fancewAvatar border
TS
fancew
5 Kebiasaan Buruk Ini Bahaya Banget Buat Mata
Pake kacamata itu nggak enak gan! Serius deh, mau ngapa-ngapain susah apalagi kalo kacamata lagi rusak atau lupa taro di mana itu kacamata. Mau operasi LASIK tapi kok mahal banget ya, yaudah deh akhirnya pake contact lens aja dulu biar nggak ribet pake kacamata.



Meski dianggap jadi solusi cacat mata, tapi ternyata perawatan contact lens itu lebih ribet daripada pake kacamata loh gan sist. Tau kasus ada 27 contact lens di mata orang di tahun kemarin gan? Ane baca tritnya juga di KASKUS sih gan. Pemakaian contact lens yang nggak hati-hati justru membuat mata jadi terinfeksi kuman, bahkan berujung kebutaan. Jauh-jauh deh...

Tau nggak? Saat kita memasang contact lens di mata, ternyata itu sama aja kayak merampas jumlah oksigen yang masuk ke dalam mata kita. Kornea akan menjadi bengkak dan membuat gap di permukaan mata. Efeknya, kuman akan lebih mudah buat masuk ke dalam mata.

Supaya mata agan tetap sehat saat memakai contact lens, jangan lakuin kebiasaan buruk kayak di bawah ini ya:

Tidur dengan contact lens yang masih nempel



Terkadang emang nggak berasa ya, pake contact lens apalagi yang kadar airnya tinggi tuh berasa nggak pake contact lens. Terus karena suka lupa, akhirnya ketiduran tanpa lepas contact lens. Tau nggak gan? Tidur dengan contact lens yang masih terpasang itu meningkatkan resiko mata agan terkena infeksi.

Nggak ganti contact sesuai dengan jangka waktu pemakaian



Biasanya sering pake yang 2 minggu atau 1 bulan, tapi karena suka nggak ngeh jadi ya gantinya pas salah satu contact lens hilang atau udah nggak enak di mata aja. Ternyata, bukan cuma ane, tapi 45% orang dewasa juga melakukan hal yang sama. Ada alasan di balik jadwal penggantian contact lens. Meski yang punya jangka waktu lebih panjang itu lebih tahan lama, tapi nggak mencegah kuman dan bakteri untuk masuk ke contact lens.

Pakai contact lens waktu berenang



Serius nih agan masih sering berenang pake contact lens? Bahaya banget! Ternyata banyak banget bakteri yang juga berenang di kolam renang. Kebayang nggak kalo bakteri itu nempel di contact lens yang bakal agan pake berminggu-minggu?

Jarang mengganti tempat contact lens secara teratur



Ah belum kelihatan rusak ini. Tapi namanya juga urusan mata, indera penglihatan harus dijaga banget gan. Tempat contact lens harus diganti setiap 3 bulan gansist, alasannya ya karena semakin lama digunakan, kuman semakin banyak dan malah berbahaya untuk mata.

Terakhir, selalu pake cleaning solutions/ air contact lens seperti petunjuk yang tertera



Untuk membersihkan tempat contact lens, jangan sekali-kali pake air keran dan selalu gunakan cleaning solutions ya gan. Di air keran, banyak mikroorganisme yang mungkin aman buat diminum, tapi nggak benar-benar aman buat mata kita gansist. Udah gitu, jangan coba-coba buat nyampurin air contact lens yang lama masih ada di case dengan yang baru ya, duh itu kumannya banyak banget loh. Tinggal buang sisanya dan ganti dengan yang baru.

Intinya, begini cara penggunaan contact lens yang benar gan:

1. Selalu cuci tangan sebelum memasang contact lens
2. Pakai cleaning solution atau air contact lens yang benar
3. Ganti tempat contact lens secara berkala
4. Selalu ganti contact lens sesuai dengan jangka waktu pemakaian



SUMBER - SUMBER
0
14.9K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan