Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

karikai04Avatar border
TS
karikai04
Resmikan Pemugaran Pura HinduTertua di Jakarta, Anies Kagumi Ini
Quote:

[INDENT]
TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kagum dengan kerja keras umat Hindu dalam bergotong royong merenovasi pura secara bertahap sejak 2011. Anies meresmikan pemugaran bangunan Bale Wantilan Pura Dalem Purnajati Tanjung Puri, Cilincing, Jakarta Utara, Ahad, 5 November 2017.

"Ini adalah pura pertama di Jakarta. Masyarakat di Jakarta selama ini bergotong royong melakukan renovasi pemugaran sejak 2011. Saya merasa mendapat kehormatan bisa dapat meresmikan pura ini," ujar Anies di Cilincing, Jakarta Utara, Ahad, 5 November 2017.

Anies berharap pura tersebut bukan hanya jadi tempat kegiatan peribadatan bagi umat Hindu di Jakarta, melainkan tempat berinteraksi bagi sesama umat manusia.

"Tadi disampaikan kami ingin ini menjadi sesuatu pilar untuk mendorong pertumbuhan peradaban kita di Indonesia," ujar Anies.

Bangunan pura ini mulai dipugar sejak 2011 secara bertahap. Pura tersebut dibangun pada 1968. Secara geografis, lokasi pura terletak di bawah permukaan laut, sehingga perlu direnovasi lantaran umat Hindu se-Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi seringkali kebanjiran ketika hendak beribadah pada saat air pasang atau hujan turun.

Adapun pemugaran meliputi peninggian pondasi bangunan dan renovasi beberapa bagian bangunan seperti padmasana, pangkurah, gedong sthana bethara siwa, piasa, bale pawedaan, melanting, dan bangunan prapajati beserta tembok penyengkernya.

Anies menuturkan peradaban dimulai dari bagaimana masyatakat membangun, penyebaran dan pelaksanaan ajaran tertentu. Kemudian, hal itu berkembang jadi kebudayaan yang berujung pada peradaban. Anies percaya tempat ibadah tersebut bisa akan jadi tempat silaturahmi, menjalin kerukunan warga Hindu dan yang lain untuk waktu yang panjang di masa depan.

"Kami berharap umat Hindu di ibu kota meneruskan kontribusi membangun kebersamaan, solidaritas dari kehidupan berbangsa, menguatkan semangat saling menghormati, menghargai dan tradisi toleransi di Indonesia," ujar Anies.
[/INDENT
Quote:


emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
0
2.9K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan