dhenbagoezAvatar border
TS
dhenbagoez
Apa arti Bahagia menurut Agan?
Bahagia adalah tujuan semua umat manusia, karena pada dasarnya manusia dalam melakukan aktifitas apa pun hakiki-nya adalah untuk mencapai kebahagiaan. Namun pendefenisian tentang bahagia kerap menimbulkan perbedaan dan perdebatan bahkan berlawanan antara satu orang dengan lain, tak terkecuali para ilmuwan dan filusuf sekalipun.

Jika ane bertanya kepada agan "apa dan bagaimana sih yang dikatakan bahagia itu", mungkin jawabanya akan berbeda-beda, sesuai pemahaman, pengalaman dan jalan hidup yang di lalui masing-masing.

Sebagian orang menganggap kebahagiaan itu pada hal-hal yang bersifat materil, sehingga pencapaian kebahagiaan dilakukan dengan berusaha meraup materi sebanyak-banyaknya.
Berlimpah harta memang bisa menunjang kebahagiaan, tetapi mereka yang menilai kebahagiaan dengan materi semata hanyalah orang-orang yang tertipu, karena materi tak akan pernah memberikan kebahagiaan hakiki pada manusia. Bahkan upaya pemenuhan kepuasan materil secara berlebihan hanya akan membuat manusia semakin menjauh dari kebahagiaan.

Tragisnya lagi sebagian orang frustrasi dalam menggapai kebahagiaan. Jenuh, stres, gelisah, takut dan lebih parah lagi putus asa dalam menjalani kehidupannya, meskipun kadang sebagian mereka secara materi tergolong "berada" alias kaya raya, dan akhirnya terjerumus mencari kesenangan semu ( pergaulan bebas, narkotika / obat-obatan Terlarang, dls ) yang sifatnya cuma kesenangan sementara dan tidak memikirkan akibat buruk dikemudian hari pada dirinya. Lebih tragis lagi ada yang mengambil jalan pintas dlm keputus asaan-nya dengan jalan "bunuh diri" (na'udzubillahi mindzalik).

Pemahaman dan pemaknaan kita tentang apa itu bahagia sangat menentukan tindakan kita untuk mencapainya.

Bagi ane pribadi dan ane yakin mayoritas masyarakat Indonesia percaya adanya TUHAN dan hari kemudian, sehingga dalam usaha mencapai kebahagiaan pun tentunya berlandaskan pada tujuan bahagia di Dunia dan bahagia di Akhirat. Sehingga dlm usaha mencapai kebahagiaan Dunia TIDAK menghalalkan segala cara (korupsi, merampok, menipu, dls) karena kita yakin Tuhan maha tahu dan balasan kekal di Akhirat menanti.

Thread ane ini tidak bermaksud menggurui agan-2 sekalian, tetapi hanya sekedar berbagi dari hasil browsing berbagai sumber dan sedikit ocehan ane pribadi, karena ane juga manusia biasa yang pernah juga di satu titik merasa jenuh, bimbang, sters, takut dalam melewati ombak kehidupan ini. Namun ane tidak mau putus asa dan tetap berusaha melaluinya dengan hal-hal yang positif.
Dan kebetulan ketika berkunjung di sebuah toko buku, ane dapet sebuah buku yg menurut ane bagus banget, mengupas tentang apa itu Bahagia yang di kupas dari sudut pandang Ilmiah, Filsafat dan Agama. Dari situ ane mulai tertarik mecari tahu "apa itu definisi bahagia" yang sebelumnya ane sama sekali kagak kepikiran untuk pengen tahu lebih banyak.
Spoiler for Gambar:

Definisi Bahagia
Spoiler for Definisi Bahagia:

Bahagia menurut para Ilmuwan
Spoiler for Bahagia menurut Ilmuwan:

10 Hal Yang Perlu Dilakukan Untuk Menjadi Bahagia (Menurut Ilmuwan).
Spoiler for 10 Hal Yang Perlu Dilakukan Untuk Menjadi Bahagia:

Diubah oleh dhenbagoez 28-10-2017 22:09
0
17.5K
147
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan