bayu.indraAvatar border
TS
MOD
bayu.indra
HOW to Enter the Animation Industry !!

BAYU Animation Online Class -
HOW to Enter the Animation Industry !!



Sebelum lebih jauh ngobrolin bagaimana masuk industri animasi, pertanyaan nya ... apa yang sudah agan n sista prepare ... ??

sudah coba apply kemana aja ?? belum keterima juga .. ?? STUCK !!
nga ada progress yang berarti ?? boring ... bosan ?
hanya belajar belajar ... dan posting posting di Facebook terus terusan ??
FREELANCER ... ?? susah juga ?? NYERAH !!... ahh buat hobby aja deh !!


_______________________________________________________________________________________



mulai banyak yang mengeluh susah untuk masuk ke industry animasi ... semakin mudah menemukan keluhan seperti itu entah di forum dan banyak lagi di social media terutama facebook ... banyak juga yang nga yakin ... atau malah terlalu jauh berharap ...
contoh aja >> Apakah jadi seniman 3d Artist bisa kaya?? << yang masih thread di KASKUS.


INTERVIEW YOUNG ANIMATOR
OK! ... ane mulai dari sedikit interview kecil ke animator animator muda ... yang baru saja memasuki industrinya ... yang kebetulan beberapa student ane yang baru saja lulus beberapa tahun lalu gan n sist ...

01. untuk perkenalan, mau ditulis sebagai apa ?
misal nama, kerja terakhir sebagai apa ?, apa yang dikerjakan dan tanggung jawab nya
02. berapa lama butuh belajar animasi sampai bisa masuk di industri animasi nya ? dan apa yang hal tersulit selama belajar sampai masuk ke industri animasi ?
03. menurut kamu apa penilaian yang bagus dari kamu sehingga sampai bisa keterima di industri animasi sekarang ini ?
04. apa pengalaman menark ketika sudah di industri yang dirasa perlu untuk dialami untuk mereka yang mau serius masuk dunia animasi ?
05. apa lagi yang mau di capai setelah ini ? dan apa saran saran untuk yang baru mau serius masuk dunia animasi ?




1. Nama Yovicein Putri Halim (di photo paling kiri) FB Yovicen Puttri Halim
Kerja : Animator, menggerakan suatu karakter menjadi hidup, tanggung jawabnya bisa menyelesaikan bagian shot yang di bagikan sesuai dengan deadline
2. Lama belajar animasi itu sekitar 1,5 tahun di IDS, lulus langsung kerja di industri Animasi (BASE). Bagian tersulitnya biasa di awal, karena bener2 belum terlalu mengerti sama software mayanya sendiri, dan gatau tools2nya gimana, jadi proses belajarnya makan banyak waktu. Dan terkadang juga moody. Tapi semua di dasari oleh niat, kalau memang niatnya untuk belajar dan suka, sebetulnya gak ada yang sulit untuk bisa masuk ke industri animasi.
3. Penilaian yang bagus dari saya adalah bisa memanagement waktu dengan baik, karena tiap harinya kamu bakal ketemu sama yg namanya deadline. Harus mau belajar dan jangan keras kepala menerima kritikan dari para senior.
4. Menurutku, pengalaman menariknya adalah tentu kamu dapet banyak temen yang passionnya sama kaya kamu, bisa tukar pikiran dan belajar bareng! ngerjain project bersama, dan bisa menambah wawasan serta lingkungan di dunia animasi.
5. Kepengennya bisa menjadi animator yang mengerjakan project besar di luar negeri, dan suatu saat kalau sudah menjadi senior pengen bisa mengembangkan lagi industri animasi di Indonesia. Yang jelas saran2 untuk yang baru mau masuk animasi, terus semangat belajar dan berlatih !

Maaf mas Bayu aku late reply. Lagi fokus sama tugas.
01. Perkenalannya nama lengkap (Nurul Jihan Khairunnisa) dipanggil Jihan (di photo paling kanan). Sekarang murid di JMC Academy Melbourne. Pernah kerja di Bali Animasi Solusi Ekakarsa (BASE) sebagai Junior VFX Artist selama 9 bulan. Mengerjakan FX dari sebuah TV series.
02. Sudah belajar animasi dari semenjak kuliah di International Design School (IDS) di Jakarta (bukan promosi emoticon-Stick Out Tongue) selama 1 tahun sampai masuk ke industri. Walaupun begitu, selama masuk di industri masih banyak belajar lagi. Hal yang tersulit itu selama kuliah kurang diajarkan bagaimana menghadapi hal-hal yang akan terjadi di industri.
03. Penilaian paling bagus menurut aku sih adalah kemauan untuk terus belajar.
04. Banyak ketemu orang-orang yang memiliki kemampuan yang lebih baik di masing-masing bidangnya dari taraf national ke international. Dan mereka tidak pernah menutup diri dan cukup ramah untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Jadi cukup nyaman untuk bertanya dan mengenal industri animasi lebih baik.
05. Bisa memasuki dunia animasi yang jauh lebih luas lagi, lebih belajar dan memiliki pengalaman yang lebih banyak lagi.
saran sih jangan terlalu terikat dengan aturan, think out of the box dan gunakan juga tambahkan kreatifitas. dan jangan pernah takut untuk belajar!



BASE Animation Studio Bali

1. nama: yosep gusti abadi. (FB Yosep Gusti Abadi) sekarang kerja di studio animasi BASE sebagai vfx artist. mengerjakan visual effect project studio.
2. butuh sekitar 2 tahun sampai bisa masuk ke industri animasi. yang paling sulit selama belajar adalah management waktu, konsistensi semangat belajar, dan pemahaman dasar tiap tools software animasi.
3. menurut saya, penilaian bagus buat masuk ke industri animasi adl semangat belajar dan tanggung jawab dalam pekerjaan sehingga dapat memenuhi target deadline.
4. pengalaman menarik, bisa mendapat banyak ilmu yang lebih dari kuliah. jadi kamu bisa bekerja, mendapatkan gaji sekaligus menambah skill animasi dan mengetahui workflow studio animasi.
5. yang mau dicapai setelah ini menjadi senior VFX artist di luar negeri. saran saya buat yang mau serius masuk dunia animasi adalah mental, dan passion yg kuat.

ok! ... keyword nya ... belajar 1 sampai 2 tahun ... agan agan n sista ada yang sudah lebih dari 2 tahun belajar dan mencoba ?
lalu terus belajar dan konsisten ... jujur kalau kelamaan panti boring juga ... susah untuk menjadi kosistensi nya juga ... Management waktu ... yang sudah pasti berhubungan dengan DEADLINE ... dan hampir selalu harian gan n sist ...

sengaja ane interview yang cewe loh ... supaya lebih meyakinkan bahwa nga ada yang nga mungkin ...
apalagi cowo ya nga gan n sist ...


INTERVIEW SENIOR MENTOR
Romy Oktaviansyah ... boleh di bilang Romy ini mentor nya mentor ... senior instructor di IDS dan Autodesk Education Partner ... hampir selalu bareng ane ngajar entah di IDS atau pun di Edu partner nya Autodesk ... ATC sebutan nya ...

17 tahun lebih pengalaman ... dari masa Post Production sampai Animation House ... menghasilkan ratusan lulusan untuk local dan international production ...



01. untuk masuk ke industri animasi apa yang paling penting untuk dipersiapkan ?
02. apa yang membuat gagal atau susah masuk ke industri animasi ?
03. apa perbedaan tuntutan industri 10 tahun lalu ? sekarang ? dan 5 tahun kedepan ?
04. perbedaan habit dan atitut dari student atau yang sedang mempersiapkan untuk masuk ke industri animasi ...
10 tahun lalu ? dan sekarang ?
05. apa sarannya untuk sukses masuk di industri animasi ?

01. Portfolio
02. Portfolio yang buruk.
03. Kualitas dari pekerjaan, 10 tahun lalu banyak film yang membuat saya terpukau,
sekarang kalau dilihat lagi "ah kayanya gw bisa d bikin kaya gitu emoticon-Wink"
sepertinya 5 tahun kedepan akan mirip, kualitas bertambah, waktu berkurang.
04. karena 10 tahun lalu hardware da software sangat mahal dan sulit didapat,
saya rasa habitnya lebih kuat, karena tau alat yang mereka pakai tidak terbeli, sekarang rasanya lebih ngegampangin.
05. bikin porto yang bagus emoticon-Smilie

kalau kita baca interview nya selalu akan berkisar PORTFOLIO ... iya karena itu yang terpenting !! pembuka jalan menuju ke industry ... dengan fokus untuk di lihat dengan orang yang tepat dari studio yang kita mau masuki ... fokus hanya menampilkan yang terbaik !! yang paling di butuhkan !! dimana kebutuhan masih mayoritas di animation di ikuti modeler dan lain lain ...

bagus juga sih di posting di social media demi kritik dan saran yang membangun ... buat progress yang lebih baik sesudah nya ...

hal lain selanjutnya ... seperti Romy bilang NGEGAMPANGIN !!
jangan pernah ngegampangin apapun ... lebih fokus, stick to the detail ... do the best for any detail that may have ...
dan buat itu semua menjadi HABIT ... menajdi kebiasaan agan agan ...




masih ingat thread thread nya PASOA gan n sist ... PASOA DAN SANG PEMBERANI THE MOVIE dan RUS ANIMATION STUDIO PASOA PRODUCTION ENVIRONMENT ... antara RUS Animation Studio dan BASE Animation Studio kedua nya di bantu di bangun dan setup oleh pak Daniel ... sayang ane belum sempat interview pak Daniel ... pasti menarik kalau bisa ... next time ...

di RUS Animation Studio sampai harus di bangun studio Animation yang sedemikian komplit dan serius nya ... yang serius untuk peruntukan persiapan semua siswa untuk memasuki industri animasi nya ... nga main main persiapannya ... hampir hampir full day di studio, dimana selesai sekolah mereka langsung masuk studio dengan real project ... walau hasilnya belum sempurna tapi itu persiapan yang serius ...

OK! ... kali ini keyword nya ... sudah terbiasa dengan project project ...
jangankan bisa atau jago gan n sist ... mereka harus sudah terbiasa dengan project !!


reference sekolah atau tempat belajar animasi di Indonesia.
4 Sekolah Animasi Terbaik di Indonesia, 5 Sekolah Desain 3D Terbaik di Indonesia, Dimana Belajar Animasi di Indonesia?, Ini Sekolah Animasi Pertama di Indonesia

di thread ini ane berusaha mengajak agan agan n sista lebih terarah dalam progress karir nya di 3D Animation
lebih berani tampil dengan karya karya nya ... sambil terus di evaluasi, progress demi progress, sampai layak standard produksi, jangan takut dan malu untuk menunjukan progress progress nya ... disitu juga kita berprogress jadi lebih baik ... jangan menunggu bagus dulu baru tampil ... bisa keduluan orang lain kan gan n sist ...


semoga bisa menjadi gambaran dan membantu step step selajutnya yang agan agan n sista perlu lakukan ...
SEMANGAT gan n sist !!


___________________________________________________________________

emoticon-I Love Indonesia- MAJU TERUS ANIMASI INDONESIA - emoticon-I Love Indonesia
untuk tuts ++ bisa di click di link FB dan Youtube di bawah ini ...






Diubah oleh bayu.indra 10-09-2017 13:54
0
9.5K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan