cashtoheavenAvatar border
TS
cashtoheaven
[ ALL ABOUT PUYUH ] Forum Diskusi Peternakan Puyuh
Salam Kaskuser,
Di kesempatan kali ini ane coba kupas tentang peternakan puyuh di indonesia khususnya di jawa barat karena domisili ane di jawa barat (bandung) semoga thread ane ini bisa mewakili pertanyaan agan-agan tentang puyuh, ane coba jabarin satu-satu yaa gan, lebih dan kurang nya mohon diberikan masukan..ini bukan copas gan..murni ane tulis...bisa agan-agan check di mbah google atau buku-buku puyuh..

SEKILAS TENTANG PUYUH
Puyuh salah satu komoditas peternakan perunggasan yang mempunyai andil dalam kebutuhan dan ketahanan pangan di indonesia.
Puyuh adalah salah satu unggas yang termasuk kategori burung yang tidak bisa terbang..cuma bisa loncat-loncat gan..
Puyuh dengan nama lain latinnya disebut Corturnix Japonica (nenek moyang nya dari jepang gan)

MANFAAT TERNAK PUYUH
Puyuh kebanyakan lebih dominan menghasilkan telur, akan tetapi puyuh ini mempunyai keungulan lain hampir sama dengan ternak unggas lain nya yaitu daging, bulu, dan kotoran..jadi di ternak puyuh ini semuanya bisa dimanfaatkan dan mempunyai value tidak ada yang terbuang gan..

TELUR PUYUH
Nilai kandungan nutrisi dari telur puyuh dan telur unggas lain nya :
Spoiler for Kandungan Nutrisi Telur Puyuh:


DAGING PUYUH
Nilai kandungan nutrisi dari daging puyuh :
Spoiler for Kandungan Nutrisi Daging Puyuh:


BULU
Bulu puyuh dapat di manfaatkan untuk produk olahan seperti kemoceng, hiasan (art) dll.

KOTORAN
Kotoran puyuh memiliki Crude Protein yang sangat baik sehingga sangat bagus untuk dijadikan pupuk bahkan pakan ikan untuk budidaya lele.

BUDIDAYA PUYUH
Nah sekarang mari kita bahas budidaya ternak puyuh versi ane gan :

BIBIT
Hal pertama yang ane bahas adalah bibit gan..ga bisa dapet telur dong klo ga ada bibit nya gan (bibit dulu atau telur dulu? Ayoo)
Nah ada teori dari bibit puyuh ini yang barangkali agan-agan belum tau..tapi sesepuh yang kuliah di peternakan pasti tau..hehehe
Spoiler for Budidaya pembibitan dari awal nya berasal dari ::


Nah perlu diketahui gan..puyuh yang biasa di budidayakan adalah puyuh FS yang nantinya Telur dan daging nya yang biasa kita makan gan..

TELUR BIBIT DAN TELUR KONSUMSI
Pada dasar nya dari sononya puyuh betina mempunyai kemampuan bertelur dengan sendirinya setelah masuk masa produksi yaitu antara usia 42-45 hari awal produksi telurnya sampai 18 bulan masa produktifitas nya gan..di usia 9 bulan biasanya disitu masa puncak produktifitas puyuh dapat mencapai 100% selalu bertelur.

PERBEDAAN TELUR BIBIT DAN TELUR KONSUMI
Telur Bibit dihasilkan dari perkimpoian puyuh jantan dan puyuh betina sehingga hasil telurnya dapat menjadi bibit baru.

Telur Konsumsi ini telur yang dihasilkan dari puyuh betina TANPA perkimpoian dengan puyuh jantan..

Spoiler for FAQ Bibit Puyuh:


TELUR
Telur puyuh bibit atau telur puyuh konsumsi rata-rata mempunyai berat 90-110 gram/butir.


KUALITAS TELUR
Kualitas telur puyuh yang baik adalah :
1. Memiliki kuning telur yang pekat mendekati warna orange
2. Kerabang/Kulit telur tebal
3. Memiliki berat telur rata2 di 100 gram

PERKANDANGAN
Pada prinsip nya ada beberapa kandang yang diperlukan diantaranya :

1. Kandang Luar, atau disebut rumah utamanya gan..
2. Sangkar, nah sangkar ini yang biasa nya berfungsi untuk memelihara puyuh betina produksi agan memudahkan pengambilan telur, sangkar ini biasanya ada dua jenis, ada yg disebut sangkar baterai dan sankar cage
3. Sangkar DOQ, bibit puyuh usia 1 hari disebut DOQ (Day Old Quail) oh iya puyuh ini di luar negeri sono disebutnya QUAIL (bahasa inggris)
4. Sangkar Pejantan, sangkar ini diperlukan kalo agan-agan membibitkan puyuh, jadi puyuh jantan di pisahkan dari puyuh betina di sangkar ini.


UKURAN SANGKAR DAN KANDANG LUAR
Sangkar dengan model cage biasanya ukurannya 100 x 60 x 40 cm bertumpuk ke atas biasanya sampai 5 tumpuk..sedangkan sangkar model baterai memiliki ukuran yang sama dengan sangkar cage tetapi panjang nya disesuaikan dengan luar kandang luar..bentuknya jadi memanjang..

TEMPAT PAKAN DAN MINUM
Tempat pakan ane kasih gambarnya biar bisa kebayang gan..
Tempat pakan dan minum puyuh ada dua jenis pada prinsipnya yaitu yang otomatis dan manual..

MESIN PENETASAN
Mesin Penetasan sudah banyak dijual untuk sekarang ini..tapi kalo agan mau sedikit kreatif, agan bisa buat sendiri tinggal pahami aja prinsip kerjanya..
Kapasitas mesin tetas beragam sesuai dengan yang dibutuhkan, mulai dari skala kecil kapasitas 250 butir telur sama dengan ribuan telur.

PAKAN
Pakan Puyuh saat ini sudah banyak di produksi oleh perusahaan2 pakan lokal maupun multi nasional.
Komposisi pakan pabrikan sudah memenuhi kebutuhan dari puyuh produksi yang lebih menitikberatkan kepada kualitas telur.
Harga pakan beragam mulai dari 5.500 sampai 6.500 /kg kapasitas 50 kg/karung.

Puyuh Betina Produksi membutuhkan 25-28 gram/ekor/hari (feed intake)..ini bukan teori..jauh dengan teori di 20-22 gram/ekor/hari..hati2 disini gan karena keliatan kecil itungannya Gramasi..padahal ujung2nya bisa Tonase (kalo pelihara ribuan)..bayangin aja pengkalian ke harga pakan yang per KG..hehehe

Tapi kalo ane bisa membuat feed intake di bawah 25 gram/ekor/hari...hehehe tapi mohon maaf ga bisa ane kupas disini..kunci rahasia ane gan..maaf yaa

TATALAKSANA PEMELIHARAAN
Disini menjadi salah satu kunci juga dalam memelihara ternak puyuh gan..
Telaten, ulet, dan smart dibutuhkan gan.. Inti nya ketika dilapangan tidak semua TEORI benar gan..
Ga ada yang jago atau expert di ternak puyuh gan..jangan dilupakan puyuh adalah makhluk hidup gan..heheh bisa sakit, mati bahkan malu-malu ga mau bertelor..hehehe cape deehh dikasih makan terus tapi bertelor kagak..
Disini gunanya ilmu dan pengalaman gan maksimalkan semua..setelah itu serahkan kepada yang PUNYA MAKHLUK..banyak2 amal dan berdoa deh kata Pak Ustad YM..hehe

PEMBERIAN PAKAN
Puyuh diberikan pakan dengan ADLIBITUM..waduh apa itu? Tenang..istilahnya aja keren..artinya adlibitum itu puyuh diberikan pakan tanpa henti dan jeda jangan di biarkan tempat pakan kosong..biarkan aja puyuh itu makan sesukanya..nanti juga kenyang baru molor dia..hehehe

Usahakan pemberian pakan dan minum diwaktu pagi..apalagi kalo agan lg kasih vitamin atau vaksin itu puyuh..harus di pagi2..prinsipnya kenapa pagi? Karena diusahakan menghindari terik matahari..jadi sore bisa dong? Bisa gan..banyak cara menuju roma..klo di teori ga boleh itu..hahaha

SANITASI KANDANG
Kebersihan kandang faktor utama puyuh sehay terbebas dari penyakit..
Tiap hari kotoran puyuh dalam sangkar dibersihkan gan..kumpulin dalam karung..simpan karung kotoran di tempat yg tidak terkena sinar matahari langsung..kumpulin gan terus itu kotoran..bagi peternak puyuh..kotoran itu RUPIAH gan..harga kotoran puyuh murni langsung dari kandang wilayah area Bandung dan sekitarnya 20.000/karung ukuran karung 25 kg..lebih mahal dari kotoran ayam petelur gan..

Gunakan management sanitasi kandang yang baik gan..1 minggu sekali lantai kandang dibersihkan usahakan jangan ada genangan air ketika selesai membersihkan..

Jangan lupa semprot kandang pake DISINFEKTAN untuk mencegah perkembangan bakteri gan..

Hati2 apabila agan atau siapapun mau masuk kandang puyuh..gunakan sistem celup kaki..bukan celup badan gan..nanti mandi dong..agan bisa bikin bak celup kaki dari jerigen belah menjadi 2..isi air dan campurkan disinfektan secukupnya..pisahkan sandal atau sepatu dari luar dan untuk di dalam..jd pake alas kaki khusus di dalam kandang..

Nah di kandang luar biasa nya ada tirai penutup atau kebanyakan pake terpal..jangan lupa fungsikan dan perhatikan itu. Dibutuhkan pengalaman disini..contohnya apabila hujan..tutup tirai tersebut biar puyuh nya ga kedinginan..klo kondisi panas buka tirainya gan..puyuh kan butuh oksigen juga gan..oksigen kan gratis gan..hehehe

VAKSIN
Bibit puyuh biasanya belum di vaksin gan jadi siap2 agan vaksin tuh puyuh nya..jangan ke posyandu gan..hehehe
Vaksin yang digunakan biasanya vaksin ND dan SNOT..
Apa itu ND (Newcastle Deases) adalah penyakit yang sering menyerang unggas termasuk puyuh akibat dari tatalaksana pemeliharaan yang kurang baik..SNOT akibat bakteri yang cukup sering juga gan..ciri2 penyakit ini agan cek aja yah di mbah google..hehe
Intinya kedua penyakit tersebut yang sering menyerang puyuh..jangan kwatir gan ada obatnya kok..dan benerin aja tuh tatalaksana pemeliharaan nya..

FLU BURUNG
Serem ane dengernya juga..kenapa serem karena sampai sekarang gak ada seorangpun yang bisa mengobati flu burung..belum ada obatnya gan..kadang disitu saya merasa sedih..tapi itulah resikonya..sejauh yang ane tau belum ada peternak puyuh di jawa barat yang terkena flu burung..klo puyuh agan kena flu burung..yang harus pertama di selamatin bukan puyuh nya gan..manusianya selametin dulu..berbahaya untuk manusia juga soalnya..kemudian lapor segera ke dinas peternakan setempat..

VITAMIN DAN OBAT
Banyak vitamin untuk puyuh..intinya vitamin ini pasti digunakan per periodik..kalo obat yaa pas kena sakit aja gan..klo puyuhnya sakit..pisahkan ke kandang karantina..baru kasih treatment obatnya gan..ada panduan dosis dan pemakaian nya di bungkus obatnya..pemakaian obat biasanya dicampurkan di air minum gan..tapi jangan agan icip2 yahh..hehe

Spoiler for ANALISA USAHA:


ALASAN PENTING KENAPA TERNAK PUYUH
Ternak puyuh di masyarakat indonesia pada umumnya masih dikategorikan bisnis sampingan..tapi coba agan-agan pikirkan per 1.000 ekor menghasilkan 1.500.000.
Nah klo agan punya populasi lebih dari itu apa mau disebut usaha sampingan?
Investasi kecil untuk perputaran yang cepat selama 18 bulan.
Bisa jadi mesin uang itu burung kecil puyuh ini.

Di indonesia belum ada perusahaan besar atau konglomerasi yang masuk ke sektor ternak puyuh..masih dikuasai oleh para pelaku UMKM..disini peluang besar sebenarnya gan. Untuk wilayah JABODETABEK permintaan telur puyuh 11 juta per minggunya sedangkan produksi baru 3,7 juta perminggu..masih ada peluang besar dan setiap tahun permintaan telur puyuh terus meningkat.
Agan bisa cek di Dinas Peternakan Jakarta atau Jawa Barat.

Ane ada rencana buka Komunitas Peternak Puyuh Indonesia insya allah bisa terealisasi gan.. minta doanya karena ane udah dapet restu dari APPI (Asosiasi Peternak Puyuh Indonesia)

MARI KITA BETERNAK PUYUH
SAVE PETERNAK INDONESIA MENGHADAPI MEA

Sekian thread ane semoga dengan ini menjadi ilmu yang bermanfaat..dan ane harapkan thread ini bisa mewakili agan-agan untuk diskusi tentang ternak puyuh..
Para sesepuh kaskus mohon bimbingan nya..ane newbie di kaskus tapi di dunia peternakan yaah lumayan lahh..hehehe

THANKS KASKUS
Diubah oleh cashtoheaven 27-03-2015 13:06
nona212
nona212 memberi reputasi
1
34.5K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan