Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

moderatorccdAvatar border
TS
moderatorccd
Diminta Jokowi, Luhut Bakal Rancang Jawa untuk Puluhan Tahun ke Depan
Diminta Jokowi, Luhut Bakal Rancang Jawa untuk Puluhan Tahun ke Depan

detik.com

Oct 29, 2017 4:20 PM

Diminta Jokowi, Luhut Bakal Rancang Jawa untuk Puluhan Tahun ke Depan

Bekasi - Pemerintah tengah menyiapkan rancangan bagi pulau Jawa, khususnya Jakarta dan sekitarnya. Ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Jadi memang Jakarta ini sudah mulai atau Jawa ini sudah dipikirkan. Presiden sudah memberi arahan untuk membuat terintegrasinya Jakarta dengan Bandung," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan di Meikarta CBD, Cikarang, Jawa Barat, Minggu (29/10/2017).

Lutuh menjelaskan, bahwa rancangan tersebut tidak dibuat hanya untuk jangka pendek. Namun untuk jangka panjang, mengingat populasi terbesar di Indonesia berada di Jawa, khususnya Jakarta.

"Kita tidak boleh berpikir hanya 5 tahun ke depan. Kita harus berpikir sampai tahun 2045 di mana kalau lihat Jawa ini akan menjadi satu pulau sendiri atau kota sendiri," sambung Luhut

Ia memaparkan jika rancangan tersebut benar-benar dilakukan, maka desain terkait hal tersebut sudah harus dilakukan dari sekarang. Ia memberi contoh seperti desain transportasi, permukiman, air dan lain sebagainya.

"Nah kalau itu terjadi, desain transportasi, desain permukiman, desain air dan desain segala macam harus kita lakukan dari sekarang," sambung Luhut.

Rancangan tersebut akan dibahas esok hari. Setelah di dalam internal pemerintah, Luhut juga akan mengajak kalangan swasta.

"Kami lakukan kajian lebih terpadu dengan Deputi Bidang Infrastruktur. Nanti kami akan segera hari Senin akan sudah mulai rapat tentang ini dan minggu berikutnya mungkin tanggal 10-nya kami sudah mendengar paparan tentang pemilik-pemilik di kawasan ini apa posisinya sekarang. Sehingga dengan demikian kita bisa memberikan keputusan untuk satu bulan ke depan mau kita apakan ini," jelasnya.

Ini sekaligus juga mengevaluasi pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Sebab, dari 14 rencana baru tiga yang selesai dan empat tengah dalam proses.

"Kita terbalik berpikirnya sekarang. Mana yang bisa kita buat kawasan ekonomi khusus selama memenuhi kriteria-kriteria tertentu ya kita akan pikirkan itu," kata Luhut.

"Dan kami akan mengkaji apakah daerah koridor ini (Cikarang) sepanjang 10 km atau lebih bisa kita bikin kawasan integrasi dengan demikian memberikan kelebihan, karena saya dengan 20% pembeli gedung-gedung ini dari Jakarta," paparnya.

(mkj/mkj)

https://m.detik.com/finance/berita-e...aign=cmssocmed
0
2.2K
24
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan