duha14Avatar border
TS
duha14
Kenapa Emas disebut Logam Mulia?
Quote:

Malam gan sis, balik lagi sama ane nih, ais.

Udah lama banget ga bersua di forum ini dan kali ini, ane bakal ngasih sedikit informasi, yang mungkin bagi agan sista sendiri belum mengetahuinya. Informasi kali ini sih berkaitan dengan emas. Yak emas.

Emas merupakan sebuah logam yang berwarna "emas" dan memang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi ketimbang jenis logam lainnya. Emas juga menjadi salah satu jenis logam "mulia' yang kita kenal. Nah mungkin agan sista udah tau ya kalo emas merupakan logam mulia. Namun, apakah agan sista tau, kenapa emas disebut logam "mulia" ?

Jadi menurut beberapa sumber yang saya baca. Emas disebut sebagai logam mulia karena sifatnya. Bukan secara harfiah loh ya. Namun sifat secara kimiawinya.
Quote:

Sifat kimiawi? Sifat yang begimana tuh?
Jadi menurut tiga situs yang ane baca di sini, disini, dan disini. Logam mulia atau bahasa kerennya sering juga disebut sebagai noble metal disebut demikian karena memiliki ketahanan akan oksidasi maupun korosi. Lebih kerennya lagi, di salah satu sumber yang ane cantumkan, ternyata logam mulia selain memiliki ketahanan akan serangan-serangan senyawa kimia dan juga bersifat tidak reaktif. Jadi emas yang agan atau sista miliki disebut sebagai logam mulia karena sifat yang ane telah sebutkan ya.
Quote:

Quote:

Nah jangan salah, walaupun disebut noble metal, emas sendiri masih bisa diserang alias mengalami reaksi ketika bertemu dengan jenis bahan kimia lainnya loh. Apa saja yang bisa menyerang emas?
1. KCN dengan adanya udara,sehingga membentuk ion kompleks dicyanoaurate (1)
2. Aqua Regia, sehingga membentuk HAuCl4
3. Brom trifluorida, sehingga membentuk AuF3
Tiga contoh yang ane dapatkan dari salah satu situs yang ane percaya.
Oh iya selain emas, ada juga noble metal lainnya yang mungkinagan perlu tau, seperti perak dan platina. Namun selain itu masih ada lagi. Seperti yang digambarkan di tabel periodik dibawah ya.
Quote:

Akhir kata, logam mulia buka disebut logam mulia kalo nilai ekonomisnya masih rendah dan sama dengan yang lain, apalagi memiliki nilai kelangkaan yang cukup dan anti korosi, makin menambah nilai ekonomisnya tuh. Jangan salah deh kalo emas dan logam mulia lainnya dijadiin bahan invenstasi bahkan mata uang dari negeri diluar sana.
Quote:

Quote:
0
27.7K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan