Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

moderatorccdAvatar border
TS
moderatorccd
Pemprov DKI Ubah Sebutan PKL Jadi PKM, Apa Itu?
Pemprov DKI Ubah Sebutan PKL Jadi PKM, Apa Itu?



Jakarta - Pemprov DKI Jakarta mulai hari ini tak lagi menggunakan istilah pedagang kaki lima (PKL). Wakil Gubenur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan mulai hari ini sebutan PKL diubah menjadi PKM alias pengusaha kecil mandiri.

"Mulai hari ini, kami khususnya untuk di Tanah Abang dan di tempat lain mulai menggunakan terminologi baru. Bukan PKL, tapi PKM, yaitu pengusaha kecil mandiri," kata Sandiaga saat jumpa pers di Jakarta Smart City, Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (29/12/2017).

Menurutnya, sebutan PKL tidak pantas lagi digunakan. Sebab, berdasarkan data, PKM merupakan penyumbang produk domestik bruto atau gross domestic product (GDP).

"PKM ini seperti kita ketahui adalah tulang punggung perekonomian kita. Sekitar 67 persen dari GDP kita disumbang oleh PKM dan 97 persen lapangan pekerjaan disumbang oleh PKM," terang Sandiaga.

Bahkan, sambung Sandiaga, merujuk pada data perbankan, PKM merupakan kreditur paling patuh. Tingkat kepatuhan PKM terhadap cicilan pinjaman mereka tinggi.

"Berdasarkan data-data perbankan, PKM itu tingkat kepatuhannya di atas 90 persen, tidak pernah ngemplang kredit, dan pajaknya, tingkat kepatuhannya juga tinggi," jelas dia.

Karena itu, wagub usungan Partai Gerindra dan PKS ini mengatakan PKM merupakan pelaku ekonomi yang bakal mendapatkan perhatian khusus dari Pemprov DKI Jakarta.

"Jadi (PKM) ini adalah sektor yang ingin kami jaga sesuai dengan tadi tiga utama. Satu mengatasi pengangguran, mengurangi kemiskinan, dan ketimpangan tidak semakin melebar," tutup Sandiaga. (zak/nvl)

https://m.detik.com/news/berita/d-37...m_content=news
0
2.6K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan