nadyahpAvatar border
TS
nadyahp
Tempat Keren yang Wajib Agan Kunjungi Saat di Kudus


image via wordpress.com
Kudus, siapa sih yang gak kenal sama kota ini Gan? Kota kecil yang terkenal sebagai kota kretek ini selain terkenal dengan industri rokoknya, juga terkenal akan masakan kulinernya yang beragam loh. Lalu Kudus juga dikenal sebagai kota santri, maka tak heran Kota yang berada di jalur pantai utara laut Jawa Tengah yang menjadi jalan utama darat antara Jakarta dan Surabaya ini terkenal dengan wisata religinya.emoticon-2 Jempol
Dan Jika Agan & Sista dimari yang emang kebetulan liburan disini, nih TS kasih berbagai spot menarik di kota Kudus yang sayang untuk dilewatkan.

MENARA KUDUS

black99star99
Sejarah penyebaran agama Islam di Nusantara sangat lekat dengan Kudus GanSis. Itu karena ada dua Sunan yang bermukim di Kudus, yakni Sunan Kudus dan Sunan Muria. Selain meninggalkan warisan tradisi Islam, Sunan Kudus juga mewariskan masjid yang kini berusia 468 tahun. Masjid yang memiliki menara berbentuk candi yang dikenal dengan Menara Kudus. Menara setinggi 18 meter yang dihiasi 32 piring keramik bergambar yang semuanya berjumlah 32 buah. Dua puluh buah di antaranya berwarna biru serta berlukiskan masjid, manusia dengan unta, dan pohon kurma. Sementara itu, 12 buah lainnya berwarna merah putih berlukiskan kembang.
Selain memiliki menara masjid tertua di pulau Jawa, Masjid Menara Kudus juga dihiasi ornamen yang kental dengan nuansa artikulasi budaya Hindu, Budha, Jawa, dan Tiongkok loh GanSis. Keunikan yang ada pada Menara Kudus menjadikannya spot menarik yang ada di Kudus yang sayang untuk dilewatkan.

Hutan Pohon Jati

@ktk_traveler_kudus
Jika ada yang bertanya, spot apa yang lagi hits di Kudus saat ini dan juga yang paling instagram-able? Pasti jawabannya adalah Hutan Jati Wonosoco yang berada di Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Di Desa ini nih GanSis, ada Hutan jati yang sangat cantik, deretan pohon jati yang tersusun rapi dan menjulang tinggi menjadi daya tarik untuk dijadikan latar belakang sebuah foto, sifat hutan jati yang meranggas saat musim kemarau menjadikan hutan ini nampak indah sehingga lokasi ini sering di kunjungi untuk mengambil gambar di lokasi ini. Nah untuk GanSis yang mau ke Kudus jangan lupakan spot ini ya.

Gray Canyon

mama__mey
Jika Agan dan Sista punya mimpi mengunjungi Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat tapi gak kesampaian, mending lampiaskan saja dengan berkunjung ke Kudus. Mengapa? Karena di Kudus memiliki spot yang 11-12 mirip yang dinamai Gray Canyon loh. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat berfoto di Kudus. Hal ini dikarenakan pemandangan yang disajikan memberi kesan tak biasa ketika diabadikan dengan jepretan kamera.

Gerbang Kudus Kota Kretek

yos_and
Gerbang Kudus Kota Kretek adalah sebuah gerbang masuk kota Kudus dari arah Semarang, GanSis. Gerbang ini melambangkan kota julukan Kota Kretek yaitu Kudus. Kerennya lagi, Gerbang Kudus Kota Kretek ini diklaim termegah di Jawa Tengah loh. Pembangunannya difasilitasi salah satu perusahaan rokok di Kota Kudus, PT Djarum. Buat Agan yang mampir ke Kudus rasanya sangat sayang kalau tidak mengunjungi Gerbang Kudus Kota Kretek ini.

Museum Kretek Kudus

Edyraguapo
Spot selanjutnya yang gak kalah penting dan menjadi wilayah ikonik di kota Kudus adalah ini GanSis, yap Museum kretek! Sesuai namanya, museum yang berlokasi di Desa Getas Pejaten Kecamatan Jati Kabupaten Kudus ini menyimpan banyak sekali koleksi rokok dan perlengkapannya loh. Mulai dari mesin penggiling tembakau sampai alat pembuat rokok manual.
Museum yang diresmikan Menteri Dalam Negeri, Soepardjo Roestam 3 Oktober 1986 ini, selain koleksi tentang rokok yang lengkap, di museum ini juga ada rumah adat Kudus, untuk hiburannya ada juga bioskop mini yang muat 20 orang untuk nonton film Kudus Kota Kretek (K3) dan waterboom.

Bahkan Djarum Lahir di Kota Kudus Gan!
Agan-agan disini pasti udah pada tahukan betapa besarnya nama Djarum? Sedikit info nih buat Agan, ternyata salah satu produsen rokok terbesar di Indonesia Djarum lahir di kota Kudus loh Gan. Sebuah fakta yang bikin siapapun terpana bukan? Udah Kudus terkenal sebagai industri rokoknya, Kudus juga menjadi orang tua bagi produsen besar sekaliber Djarum.
emoticon-2 Jempol

Itu dia deretan spot/tempat menarik yang bisa Agan & Sista kunjungi saat berada di Kudus. Punya saran lain Gan? Komeng dong, buat bantu para Kaskuser dimari yang pengen liburan ke Kudus.

Thanks KASKUSER
anasabila
4iinch
pandukusumo
pandukusumo dan 2 lainnya memberi reputasi
3
35.3K
181
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan