Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

facthistoriAvatar border
TS
facthistori
Inilah, Alasan Hitler Kalah Dalam Perang Dunia II #facthistori


Hai! Kali ini, Fact Histori akan membahas penyebab Hitler kalah dalam Perang Dunia II! Dan, ini adalah artikel Fact Histori pertama di Kaskus! lihat aku di Blog saya klik disini juga! . Pada saat perang dunia ke 2 Jerman menjadi salah satu Negara yang superpower yang banyak ditakuti oleh pihak Sekutu. Ketika itu Jerman dipimpin oleh seorang diktator yang akan haus dengan kekuatan dan persenjataan perang. Ia adalah Adolf Hitler, ditangan Hitler Jerman menjadi Negara yang sangat disegani oleh Negara-negara Eropa lainya. Tidak hanya itu, dibawah kepimpinan Hitler, Jerman merupakan salah satu faktor utama terjadinya perang dunia ke 2. Pada dasarnya Jerman ingin membalas dendam kepada kelompok Sekutu karena saat perang dunia ke 1 Jerman mengalami kekalahan yang luar biasa.

Seperti diketahui awal terjadinya perang dunia ke 2 dikarenakan invasi Jerman terhadap Polandia pada 1 September 1939. Dua hari setelah Invasi tersebut, Britania dan Perancis menyatakan perang terhadap Jerman. Sementara itu di Benua Asia perang dunia ke 2 terjadi karena adanya ketegangan antara Tiongkok-Jepang, keduanya pun terlibat perang pada 7 Juli 1937. Jerman yang sudah mempersiapkan diri dengan perang dunia ke 2 juga menyerang Negara Eropa lainnya seperti Perancis, Belgia, Belanda, dan Luksemburg.

Akibat serangan tersebut, Jerman bersama sekutunya yaitu Italia hampir menguasai daratan Eropa. Namun keberhasilan Jerman dalam perang tersebut tidak berlangsung lama, semakin hari Jerman semakin mengalami kemunduran bahkan berujung pada kekalahan. Jika kita simak dengan seksama lebih jauh, ada beberapa faktor penting yang membuat Jerman kalah dalam perang dunia ke 2.



Menurut Fact Histori, alasan utama yang menyebabkan Jerman dan Hitler mengalami kekalahan di perang dunia ke 2 adalah karena Jerman dan Hitler juga menyerang Uni Soviet. Seperti yang kita tahu, saat itu Uni Soviet merupakan Negara netral yang tidak berpihak kepada siapa pun. Namun karena serangan Jerman ke wilayah Soviet membuat Uni Soviet menyatakan perang melawan Jerman dan bergabung dengan Sekutu.

Banyak yang berpendapat soal penyerangan Jerman terhadap Uni Soviet merupakan pemikiran yang bodoh untuk Jerman. Hal tersebut karena saat itu Uni Soviet merupakan salah satu Negara yang memiliki kekuatan militer terbesar di Dunia selain Amerika Serikat. Sehingga serangan Jerman ke Uni Soviet hanya membangunkan Harimau yang sedang tertidur. Akibatnya berakhirlah kedigjayaan Der Fuhrer, Adolf Hitler-The Third Reich dan partai NSDAP nya di Jerman.

Serangan yang dilakukan Jerman terhadap Uni Soviet dikenal dengan “Operation Barbarossa” tetapi serangan tersebut tidak di perhitungkan oleh Hitler serta petinggi Jerman yang lainnya. Rusia yang saat itu dilanda musim dingin yang hebat membuat pasukan Jerman yang masuk wilayah Rusia mengalami kondisi kesehatan yang buruk. Mereka merasakan kedinginan namun tetap dipaksa menghadapi pasukan Rusia meski tanpa mengenakan perlengkapan dan pakaian yang memadai dan membawa mereka pada pintu kekalahan fatal pada Perang Dunia II.

Itulah alasan kenapa Jerman dan Hitler mengalami kekalahan pada perang dunia ke 2. Semoga artikel diatas bisa membantu menambah wawasan kalian tentang perang dunia ke 2. Jika, kalian ada saran untuk Fact Histori, jangan malu tulis di komentar!

0
6K
16
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan