kobasusAvatar border
TS
kobasus
Anies Baswedan Harus Mencabut Kata 'Pribumi' dan Minta Maaf kepada Warga DKI
Anies Baswedan Harus Mencabut Kata 'Pribumi' dan Minta Maaf kepada Warga DKI


Selasa, 17 Oktober 2017

FORUM Advokat Pengawal Pancasila/FAPP sangat menyayangkan penggunaan kata pribumi dalam pidato perdana Anies Baswedan saat acara pelantikannya sebagai Gubernur DKI Jakarta 2017-2022, terlebih-lebih karena pidato itu disampaikan di hadapan ribuan pendukungnya.

Dalam isi pidatonya itu Anies Baswedan mengangkat isu perjuangan pribumi melawan kolonialisme, yang menurut Anies Baswedan semua warga pribumi harus mendapatkan kesejahteraan.

"Bahwa dahulu semua pribumi ditindas dan dikalahkan, kini kita merdeka dan saatnya menjadi tuan rumah di negeri sendiri".

Kata-kata dan kalimat pidato Anies Baswedan berbau sangat rasis dan berpotensi memapankan sentimen SARA yang selama pilkada DKI Jakarta muncul secara masif dalam berbagai bentuk bahkan sempat memakan korban.

Telah menimbulkan kecurigaan publik bahwa Anies Baswedan akan membangun kota dan Warga Jakarta dalam semangat dan sentiman SARA, karena menghadapkan Warga Jakarta dalam perlakuan yang tidak sama yang sesungguhnya dilarang oleh UU.

Penggunaan kata pribumi dalam konteks Anies Baswedan sebagai seorang Gubernur di Jakarta dengan warganya yang multi etnis, sangat tidak layak dan dapat dikulaifisir sebagai melanggar hukum karena diucapkan saat mengawali tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta yang seharusnya menjaga persatuan.

Penggunaan kata pribumi dalam pidato Anies Baswedan bermakna ingin memposisikan dirinya dan kelompok pendukungnya adalah pribumi yang harus didahulukan atau diutamakan dalam pembangunan dan kelompok lain sebagai nonpribumi dinomorduakan.
Prinsip persamaan kedudukan dalam hukum dan pemerintahan serta hak-hak yang sama bagi semua warga negara akan dikesampingkan demi pribumi yang lebih berhak.

Dengan demikin, meskipun dalam keseluruhan pidato Anies Baswedan terdapat ajakan untuk bersama-sama bergotong royong membangun Jakarta sebagai milik kita semua, akan tetapi dengan menggunakan kata pribumi, nampak Anies hendak membangun basis manusia di Jakarta berdasarkan kelas, memposisikan dirinya sebagai kelas pribumi yang akan menegakan hak-hak pribumi yang selama 72 tahun merdeka tidak terwujudkan.

Sumber Berita
========================================
Komen TS

Ga ada yang nyuruh nastaik mengleng datang ke sini

datang ke sendiri ga ada yang mengundang, ehh ribut sendiri... trus nuntut permintaan maafemoticon-Blue Guy Bata (L)

Nastaik Mengleng ini GA TAHU DIRI ya.. PARASIT kok Banyak maunya... Nyusahin aja!!!emoticon-Tai

Ini ga bisa dibiarin.. mending kirim balik aja ke mengleng.. tendang balik ke kandang emoticon-babi
Diubah oleh kobasus 17-10-2017 14:29
0
4.8K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan