Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

homecare24Avatar border
TS
homecare24
Gan Ini Dia Perbedaan Perawat Sama Caregiver (penjaga orang sakit)
Gan Ini Dia Perbedaan Perawat Sama Caregiver (penjaga orang sakit)


Terkadang karena alasan ingin menekan biaya atau pasien di sebuah rumah sakit sudah sangat penuh, pasien diperbolehkan pulang. Namun, bukan berarti perawatannya selesai sampai di situ. Pada kasus penderita stroke yang sudah dirawat di rumah sakit selama tiga minggu, misalnya, meski masih mengalami lumpuh separuh badan, tapi kalau dia sudah sadar dan mampu makan dan minum, pasien diperbolehkan pulang. Namun, perawatannya dilanjutkan di rumah.

Kalau seseorang sakit atau pasca operasi, tentunya perawatan di rumah akan lebih menyenangkan baginya. Mengapa? Karena dalam kondisi tak sehat yang paling nyaman adalah bisa berada di rumah sendiri di tengah-tengah keluarga. Adapun perawatan di rumah sakit atau home care biasanya dilaksanakan hingga pasien mencapai kondisi stabil untuk penyakit yang kronik. Setelahnya, bila memungkinkan perawatan pasien bisa dilakukan di rumah atau berobat jalan.

Perawatan di rumah perlu dibantu oleh perawat atau caregiver (penjaga orang sakit). Apa bedanya? DR. Samsuridjal Djauzi di Harian Kompas, Sabtu (7/10/2017) memaparka perbedaan perawat dan caregiver atau penjaga orang sakit adalah:

Perawat adalah profesi yang memerlukan pendidikan tertentu dengan kemampuan yang telah ditetapkan. Perawat juga mempunyai kewenangan sesuai dengan kemampuannya.

Sedangkan caregiver (penjaga orang sakit) adalah orang yang dilatih untuk menjaga orang sakit. Namun, caregiver tak berkemampuan dan berkewenangan dalam melakukan langkah medis keperawatan yakni menganalisis masalah keperawatan, melakukan tindakan keperawatan tertentu semisal memasang infus, menyuntik, memasang selang makanan dari hidung, dan lain-lainnya. Akan tetapi, caregiver bisa menyuapi, memandikan, mengganti sprei, membantu penderita buang air besar dan air kecil, dan sebagainya.

Penentuan apakah si penderita perlu dijaga perawat ataukah penjaga orang sakit, itu tergantung pada kebutuhan perawatan si pasien. Dokter yang merawatnya mungkin bisa merekomendasikan pilihan tersebut terkait kondisi si pasien. Sebagai catatan, bayaran perawat tentunya lebih besar daripada caregiver.

Satu hal yang harus sangat diperhatikan ketika memesan jasa perawat atau caregiver ke rumah adalah pendidikan dan pengalaman.
0
4.6K
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan