Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

baginda.besarAvatar border
TS
baginda.besar
FPI Akan Beri Bantuan Hukum Anggota yang Kepung LBH Jakarta
Jakarta, CNN Indonesia -- Front Pembela Islam akan memberikan bantuan hukum kepada anggotanya jika terlibat aksi pengepungan dan perusakan kantor Lembaga Bantuan Hukum atau LBH Jakarta, Senin (18/9) dini hari.

Hingga saat ini, FPI masih mendata anggotanya yang tertangkap atau menjadi korban kericuhan di kantor LBH Jakarta.

"Kenapa mesti diberi sanksi (anggota FPI yang terlibat demo), orang mereka bela negara supaya komunis tidak bangkit, kok," ujar juru bicara FPI Slamet Maarif kepada
CNNIndonesia.com , Senin (18/9).

"Itu hak masyarakat, warga negara, justru kita akan bantu anggota kita yang kena, kita bantu proses hukumnya bukan kasih sanksi. Masa orang bela negara anti-PKI diberi sanksi," imbuhnya.

Slamet juga menyatakan baik Dewan Pimpinan Pusat maupun Wilayah FPI Jakarta tidak memberikan instruksi agar anggotanya ikut aksi di LBH Jakarta.

"Kalau mengerahkan, kita tidak ada instruksi mengerahkan. Itu bagian dari masyarakat saja yang peduli terhadap negara yang anti-PKI, antikomunis," katanya.

Menurut Slamet, demo yang berakhir dengan aksi perusakan kantor LBH terjadi sebagai akibat pembiaran diskusi ihwal pelurusan sejarah 1965 yang digelar beberapa ormas, akhir pekan lalu.

Slamet menilai polisi bertindak lamban merespons kegiatan tersebut, sehingga masyarakat menjadi marah dan menggelar demo yang berakhir dengan kekerasan.

"Mestinya dari Sabtu itu kan sudah banyak penolakan, polisi tanggap cepat bubarin, tutup LBH-nya, tangkap panitianya, jadi tidak bergejolak. Ini seolah-olah dibiarin, hari minggu terjadi lagi akhirnya masyarakat ya pada protes akhirnya terjadi insiden," katanya.

Sebuah diskusi akademis tentang pengungkapan sejarah Indonesia tahun 1965-1966 awalnya hendak digelar pada 16-17 September di kantor LBH Jakarta, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 74, Jakarta Pusat. Acara tersebut batal digelar karena polisi tidak mengeluarkan izin.

Menanggapi pembatalan acara, LBH Jakarta dan beberapa LSM menggelar pentas seni bertajuk 'Asik Asik Aksi: Indonesia Darurat Demokrasi.' Acara itu berlangsung pada Minggu (17/9) hingga pukul 16.00 WIB.

Usai acara pentas seni, peserta kegiatan tak bisa meninggalkan lokasi acara karena dikepung ratusan pedemo. Mereka menolak kegiatan itu dan menganggapnya membahas sesuatu tentang Partai Komunis Indonesia (PKI).

https://m.cnnindonesia.com/nasional/20170918162501-20-242523/fpi-akan-beri-bantuan-hukum-anggota-yang-kepung-lbh-jakarta/

===================================


member pengepungan LBH gak seberapa besar jasanya, dibanding Buni Yani dan Asma. tapi justru dibantu.

Quote:


Diubah oleh baginda.besar 18-09-2017 13:47
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
12.6K
53
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan