zonasenjaAvatar border
TS
zonasenja
Fenomena Click Bait dan Dampaknya
Newbie ijin buka thread, itung itung menambah jangkauan blog ane juga emoticon-Ngakak (S) , kali ini saya akan bahas fenomena " Click Bait " yang lagi tenar di era teknologi sekarang, beserta dampaknya bagi keadaan sosial ( pokonya gitu dah ). Sekarang ini banyak situs web dan situs media sosial yang memuat berita yang mengandung " Click Bait ", langsung aja kita bahas.





1. Apa itu Click Bait?

Singkatnya clickbait itu sesuatu yang menjebak, mengundang, dan sesuatu yang dilebih lebihkan, atau menurut bahasa Indonesianya sering disebut hiperbola, dan bahasa gaulnya kita sering sebut lebay.

Contoh aja yang mungkin bisa kalian temukan :

" Penghasilan 50 juta perhari hanya dengan Smartphone! "
" Sepuluh jenis jomblo, nomor tujuh paling greget! "
" Tutorial buang air besar sambil melakukan salto "

Nah seperti itulah contoh dari clickbait, tidak masuk akal, dan isinya bertele tele atau bahkan ga sesuai dengan judulnya.

2. Dampak Click Bait bagi Creator

Dari segi creator sebenarnya bisa menguntungkan banget, contoh saja trend di YouTube, yang rata rata viewnya mendapatkan satu juta view.

Hanya modal gambar dan suara dari google voice, dengan materi copas dan menipu, bisa mendapatkan satu juta view. Dan tentunya creator bisa mendapatkan uang dari situ. Terus kalau kalian mau tau berapa sih penghasilan dari satu juta view, silahkan cari sendiri kalkulator pendapatan youtube.

Bukan youtube aja yang digunakan untuk ajang clickbait. Banyak media blog dan berita lain yang juga dapat menguntungkan si creator.

Tapi yang namanya bohong mah dimana mana gak berkah. Setuju?

3. Dampak Click Bait bagi Masyarakat

Perlu kita ketahui, banyak masyarakat Indonesia yang pada males baca, dan cuman menilai dari judulnya saja. Dan ini bisa menimbulkan fitnah dan terpecah belahnya persatuan. Apalagi clickbait yang mengandung unsur politik, sara, dan sejenisnya. Banyak kehoaxan yang disebarluaskan.

Yang tukang bohong dipercaya, yang jujur malah dicaci maki. Ripuh sekarang mah lah lieur.

4. Pesan Moral

Buatlah judul yang menarik, namun tidak berbohong. Click Bait boleh, asal tidak merugikan ( kasian yang kuotanya abis sia - sia atuh ). Karena clickbait ini juga merupakan strategi yang banyak dipakai untuk para content creator untuk menarik pengunjung.

Sekian thread pertama ane yang mudah - mudahan bisa bermanfaat emoticon-Malu (S)

Jangan lupa kunjungi blog ane gan, blog yang jarang copas, dan gaya bahasa artikel yang rada somplak emoticon-Ngakak (S)

zonasenja.blogspot.com
0
54K
276
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan