hihih..
emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool

Sebelumnya ane mau ucapin makasih buat Agan Sista yang mau mampir ke trit ane ini, semoga trit ane ini berfaedah yah Gan Sist.

Gan Sist, masih terkait dengan berita yang lagi heboh belakangan ini, soal kasus penistaan agama yang dilakukan oleh mantan artis cilik Joshua Suherman. Yes, diduga dalam materi stand up comedy yang dibawakan oleh Joshua Suherman, terdapat unsur pelecehan dan penistaan terhadap suatu agama. Dalam materinya tersebut, Joshua Suherman menyatakan bahwa ada satu hal yang tidak bisa dikalahkan di Indonesia walaupun dengan susah payah, yaitu mayoritas.

Pun terjadi lagi kasus yang serupa dan tengah viral, yaitu komika Ge Pamungkas. Video stand up comedynya kini tengah menjadi pembicaaraan hangat karena dianggap mendeskreditkan umat tertentu di negeri ini.

Nah Gan Sist, berasa ngga sih hari makin hari di negeri kita yang tercinta ini, isu SARA makin menjadi-jadi?
Seakan-akan SARA menjadi hal yang sangat tabu yang sama sekali tidak boleh dibicarakan? Diamana kalau ada yang membahas isu ini, malah dianggap sebagai bentuk pelecehan dan penistaan?
Spoiler for sedih, semua serba sara:

Gan Sist, menurut ane, kalau kalau kita ngga bisa menghandle perbedaan dari sekarang, maka kelak pikiran kita akan semakin sempit dan semakin sulit untuk bergaul. Karena ngga ada manusia yang sama di dunia ini. Semuanya punya perbedaan dan ciri khasnya masing-masing. Karena itulah, maka lumrah kalau kita pasti akan bertemu orang yang berbeda dengan kita dalam pergaulan sehari-hari. Tapi sayangnya beberap di antara kita malah membesar-besarkan hal tersebut hingga menjadikannya konflik.

Lantas bagaimana sih sebaiknya sikap kita terhadap perbedaan-perbedaan tersebut?
Ini dia beberapa tips dan trick untuk menyikapi perbedaan dalam keseharian
1. Don’t judge the book by it’s cover
Spoiler for jangan takut dengan perbedaan Gan:

Sadar atau engga, dari kecil kita terbiasa menerima stereotype yang berlaku umum di masyarakat kita. Misalnya saja, kalau orang suku “A” pasti pelit deh, atau orang beraga “C” pasti suka cari ribut dan lain-lain.

Gan Sist, mari kita mulai belajar untuk menerima seseorang memang dari pribadinya, bukan dari sukunya, agamanya atau rasny. Mungkin memang benar ada beberapa nilai yang dia bawa dan terapkan yang berasal dari sukunya atau agamanya, tapi bukan berarti lantas menjadikan orang tersebut lebih rendah atau lebih buruk dari kita.

Jangan tertipu dari bungkus luar seseorang, karena hakikatnya, kita tidak akan pernah tau isi yang sebenar-benarnya di dalam hati orang lain.

2. Jauhi Prasangka
Spoiler for jangan suudon:

Seorang ulama yang berasal dari Kufah, Sufyan Ats-Tsauri pernah berkata bahwa prasangka buruk itu ada dua jenis, yaitu prasangka yang ditampakan melalui perkataan dan tulisan, dan satunya lagi prasangka yang hanya disimpan di dalam hati. Walaupun kadarnya berbeda, namun kedua prasangka tersebut sama buruknya. Semua prasangka buruk, berasal dari dalam hati manusia, dan harus dihindari.

Memiliki prasangka buruk ngga ada manfaatnya sama sekali Gan Sist, sama-sama ngasih efek negatif ke kita. Prasangka buruk akan membatasi kita dalam mengenal orang lain.

3. Stop Menghakimi
Spoiler for duuuh:

Pekerjaan yang paling mudah adalah menghakimi orang lain. Dan sadar ngga sih, terkadang kita mudah banget menghakimi orang lain hanya karena hal sepele? Contohnya apabila kita mendengar cara berbicara orang lain, yang terdengar terlalu medok, dalam hati kita pasti terbesit, “idiih kampungan banget sih..”
emoticon-Hammer2emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
Atau contoh lain yang paling umum, misalnya kita ketemu dengan saudara kita dari suku seberang, kita lihat perawakannya besar, gelap dan (maaf) mungkin bagi kita menyeramkan, ehh langsung aja gitu dalam hati kita menghakimi bahwa ini orang ngga baik.

Dulu sekali ane pernah tuh seperti itu, jaman ane masih SMA ane paling takut ketemu dengan saudara-saudara ane yang kebetulan berperawakan seperti itu. Kemudian ada suatu kejadian dimana ane harus bertemu dan bersosialisasi dengan orang-orang dari suku tersebut. Dan benar-benar di luar dugaan, mereka semua sopan dan baik hati. Ane benar-benar diperlakukan seperti adik sendiri oleh mereka, bahkan tali silaturahmi ane dengan mereka tetap kuat sampai sekarang. Padahal kami beda suku, beda agama, beda warna kulit, tapi setiap kali ane perlu bantuan, malah mereka yang datang duluan. Brotherhood banget lah.

Kita sama sekali ngga berhakk untuk menghakimi orang lain Gan Sist, apalagi Cuma karena orang tersebut berbeda dari kita.

4. Reaksi
Spoiler for walau beda tapi bisa jadi tim yg bagus loh:

Dan tentunya karena masing-masing kita memiliki nilai dan norma yang berbeda tentunya suatu saat kita pasti akan menemukan titik dimana pemikiran dan pendapat kita berbeda dengan orang lain, lantas apa yang baiknya kita lakukan?
• Dahulukan tabayyun, alias croscek.
• Utamakan diskusi dengan kepala dingin, jangan mencela.
• Sampaikan opini, argumen dan kritik dengan bahasa yang santun, ingat kita adalah bangsa yang berbudaya tinggi. Sopan santun adalah budaya kita.

Itu dia Gan Sist sikap yang sebaiknya kita berikan dalam menghadapi perbedaan dalam pergaulan sehari-hari, yang menurut ane sih penting banget agar tidak terjadi perselisihan.
Spoiler for berbeda itu indah Gan:

Sudah kodratnya manusia untuk bersosialisasi dan sudah menjadi hak Allah menjadikan tiap manusia itu berbeda-beda. Sebagai manusia kita harus belajar menerima perbedaan itu, bukan malah menjadikannya momok yang menakutkan.
Sekali lagi belajar dari kasus Joshua Suherman, menyikapi perbedaan itu memang susah-susah gampang, dan dibutuhkan kedewasaan dalam menerima perbedaan.

Apakah Agan Sista pernah mengalami kesulitan dalam pergaulan sehari-hari karena adanya perbedaan dalam hal SARA?
Yuks Gan Sist, komeng bareng di bawah ini yaa, agar kita bisa saling bertukar pikiran.
Sekian trit dari ane, moga-moga bisa kasih manfaat buat Agan Sista yang udah ngikutin.

Salam mangstab and keep ngaskus !



Spoiler for disclaimer:
0
33.5K
355
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan