Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Menuju poros maritim dunia, Indonesia anggota dewan maritim internasional

Suasana pementasan teater saat Upacara Pelepasan Satgas Sail Sabang di Dermaga Terminal JICT 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (20/11).
Indonesia terpilih menjadi anggota Dewan Organisasi Maritim Internasional (International Maritime Organization/IMO) Kategori C untuk periode 2018--2019 dalam sidang pemilihan yang berlangsung Markas Besar IMO di London, Kerajaan Inggris, Jumat (1/12/2017) waktu setempat.

Dilansir laman Sekretariat Kabinet, Sabtu (2/12/2017), dengan posisi tersebut, diharapkan akan semakin memperkuat posisi tawar Indonesia di dunia internasional khususnya terkait isu kemaritiman.

Posisi di dewan maritim internasional itu juga sesuai dengan prioritas program pembangunan Indonesia selama dua tahun ke depan, sebagai poros maritim dunia.

IMO adalah badan khusus Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang didirikan pada tahun 1948. Lembaga ini bertanggung jawab pada isu-isu keselamatan dan keamanan pelayaran serta pencegahan terhadap polusi laut.

IMO saat ini beranggotakan 172 negara serta tiga associate members dengan kantor pusat berbasis di Inggris.

Dalam voting yang dipimpin langsung oleh Sekjen IMO Kitack Lim itu telah ditetapkan negara-negara anggota sebagai Anggota Dewan IMO Kategori A, B, dan C.

Sebanyak 10 anggota Dewan IMO Kategori A beranggotakan 10 negara yang memiliki peranan dan kepentingan dalam memberikan international shipping services (memiliki armada pelayaran terbesar), yaitu: Cina, Jepang, Italia, Panama, Yunani, Korea, Rusia, Inggris, Norwegia, dan Amerika Serikat.

Sedangkan 10 anggota Dewan IMO Kategori B memiliki kepentingan terbesar dalam penggunaan jasa pelayaran, yaitu: Australia, Brazil, Kanada, Prancis, Jerman, India, Belanda, Spanyol, Swedia, dan Uni Emirat Arab.

Adapun 20 negara anggota Dewan IMO Kategori C memiliki kepentingan khusus dalam bidang transportasi maritim atau navigasi, dan merepresentasikan kawasan-kawasan geografis utama di dunia.

Negara kategori C adalah Singapura, Turki, Siprus, Malta, Maroko, Mesir, Meksiko, Indonesia, Malaysia, Peru, Belgia, Chili, Filipina, Denmark, Afrika Selatan, Jamaika, Kenya, Thailand, Liberia, dan Bahama.

Dewan yang terpilih tersebut merupakan organ eksekutif IMO dan akan melakukan Sidang Dewan Perdana pada tanggal 7 Desember 2017 untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua periode 2018-2019.

Sidang IMO ke-30 kali ini dihadiri oleh 172 negara dan Indonesia kembali mengajukan diri dalam pemilihan Anggota Dewan IMO yang merupakan bagian dari rangkaian agenda kegiatan Sidang ke-30 IMO Assembly yang dilaksanakan pada tanggal 27 November-6 Desember 2017, di London, Inggris.

Indonesia, seperti dicanangkan Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, bertekad menjadi negara poros maritim dunia. Untuk itu, pemerintah berambisi agar keanggotaannya bertahan di Dewan International Maritime Organization (IMO).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa Indonesia memiliki konektivitas antarpulau yang luar biasa, sehingga Indonesia berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan IMO demi tercapainya tujuan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Lebih lanjut, Menhub menegaskan bahwa Indonesia akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur yang mendukung terwujudnya pelayaran yang aman dan sejahtera, sejalan dengan konektivitas antarwilayah yang semakin baik.

"Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan keselamatan dan keamanan pelayaran dalam mendukung pertumbuhan ekonomi global," ujar Menhub.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-internasional

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Siklon masih mengancam, waspada bencana hidrometerologi

- Anies, Rizieq, dan reuni alumni 212

- Erupsi mulai keluarkan awan panas

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
7.8K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan