garempentriAvatar border
TS
garempentri
Jeruk Nipis dan Kecap Bisa Atasi Batuk, Benarkah?



Pernah gak sih Gan ketika ente batuk, eh terus emak ente atau keluarga ente ngasih saran buat minum larutan perasan jeruk nipis yang dicampur kecap manis?

Meminum larutan air jeruk nipis yang dicampur dengan kecap manis emang bisa dibilang menjadi salah satu cara yang dipercaya dapat mengatasi batuk sejak jaman dulu ya Gan.


Tapi benarkah ramuan warisan turun temurun ini bisa menyembuhkan batuk yang kita alami?





Jeruk nipis yang punya nama latin Citrus aurantifolia ini emang jadi salah satu bahan obat herbal Gan. Ini karena jeruk nipis mengandung minyak atsiri dan berbagai zat yang bisa melemaskan otot-otot saluran pernapasan. Jeruk nipis juga memiliki khasiat sebagai obat penurun panas dan mengatasi suara serak akibat tenggoran gatal yang mungkin jadi gejala lain yang mengikuti batuk.

Tapi nih Gan dilansir kompas.com, pakar farmasi Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, M.Si, Apt. menegaskan bahwa larutan jeruk nipis dan kecap sebenarnya tidak menyembuhkan batuk itu sendiri entah itu akibat virus atau bakteri. Larutan yang biasa disuruh minum sama emak ente ini hanya bermanfaat untuk meredakan gejala penyertanya.

Penambahan kecap pada air jeruk hanya berguna untuk mengurangi keasaman dari air jeruk nipis karena pada dasarnya kecap tidak memiliki manfaat tertentu untuk batuk atau gangguan pernapasan lain.




Jika pun ingin meredakan gejala yang menyertai batuk Agan, mending agan mengkombinasikan air jeruk nipis dengan madu dibanding kecap manis. Ini dikarenakan beberapa penelitian menyebutkan jika rasa manis pada madu bisa memicu produksi air liur dan lendir yang berguna untuk melembabkan tenggorokan.

Jadi?

Untuk menyembuhkan batuk , ente tetap membutuhkan obat Gan. Jenis obat batuk yang Agan gunakan juga bergantung dari penyebab batuk itu sendiri. Jika batuk disebabkan oleh infeksi bakteri dan kuman, Agan bisa menggunakan antibiotik resep dokter. Jika batuk dan gejala lain disebabkan oleh virus, dokter dapat meresepkan obat antiviral.

Pemilihan obat juga bergantung dari gejala. Obat batuk ekspektoran dan mukolitik (bromhexine) digunakan untuk mengatasi batuk berdahak, sementara obat batuk antitusif digunakan untuk mengobati batuk kering. Agan bisa mengkonsultasikan kondisi Agan dengan dokter sebelum membeli obat. ataupun bisa membeli obat batuk bebas yang bisa dibeli di warung atau apotek.

emoticon-2 Jempol


Jadi, meski ente udah minum air jeruk nipis yang dicampur dengan kecap atau madu, jangan lupa juga untuk mengonsumsi obat batuknya langsung supaya agan benar-benar pulih dari batuk. Oke Gan?


sumber galian
Diubah oleh garempentri 26-09-2017 08:13
999999999
999999999 memberi reputasi
1
44.5K
148
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan