elpiji50kgAvatar border
TS
elpiji50kg
Mengenal Nasi Bungkus & Pasukan Nasi bungkus (panasbung)
Nasi Bungkus

Nasi bungkus adalah nasi putih beserta lauk untuk satu orang yang dibungkus daun pisang beralas kertas, agar bisa dibawa dan dimakan di tempat lain. Nasi bungkus bukan nama jenis makanan melainkan cara mengemas makanan. Bila nasi beserta lauk-pauk dikemas dalam kotak dari karton, maka nasi tersebut disebut nasi kotak atau nasi dus.

Spoiler for ilustrasi Nasi Bungkus Kwalias Super:


Daun pisang digunakan sebagai pembungkus karena daun pisang mengeluarkan aroma harum bila terkena makanan panas. Kertas yang digunakan untuk nasi bungkus bisa berupa kertas koran bekas atau kertas bungkus makanan (kertas kraft dengan lapisan plastik). Jenis dan jumlah lauk dapat dipilih sendiri oleh pembeli, dan dapat berupa daging sapi, ayam, ikan, atau telur. Satu atau dua jenis masakan berkuah atau sayur sering ditambahkan penjual tanpa perlu diminta.

Spoiler for Nasi Bungkus pakai koran ukuran jumbo:


Nasi bungkus bisa dilengkapi dengan sendok plastik sekali pakai, walaupun banyak rumah makan dan warung yang mengharuskan nasi bungkus dimakan dengan tangan. Air putih atau air teh yang dibungkus kantong plastik kadang-kadang diberikan gratis saat membeli nasi bungkus kelas sederhana.

Spoiler for Nasi bungkus dengan lebel yang apik:


Bentuk nasi bungkus bergantung pada cara membungkus, namun biasanya berbentuk segi empat dengan bagian bawah bungkusan yang berisi nasi terlihat agak membesar dan berat. Bila dibeli lebih dari satu bungkus, penjual menggunakan lebih dari satu gelang karet atau gelang karet yang warnanya beda sebagai pengenal dari jenis lauk yang ada di dalam. Selain itu, penjual juga memberi kode berupa tulisan sekadarnya di bagian atas bungkus.

Spoiler for Kode-kode nasi bungkus:


Nasi bungkus dapat dibeli di restoran Padang, warung tegal, penjual nasi campur, pedagang kakilima, atau dipesan dari katering. Di kereta api kelas ekonomi atau di stasiun bis juga dijumpai pedagang makanan yang menjual nasi bungkus. Di rumah makan padang, nasi bungkus juga dikenal dengan sebutan nasi rames yang dibungkus. Bila membeli nasi dengan lauk untuk dibungkus, maka nasi yang didapat sedikit lebih banyak hingga sangat banyak dibandingkan porsi nasi sewaktu dimakan di tempat.

Kegunaan nasi bungkus:

Makanan praktis - Nasi bungkus dimakan sewaktu ada pertemuan, keramaian, berwisata, atau makan siang yang dibeli untuk dinikmati di tempat lain.
Makanan bantuan - Nasi bungkus dan mi instan merupakan makanan praktis yang sering dibagikan untuk makanan bantuan bagi korban bencana alam di Indonesia. Nasi bungkus dibuat dalam jumlah besar di dapur-dapur umum untuk dibagi-bagikan di lokasi pengungsian.
Makanan perayaan dan bakti sosial - Santap bersama nasi bungkus merupakan salah satu bentuk ramah-tamah khas Indonesia. Nasi bungkus atau nasi kotak juga dibagi-bagikan setelah ada acara selamatan atau perayaan.

Spoiler for Kehadiran nasi bungkus dalam even kenegaraan:


Spoiler for Kehadiran nasi bungkus dalam persahabatan:


Spoiler for Kehadiran Nasi bungkus dalam pengungsian:


Turis yang datang ke Indonesia sering terkesan dengan nasi bungkus yang bila dibuka terlihat acak-acakan, namun enak dimakan meskipun turis tidak terbiasa makan tanpa sendok. Nasi bungkus yang dikenal orang asing biasanya adalah nasi bungkus dari restoran padang atau nasi bungkus campur di Bali.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Nasi_bungkus


Pasukan Nasi Bungkus

Sebenernya ini sindiran untuk orang-orang yg fanatik berlebih terhadap sesuatu, atau bisa juga dengan kata lain pendukung fanatik terhadap satu kubu atau golongan..
Para "Panasbung" ini kebanyakan mendukung mati-matian satu kubu atau golongan tapi tanpa didasari pemikiran yg jernih dan matang..
Seringkali menjelekkan kubu atau golongan lain, tapi mengesampingkan keburukan kubu atau golongan yg di dukungnya..

Jadi menyindir "gerombolan" yg asal dikasih nasi bungkus, maka akan bergerak mendukung.. makanya disebut "Pasukan Nasi Bungkus"
Diasumsikan kalo massa itu sebelumnya sudah dikasih "nasi bungkus", makanya bisa mati-matian mendukung si "pemberi nasi bungkus"

Contoh/ilustrasi yg populer :
" Gerombolan Panasbung , sedang mengarah ke balaikota untuk demo tuntut Jokowi Mundur"
" Semangat tinggi panasbung pembela Atut, tidak terpadamkan"
Spoiler for Moto Hidup Panasbung:

Spoiler for Ilustrasi Pasukan Nasi Bungkus:


Spoiler for Ilustrasi Panasbung Beraksi:


Spoiler for Ilustrasi Panasbung Mulai Lapar:


Spoiler for Ilustrasi Panasbung Tambah Lapar:


Spoiler for Nasi bungkus dipesan:


Spoiler for Pramuniaga Nasi Bungkus:


Spoiler for Operan Nasi Bungkus:


Spoiler for Nasi Bungkus Buat Kita Semua:


Demikian informasi bagi kita semua...semiga bermanfaat
(TS tidak mengharapkan BATAdan mohon maap bagi yang tersinggung, semata-mata hanya untuk berbagi)


Thread dahsyat lainnya
Mengenal Nasi Kotak & Pasukan Nasi Kotak (panastak)
Mengenal Nasi Bungkus & Pasukan Nasi bungkus (panasbung)
Mengenal Wanita Pushtun Lebih Dekat
Diubah oleh elpiji50kg 10-02-2014 22:14
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
19.7K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan