Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dikuncibroAvatar border
TS
dikuncibro
Heboh! Ada Pemotongan Dugong di Bengkalis Riau
Heboh! Ada Pemotongan Dugong di Bengkalis Riau
Oleh Ajeng Talitha Terbit 30 Sep 2017 at 8:11pm

Tandaseru.id



BENGKALIS (!) – Pernah tahu soal hewan Dugong? Dugong adalah hewan dilindungi, sejenis mamalia laut dan merupakan kerabat evolusi dari gajah.

Belum lama ini ada akun facebook yang menghebohkan karena mengunggah foto Dugong sedang dipotong-potong warga di pinggir Sungai Simpur, Rupat Utara, Bengkalis, Riau.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, Dugong adalah hewan yang dilindungi. Bahkan dalam peringkat konservasinya, Dugong berada pada posisi rentan atau dapat dikatakan sebagai hewan hampir punah.

Dugong dalam foto tersebut diakui telah ditemukan dalam keadaan mati mengambang di Sungai Simpur. Nelayan dari desa pinggir sungai tersebut tidak tahu bahwa Dugong termasuk hewan dilindungi. Makanya, mereka tanpa ragu membawa hewan tersebut ke pinggir dan memotong dagingnya.

Pemotongan yang terjadi pada Dugong dengan panjang kurang lebih dua meter tersebut mengundang beragam komentar netizen. Kebanyakan sangat menyayangkan kejadian tersebut, sebagian lagi merasa sedih saat mengetahui Dugong adalah hewan dilindungi.

Hewan seberat 200 kg tersebut diketahui telah diambil sampel kulit dan tulang untuk kebutuhan riset oleh Badan Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang, dan nantinya sampel tersebut akan dianalisis DNAnya.

Pendamping perikanan budidaya, Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis, Pemprov Riau Abdul Kadir mengatakan para nelayan mengaku menemukan Dugong tersebut telah mati mengapung dan segera mereka tarik ke tepian untuk diambil dagingnya.

Kadir menambahkan Dugong memang hidup dan berasosiasi dengan lamun atau seagrass yang banyak tumbuh di perairan Rupat Utara. Namun, penyebab Dugong mati mengapung tersebut masih belum diketahui secara pasti.

Menurut Kadir kematian Dugong di Sungai Simpur ini menambah daftar mamalia laut yang mati secara tidak sengaja di perairan Riau. Setelah sebelumnya dua ekor pesut ditemukan mati di pesisir pantai Panipahan.
0
5.5K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan