mtx98Avatar border
TS
mtx98
Fadli Zon Ungkap Alasan Foto Bareng 'Kamerad Lenin'
Jakarta - Foto Wakil Ketua DPR Fadli Zon patung tokoh komunis asal Rusia, Lenin ramai dibahas di media sosial. Fadli pun mengungkap alasan dia foto bersama patung itu dan menyebut Lenin sebagai 'kamerad'.

Fadli berpose dengan patung Lenin pada 2002 silam di museum patung lilin Madame Tussaud, London, Inggris. Dia mengaku tidak cuma berfoto dengan Lenin melainkan dengan tokoh lainnya juga, di antaranya Mahatma Gandhi.

"Kenapa ada foto dengan Lenin? Ya saya suka saja, karena saya kan memang mempelajari. Saya mempelajari Lenin, saya mempelajari Stalin. Saya kan (kuliah) Sastra Rusia," ucap Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (25/9/2017).



Fadli kemudian mengunggah foto itu di Facebook dengan memberi caption 'Dengan Kamerad Lenin di Madame Tussaud. Dia lalu menjelaskan makna 'kamerad' yang dia sematkan ke Lenin.

"Kamerad itu kan artinya, ada juga dalam bahasa Rusia itu tabaris/tawaris tapi kamerad itu ya seperti 'bung' gitu," ucap Waketum Gerindra ini.

Foto lama Fadli Zon yang mendatangi Karl Max juga ramai disebarkan lagi. Dia mengaku memang hobi berziarah, mulai dari makam Lenin, makam nabi, hingga musisi.

"Karena saya datang ke situ mereka adalah orang-orang yang ada di dalam sejarah dan yang saya pelajari konteksnya. Hanya itu," ujar Fadli.

Meski ziarah, Fadli menepis itu berarti dia mengidolakan semua tokoh tersebut. Seperti Stalin, Fadli mengaku tidak mengidolakan Stalin meski mendatangi makam dan hapal sejarahnya.

Walaupun foto bareng patung tokoh komunis, Fadli menegaskan dia antikomunis. "Saya antikomunis kok, saya dari dulu antikomunis. Mereka tahu dan bahkan yang ngelawan kelompok komunis saya juga salah satunya. Tapi kalau saya mempelajari itu karena bidang studi saya sastra Rusia," tutup Fadli.

https://news.detik.com/berita/d-3657...558.1503553802
0
8.2K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan