BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Hanya ada 10 kota layak pemuda di Indonesia

Presiden Joko Widodo (kiri) disaksikan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki (kedua kiri), Menpora Imam Nahrawi (kedua kanan) dan Menkominfo Rudiantara di Halaman Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/10). Kemenpora menetapkan 10 kabupaten/kota layak pemuda.
Ada kota layak anak, ada pula kota layak pemuda. Di kota ini, para pemuda memiliki kemudahan akses untuk beraktivitas, berwirausaha serta mengembangkan bakat.

Ada 416 kabupaten/kota di Indonesia, tapi hanya 10 kabupaten/kota yang dianggap paling layak untuk pemuda.

Kementerian Pemuda dan Olahraga menobatkan 10 kabupaten dan kota di Indonesia menerima Anugerah Kabupaten/Kota Layak Pemuda tahun 2017 di Ball Room Grand Inna Hotel Padang, Sumatera Barat, Sabtu (28/10/2017).

Kota layak pemuda adalah Bandung, Jawa Barat, Jakarta Utara (DKI Jakarta), Makassar (Sulawesi Selatan), Padang (Sumatera Barat), Tangerang (Banten), Ternate (Maluku Utara), Banda Aceh (Aceh), Pontianak (Kalimantan Barat) dan Tangerang Selatan (Banten).

Sementara satu-satunya kabupaten yang dinobatkan layak pemuda untuk tahun 2017 adalah Bantaeng (Sulawesi Selatan).

Kota/kabupaten layak pemuda mendapatkan piagam, piala dan uang pembinaan senilai Rp100 juta.

"Jadikan ini sebagai penyemangat dalam pembangunan kepemudaan, untuk yang belum dapat tahun ini agar dipersiapkan lebih giat lagi dan memenuhi semua persyaratan yang diajukan," kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Imam mengatakan 10 kabupaten dan kota tersebut dinobatkan layak pemuda karena memiliki indikator regulasi, fasilitas, dan kemudahan akses untuk para pemuda beraktivitas, berwirausaha serta mengembangkan bakat.

Penilaian yang dilakukan untuk memilih kota layak pemuda tersebut, ujar Imam, dilaksanakan oleh tim independen dengan memperhatikan berbagai aspek yaitu bagaimana peran dan kesungguhan kota maupun kabupaten dalam menggali potensi pemudanya.

Tim penilai melihat peraturan daerah, regulasi-regulasi yang memberikan porsi luas bagi pemuda, anggaran dan berbagai fasilitas yang diberikan dalam menunjang dan mengembangkan kemampuan pemuda.

Penganugerahan kota layak pemuda dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu kabupaten/kota kategori utama, madya dan kategori pratama. Sebagai langkah awal, tim yang ditugaskan dari Kemenpora melakukan kunjungan lapangan.

Imam mengharapkan dengan terpilihnya 10 kabupaten dan kota layak pemuda, menjadi dorongan bagi daerah lainnya agar kebijakan pengembangan infrastruktur, anggaran dan kepemudaan mengarah kepada perkembangan positif kepemudaan sebagai penerus bangsa.

Program kota layak pemuda merupakan program Kemenpora yang diinisiasi oleh pemuda KNPI Kota Bandung sejak tahun 2015 lalu. Program ini merupakan upaya mendukung pemerintah daerah melakukan pembinaan dan pemberdayaan pemuda.

Kegiatan Inisiasi Kota Layak Pemuda 2016 dan Youth Expo 2016 diselenggarakan pada 8-9 November 2016 di Gedung Merdeka Bandung. Pada 2016, kota percontohan layak pemuda adalah Bandung, Malang, dan Palu.

Kota layak pemuda menjadi program prioritas Kemenpora dalam meningkatkan mutu standardisasi kepemudaan di seluruh Indonesia.

Melalui program ini, semua kota dan kabupaten di Indonesia diharapkan mempunyai standardisasi dalam pengembangan pemuda usia 16-30 yang diatur dalam UU dan Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga No 11 Tahun 2017.

Imam mengatakan, Indonesia akan mengalami bonus demografi dengan membeludaknya jumlah pemuda beberapa tahun mendatang yang bisa menjadi keuntungan atau bencana bagi Indonesia.

Pemerintah, kata Imam, mengarahkan regulasi untuk membuka jalan bagi anak muda untuk memacu kreativitas, kemampuan hingga membuka jaringan pasar demi daya saing pemuda.

Selain itu, menurut Imam, tantangan lainnya bagi pemuda di era digital dengan keterbukaan informasi yang luas saat ini, salah satunya adalah dalam hal berita bohong (hoax) baik sebagai korban, bahkan sebagai pelaku.

Adapun Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah sebagai penerima Anugerah Kabupaten/Kota Layak Pemuda 2017 mengatakan penghargaan yang diterima dapat menjadi langkah awal untuk lebih memfasilitasi dan memotivasi pemuda di kota Padang lebih aktif dan kreatif.

"Seperti pembinaan yang dilakukan terhadap anak jalanan dan para pelajar yang sering tawuran," kata dia melalui Antaranews
Anugerah Kota Layak Pemuda yg bersamaan dgn peringatan Sumpah Pemuda ini,hrs jd momentum agar Kota & Kab siap hadapi bonus demografi 2020-IN [URL="https://S E N S O RLanCyBxMsO"]pic.twitter.com/LanCyBxMsO[/URL]
— Imam Nahrawi (@imam_nahrawi) October 28, 2017 Regulasi,Fasilitas, Kemudahan akses untuk para pemuda beraktifitas, berwirausaha & mengembangkan bakat adlh syarat jd Kota layak pemuda -IN [URL="https://S E N S O RvCAPatpnCS"]pic.twitter.com/vCAPatpnCS[/URL]
— Imam Nahrawi (@imam_nahrawi) October 28, 2017


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...a-di-indonesia

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Blusukan kemana pun Jokowi setia berbaju putih

- Potensi kekacauan setelah Catalunya merdeka

- Wacana revolusi putih dari Pilpres turun ke DKI Jakarta

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
14.9K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan