kotapilihanAvatar border
TS
kotapilihan
Lebih Dekat dengan Kampung KB di Kota Banjar



Kota Banjar, Jawa Barat pemenang Kota Pilihan 2017
Kategori Kota Cinta dengan persentase tertinggi yaitu 52,4 persen dari 181.784 penduduknya berusia 17 tahun ke atas sudah menikah (berdasarkan perhitungan olah data dan pemeringkatan skor masing-masing indikator setiap kota dari mikro data Susenas BPS 2016).



Jangan heran saat melihat papan penunjuk masuk gang bertuliskan Gang Kondom di Dusun Pasirnagara, Desa Cibeureum. Bahkan, beberapa plang kayu juga ditemukan di beberapa titik seperti Gang Implan dan Gang MOW. Setidaknya, istilah-istilah tersebut cukup menjadi penanda Kampung KB.

Banjar, kota yang berjarak lebih dari 146 km dari Bandung ini, menurut data mikro Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas), BPS 2016 memiliki jumlah penduduk 181.784 jiwa yang tersebar di wilayah seluas 13 ribu hektar. Dari total penduduk di sana, angka perkimpoian warga yang sudah berada pada fase usia layak nikah di kota Banjar menempati urutan tertinggi jika dibandingkan dengan kota lain, yakni mencapai 52,5 persen.




Dengan kata lain, lebih dari 90 ribu penduduk kota Banjar berstatus menikah. Dari angka pernikahan tersebut, rata-rata pasangan menikah didominasi dewasa dalam rentang usia 30-40 tahun dengan rata-rata usia kimpoi di Banjar adalah 23 tahun.




Untuk mengantisipasi lonjakan penduduk sebagai dampak atas tingginya angka pernikahan di sini, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) kota Banjar menerapkan program penundaan anak pertama (PAP) di setiap layanan Kampung KB. Jika ditemui pasangan menikah di bawah umur 20 tahun serta belum siap secara ekonomi, mental dan psikologis disarankan untuk langsung menggunakan alat kontrasepsi sekaligus dibina ketahanan keluarganya.

Secara terpisah, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Banjar, Yayan berkata, bimbingan pernikahan dianjurkan bagi calon pasangan yang akan menikah. Bimbingan ini dilakukan agar pasangan suami istri memahami makna dan tujuan pernikahan. Kegiatan bimbingan ini dibiayai oleh Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Program Keluarga Berencana (KB) memiliki peran strategis dalam menekan pertumbuhan penduduk. Di kota Banjar, implementasi program ini dilaksanakan melalui Kampung KB. Sebagai upaya pendekatan akses pelayanan Keluarga Berencana kepada keluarga kecil.



Pesan yang tertera di salah satu sudut gang di Kampung KB


Regulasi yang mendukung program Kampung KB termaktub dalam Keputusan Wali Kota Banjar Nomor 476/Kpts. 70.a-BKBPP/2011 tentang Wilayah Pembentukan Kampoeng Keluarga Berencana di Kota Banjar tahun 2011. Serta menyusul Keputusan Wali Kota lainnya dan juga Peraturan Wali (Perwal) No 7 tahun 2015.

Sejak Kampung KB berdiri di sini tahun 2010 programnya semakin berkembang sampai membantu kesejahteraan masyarakat. Bahkan, sekarang satu keluarga paling banyak terdapat tiga anak.

Kampung KB Desa Cibeureum merupakan salah satu dari 25 kampung percontohan yang ada di kota Banjar. Kampung KB yang dirintis hingga saat ini sudah terintegrasi dengan bidang pendidikan, pertanian, kesehatan, keamanan dan ketertiban, serta agama dan sosial. Sudah ada layanan Posyandu, Kelompok Wanita Tani yang fokus pada tanaman bergizi, pencegahan kematian ibu dan bayi, hingga PAUD.

Pada 2011 lalu, kota Banjar ditetapkan sebagai salah satu daerah peraih Innovative Government Award Bidang Pelayanan Publik yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri. Selain itu, layanan Posyandu Banjar mendapat penghargaan MDGs kategori ibu dan anak.

Pemerintah kota Banjar merasa perlu mengembangkan Kampung KB karena program KB dinilai masih memiliki peran strategis dalam menekan pertumbuhan penduduk. Mengingat laju penduduk kota Banjar di masa transisi menjadi kota begitu tinggi di tengah keterbatasan wilayah kota Banjar.



Salah satu gang di Kampung KB yang diberi nama alat kontrasepsi


Yang juga menarik dari Kampung KB di sini adalah kampung ini sudah ada sebelum pemerintah pusat mencanangkan Kampung KB di setiap desa mulai tahun 2016. Oleh karena itu, mereka menjadi rujukan ketika daerah lain akan membuat Kampung KB.

Ingin tahu seperti apa selengkapnya latar belakang dibentuknya kampung KB di Desa Cibeureum? Baca di: https://beritagar.id/artikel/laporan...Banjar%20Cinta
Diubah oleh kaskus.video 17-11-2017 09:50
0
9.3K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan