Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

suromenggoloAvatar border
TS
suromenggolo
Nasam, Tulang Punggung Pam Ibu Kota
JAKARTA - Sistem pertahanan udara Indonesia dalam waktu dekat akan semakin kuat dengan hadirnya peluru kendali darat - udara jarak menengah. Kehadiran rudal jarak menengah ini mengulang kejayaan Indonesia pada masa tahun 1960 an dimana saat itu TNI memliki rudal anti udara jarak menengah SA-2 "Guideline" buatan Uni Soviet. Saat ini Kementerian Pertahanan tengah menjajaki pembelian rudal Nasams AIM -120C AMRAAM sebagai pertahanan Ibu Kota.

Dikatakan Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional Marsda Yuyu Sutisna, Kohanudnas telah mengajukan spesifikasi teknis rudal pertahanan udara jarak menengah, dimana rudal tersebut wajib mencapai daerah seluas 100km persegi. Rudal pertahanan ini nantinya akan berada dibawah kewenangan Kohanudnas selaku operator.

"Rudal ini sudah masuk dalam rencana strategis (Renstra) MEF II. Pengadaannya akan dilakukan secara bertahap mulai dari pengamanan Ibu Kota hingga ke lokasi obyek vital lainnya" jelas Pangkohanudnas Marsda Yuyu Sutisna.

Dikatakan Yuyu Sutisna saat diskusi di Makohanudnas Jakarta menambahkan, dalam pengadaan rudal pertahanan udara, Kohanundas tidak secara tegas menyatakan jumlah ideal dikarenakan pengambil keputusan ada ditingkat kementerian pertahanan. Namun yang terpenting menurut Pangkohanudas, penempatan pertama di Ibu Kota dan secara bertahap bertambah menyesuaikan kebutuhan.

Seperti diketahui, Kementerian Pertahanan tengah menyusun rencana pembelian rudal pertahanan udara jarak menengah. Salah satu rudal yang dipertimbangkan masuk dalam jajaran arsenal Kohanudnas adalah jenis Nasams AIM -120C AMRAAM . Nilai kontrak yang disetujui senilai 101 juta dollar Amerika Serikat dengan masa pembayaran selama 10 tahun anggaran. Kontrak ini dibiayai melalui pinjaman dari Eksporkreditt Norge AS, Norwegia.

Spesifikasi teknis Nasams AIM -120C AMRAAM memiliki jarak efektif 5km hingga 105km. Pagelaran tempurnya bisa ditempatkan secara permanen atau dibawa di atas kendaraan. Dengan kecepatan mencapai 4 kali kecepatan suara, rudal ini diyakini dapat melumpuhkan sasaran udara dengan tingkat perkenaan tinggi. (joy)

http://www.ican.co.id/nasam-tulang-punggung-pam-ibu-kota-232.html



Maaf salah masukin judul
Diubah oleh suromenggolo 10-10-2017 06:53
0
46.8K
173
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan