Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fancewAvatar border
TS
fancew
5 Masjid Ini Punya Arsitektur Anti-Mainstream Gan!
Masjid, tempat ibadah orang muslim di seluruh dunia. Semakin banyaknya masjid di sekitar kita, jadi makin ngeh kalau desain masjid itu semakin modern dan kontemporer. Bukan hanya monoton yang begitu-gitu aja. Mendesain sebuah tempat ibadah, salah satunya masjid pastinya punya tantangan khusus tersendiri: aturan yang ketat dan persyaratan yang mendetail.



Tapi 5 masjid ini ternyata punya desain yang kontemporer dan digabungkan dengan unsur agama Islam, jadilah suatu karya seni yang indah banget gan. Ane kutip dari architizer.com, ini dia 5 masjid di seluruh dunia yang punya desain beda dari masjid biasanya gan!

1. The Islamic Community Centre and Mosque oleh Henning Larsen Architects





Menempati area seluas 2890 meter persegi di daerah Dortheavej, Copenhagen, Denmark, bangunan masjid dan Islamic Centre ini punya target para generasi muda muslim di Denmark. Oleh karena itu, masjid ini akan dipenuhi serangkaian kubah yang saling terkait, namun tidak akan ada menara masjid seperti masjid biasanya. Desain masjid ini memadukan antara budaya Skandinavia dan juga tradisi Islami dalam bentuk seni arsitektur.

2. Masjid Permata Qolbu oleh MASS, Jakarta Barat





Indonesia patut berbangga nih dengan masjid yang dibangun di tahun 2013 ini gan. Masjid yang berlokasi di dalam Kompleks Perumahan Permata Mediterania ini punya tiang-tiang putih besar di sekelilingnya, yang justru membuat masjid ini semakin terlihat beda dengan bangunan di sekitarnya. Selain itu, ada menara masjid di samping bangunan masjid ini yang digunakan untuk adzan.

3. The Vanishing Mosque by RUX Design, Uni Emirat Arab








Vanishing Mosque alias Masjid yang Menghilang ini adalah konsep tempat ibadah tanpa bangunan seperti masjid biasanya. Desainnya adalah ruang terbuka dengan kolam untuk berwudhu, berbentuk segitiga, serta dikelilingi berbagai bangunan tempat shopping, apartemen, hotel dll. Jadi, masjid ini nggak punya dinding ataupun pintu. Terbuka untuk siapapun dan kapanpun, bahkan terlihat tanpat batas dengan jalanan dan juga kehidupan orang-orang yang ada di sekitar. Maknanya adalah melestarikan tradisi Islam dengan membangun sebuah identitas milik bersama dan membuat orang merasa jadi bagian dari komunitas yang terbangun.

4. Masjid Camlica oleh Tuncer Cakmakli Architects, Istanbul, Turki







Lokasi masjid ini berada di Bukit Camlica, bukit di Istanbul. Ide awalnya adalah dimana umat muslim bisa berkempul, berdoa dan juga mencari ilmu, bukan hanya masjid sebagai tempat beribadah. Dinding di sekitar masjid ini juga ini menjadi lebih solid di bagian mihrab atau mengarah ke kiblat. Selain itu, dinding halamannya juga transparan dan dihias dengan bunga mawar, melati dan bunga-bunga lainnya untuk lebih menciptakan sensasi taman surga. 2 menara masjid juga terlihat di sisi samping masjidnya, searah dengan kiblat. Dengan adanya menara masjid ini, ruang solat pun lebih terasa segar dengan udara di sekitarnya.

5. Wall Dome oleh Paolo Venturella di Bulevardi Dëshmorët e Kombit, Prishtina, Kosovo







Mungkin nggak ada yang ngeh ya kalo bangunan ini adalah bangunan masjid. Tapi ternyata tujuan dari projek ini adalah bangunan yang monumental serta ikonik untuk kota Prishtina. Idenya adalah menggabungkan 2 elemen utama masjid, Kiblat dan kubah. Dari satu sisi, masjid ini terlihat seperti bulatan yang keluar dari dinding yang merepresentasikan hubungan antara keilahian dan orang yang memanjatkan doa.

Masjid udah semakin banyak dan bagus-bagus, masa masih susah buat meramaikan masjid gan? emoticon-Sorry
SUMUR
0
17.3K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan