soyuzzAvatar border
TS
soyuzz
Kesalahan Paling Fatal Saat Membeli Mobil Bekas

Punya mobil emang memberikan banyak kemudahan, mulai dari ga kepanasan/kehujanan sampai dengan bisa berlibur ngajakin keluarga untuk melancong ke berbagai daerah di tanah air. Entah itu punya mobil dengan beli baru, ataupun membeli mobil bekas yang saat ini jadi primadona bagi masyarakat indonesia. Meskipun saat ini punya mobil begitu gampang karena dengan cara kredit DP 5 jutaan sudah bisa bawa pulang mobil, tapi beli mobil bekas tetap menjadi pilihan banyak orang karena dianggap lebih ngirit pengeluaran, namun bisa dapetin mobil dengan kualitas yang masih bagus.


Tapi apa bener ketika beli mobil bekas itu bisa dapetin mobil dengan kualitas yang baik? Semua itu tergantung pada banyak hal yang pastinya wajib agan pahami sebelum membelinya. Karena faktanya banyak dari pembeli mobil bekas yang teledor tanpa memperhatikan banyak hal sehingga jadi kesalahan fatal. Gara-gara keteledoran itu, ujung-ujungnya tuh mobil sering jajan mondar-mandir ke bengkeldan berujung jadi nguras tabungan dan dompet. Emang kesalahan fatal yang kayak gimana sih, gan? Yuk, simak di mari nih gan! bisa jadi pembelajaran kalian biar ga ngelakuin kesalahan yang sama saat akan beli mobil bekas.

Tergoda Duluan Sama Harga Diskon

Koq ini dianggap kesalahan fatal sih gan? yes Gan! Karena kenyataannya banyak dari kita yang tergoda akan diskon gede-gedean tanpa harus menilik lebih jauh tentang keadaan dan kondisi dari mobil tersebut. Jadi pembeli yang baik, maka pertimbangkan dulu sebelum ngelihat gemerlap diskon yang ditawarkan, kalau perlu hitung dulu pake kalkulator apakah ini harga masuk akal atau ga. Jangan terburu nafsu karena dapetin cashback gede!

Jangan Takut Di-cap Pembeli Bawel!

Jadi orang yang suka nanya-nanya itu terkadang ada benernya juga lho gan, ketimbang diem-diem tapi ternyata kagak paham! Sebelum membeli mobil bekas, sidak terlebih dahulu gan! Tinjau keadaan barangnya, kalau perlu tanya sejujur-jujurnya bagaimana dengan keadaan mobil tersebut. Termasuk riwayat mobil pernah mengalami kecelakaan atau tidak, riwayat pernah ganti part apa aja. Kalaupun mobil digunakan untuk operasional sehari-hari, kira-kira sering dipake kemana saja dan buat ngangkut barang apa saja. Pokoknya tanya aja terus sampe puas dan bisa dapetin informasi yang sebanyak-banyaknya buat pertimbangan kalian bakal beli mobil ini atau tidak, ga perlu takut dibilang bawel!.

Gagal Paham Dengan Mesin Mobil?

Image via ayoselamat.org
Mungkin karena udah tergoda akan diskon yang berlimpah sehingga pingin buru-buru dibeli aja tuh mobil, ya kan? Padahal belum tentu mobil ini cocok dengan yang agan butuhin lho, atau mungkin keadannya belum pasti ketahuan apakah masih bagus dan layak atau tidak? Makanya sebelum dibeli lakukan pengecekan berbagai poin, mulai dari kaki-kaki mobil, bagian interior, eksterior, aki, ban, gardan, dan sebagainya. Ada juga lho yang gagal paham dengan keadaan mesin sehingga akhirnya bakal dapetin kritik dari temen yang dirasa harganya terlalu mahal ketika membeli mobil.

Ga Bisa Bedain Mesin Bagus/Buruk Saat Test Drive Mobil

Image via e-automotif.com
Biar makin greget, lakukan test drive biar ketahuan kondisi dari mobil tersebut. Sayangnya terkadang kita kurang paham dengan kondisi mesin dan sebagainya, ga tau mesin pasti bakal ga bisa bedain mesin mobil yang baik atau yang udah ancur pada saat melakukan test drive. Taunya cuma bisa nyetir dan tinggal gas aja gan! Makanya, ada baiknya ajak temen atau gunakan jasa inspeksi mobil biar beli mobil bekas tetap bisa dapetin mobil yang dalam kondisi bagus.

Ga Pernah Bandingin Harga dengan Penjual Lainnya

Jangan terpaku pada satu penjual yah gan, meskipun mungkin ketika kita cek mobilnya kita udah berasa sreg! Ada baiknya lakukan cari info sebanyak-banyak dengan membandingkan dari beberapa penjual, terlebih lagi sekarang ini banyak website jual beli mobil bekas secara online yang menawarkan berbagai tipe dan range harga variatif. Bandingkan dengan minimal 3 penjual dalam tipe mobile dan tahun yang sama, dan nantinya itu bisa jadi pertimbangan untuk ambil keputusan membeli mobil tersebut atau tidak.

Apa Jadinya Kalau Temen pun Ga Ada Yang Ngerti Mesin?

Mau beli mobil bekas tapi ga ada kenalan yang tau mesin, dan pingin dapet mobil bekas tapi berkualitas? Mungkin saatnya agan cobain Inspeksi Garasi.ID yang akan melakukan Inspeksi dengan montir handal dari bengkel ternama (Nawilis). Seperti yang kita ketahui, Nawilis merupakan spesialis bengkel Spooring-Balancing di Jakarta yang memahami kebutuhan pelanggan dan memberikan penyelesaian terbaik yang emang punya ketrampilan dan pengalaman di bidangnya selama lebih dari 50 tahun.
Melalui Inspeksi Garasi.id, personil Nawilis akan melakukan pengecekan meliputi 170 poin untuk segala tipe mobil. Dengan menggunakan jasa Inspeksi Garasi.id, bikin kita terhindar dari kesalahan fatal seperti yang dicontohkan di atas, sehingga agan pun bisa dapetin mobil bekas yang berkualitas. Mumpung lagi ada promo, buruan ke TKP lewat LINK INI.
Nah itulah dia beberapa kesalahan fatal yang banyak dialami oleh orang ketika membeli mobil bekas, mulai dari tergoda diskon sampe yang ga tau sama sekali soal mesin mobil. Punya pengalaman fatal saat beli mobil bekas? Share dong di sini gan, biar bisa jadi referensi kaskuser lain yang berencana akan membeli mobil bekas.

Ane Tunggu Sharing Pengalamannya Gan...

Diubah oleh soyuzz 01-11-2017 04:23
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
69K
285
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan