Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaksus10Avatar border
TS
kaksus10
Fakta! Makin Buluk Makin Keren Ini Alasannya Kenapa Jeans Umumnya Bewarna Biru

Hai Gan Sist... di manapun berada, apa kabarnya nih? Pastinya tetap ciamik selalu dong yah..
Sebelumnya ane ucapin terima kasih udah mau mampir di trit ane ini ya.


Gan Sist, pasti semua di antara kita punya celana berbahan jeans kan? Minimal satu buah deh, pasti ada di lemari kita. Memang udah dari jaman dulu, jeans menjadi bahan fashion yang ngga pernah ketinggalan jaman, bahkan semakin jadul semakin keren jeans kita, bener ngga?
:belumtidur :belumtidur :belumtidur
Jaman sekarang bahan jeans ngga hanya dijadikan sebagai bahan celana, Gan Sist. Tapi sudah mulai jadi bahan jacket, bahkan kemeja. Berbagai model pakaian dengan bahan jeans bikin si pemakainya jadi terlihat modis dan keren.
Spoiler for makin modis dengan jeans:


Nah, dari sejumlah pakaian dan celana berbahan jeans yang Agan Sista punya, warna apa sih yang paling jadi andalan Agan Sista?
Biru? Biru donker? Biru denim?
Hehehe, pernah ngga sih bertanya-tanya, kenapa sih warna jeans selalu identik dengan warna biru?
Penasaran kan?


Nah ini dia jawabannya Gan Sist, cekidot langsung di bawah ini ya.
:welcome :welcome :welcome
Bahan jeans yang banyak beredar di pasaran umumnya bewarna biru, makanya kita terbiasa nyebutnya blue jeans kan, Gan Sist?
Jadi, ternyata, warna biru yang umum pada bahan jeans berasal dari cat pewarna pakaian natural indigo atau pewarna nila alami, yang sudah digunakan selama berabad-abad.
Spoiler for jeans biru:

Pewarna biru ini dipilih karena memiliki sifat yang unik. Umumnya cat untuk mewarnai kain memang menyerap sampai ke serat bahan, tapi berbeda dengan cat pewarna natural indigo, natural indigo ini hanya menempel pada permukaan serat bahan saja.
Ini di Gan Sist yang bikin warna khas dari bahan jeans, dimana semakin dicuci warna yang muncul akan semakin unik. Setiap kali dicuci, molekul warna pada bahan jeans akan menghilang, yang kemudian membuat warna pada jeans berubah dan menjadi warna yang berbeda dari yang pertama kali dibeli. Proses pencucian yang berkali-kali juga membuat bahan jeans semakin lembut dan nyaman saat dipakai.
Spoiler for makin dicuci makin ciamik:


Natural indigo adalah pewarna alami yang merupakan hasil ekstrak dari tanaman dalam genus indigofera. Genus Indigofera merupakan tumbuhan yang hanya ada di daerah tropis. Setiap tahunnya ada sekitar 20 ribu ton tanaman indigo dipanen dan diambil untuk menghasilkan warna biru yang digunakan dalam proses pembuatan jeans.
Spoiler for jeans:


Tapi kebanyakan bahan jeans sekarang memakai warna indigo sintetis atau buatan. Pewarna sintetis ini hanya akan melekat pada satu sisi jeans saja, sedangkan bagian dalamnya tetap bewarna putih atau pucat.
Spoiler for jeans model minimalis:

Penggunaan pewarna sintetis diklaim mampu menghemat zat pewarna yang dibutuhkan, selain itu, bisa menghemat waktu juga Gan Sist, karena proses pembuatan cat natural indigo bisa menghabiskan waktu hampir seminggu.
Nah, itu dia Gan Sist, kenapa sih bahan jeans itu umumnya bewarna biru dan lebih nyaman dipakai kalau sudah lama.
Spoiler for makin jadul makin okeh:


Kalau Agan Sista sendiri, lebih suka celana jeans yang warna apa sih?
Share di sini yuk Gan Sist..



sumur
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
26.8K
169
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan