Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kanadiyelAvatar border
TS
kanadiyel
Ngerinya ”Mainan” Baru Pecandu Ini, Setara Opium atau Morfin



PROKAL.CO, SAMPIT – Sejumlah pecandu beralih mengonsumsi olahan jamur kotoran sapi atau yang biasa disebut magic mushroom setelah Zenith kian langka. Ternyata, olahan tanaman itu berbahaya dan setara opium atau morfin.

Seorang pemerhati gizi dan pertumbuhan anak, sekaligus pengamat obat-obatan asal Sampit, Nina Alfiningtyas, mengatakan, magic mushroom tumbuh subur pada musim penghujan. Dengan tingkat kelembapan udara yang bagus, jamur ini dapat ditemukan di kandang maupun di lokasi yang kerap dijadikan penggembalaan ternak.

Menurut Nina, jamur tersebut mengandung zat aktif bernama psilosibina yang bisa menimbulkan efek halusinasi tingkat tinggi, sesuai situasi psikologis saat mengonsumsinya.

”Orang yang mengonsumsi bisa mengalami efek berupa bingung, kejang, halusinasi, panik, psikosis, dan ketidakmampuan membedakan fantasi dari kenyataan,” katanya.

Menurutnya, psilocybin mushroomatau magic mushroom masuk dalam tabel di Undang-Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009. Artinya, sudah setara dengan narkotika golongan satu semacam opium dan morfin.

”Zat berbahaya yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan halusinasi yang berlebihan. Oleh karena itu, sangat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi,” jelasnya.

Anggota Bhabhinkamtibmas Desa Sungai Paring Bripka Budi Hartono sebelumnya mengatakan, dalam penyuluhan di sekolah-sekolah di desa tempatnya bertugas, pihak kepolisian, khususnya Polres Kotim dan Polsek Cempaga sedang memerangi tanaman beracun itu.

Budi menduga, budidaya tanaman itu berada di kampung-kampung. Meskipun belum ditemui adanya penyebarluasan tanaman, pihaknya mengawasi secara ketat aktivitas bercocok tanaman apa pun yang dirasa mencurigakan.

”Kalau sekarang masih belum terlihat apakah ada aktivitas pembudidayaan tanaman jamur racun itu di desa tempat saya bertugas. Meski begitu, kami tak boleh lengah dan tetap memantau serta memberikan pencegahan dengan melakukan penyuluhan,” katanya, kemarin. (ron/ign)



Apalagi coba. Mau bikin penemuan nih ceritanyaemoticon-Blue Guy Bata (L)

Mau trend 2018?
0
8.6K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan