c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Penjelasan Telur Ayam Berwarna Hijau








Hari ini kita bicara tentang telur ayam yuk, telur ayam umumnya untuk ayam buras cenderung coklat dan lokal warna agak putih, tapi ada telur ayam berwarna serupa telur bebek berwarna hijau.

Telur Ayam berwarna hijau mirip telur Bebek kok bisa ??



Itulah yang banyak menjadi pertanyaan orang awam, padahal telur ayam yang berwarna hijau atau biru ada penjelasannya loh guys.

Menurut beberapa ahli peneliti tentang telur, hal itu dapat terjadi karena adanya mutasi genetik.



Mutasi genetik terjadi dengan adanya penyilangan beberapa ras ayam, dan kasus telur berwarna hijau ini terjadi pada khusus ayam laga, biasanya untuk daerah di Indonesia peternak ayam laga suka menyilangkan beberapa jenis ayam bahkan ras ayam dari beberapa negara di kimpoi silangkan agar mendapat ras yang lebih unggul.



Nah karena dari penyilangan ayam yang terus menerus hingga berubahnya warna pada cangkang telur itu dikarenakan adanya retrovirus (virus RNA beruntai tunggal yang menyimpan asam nukleat dalam bentuk genom mRNA).

Lalu DNA tadi merubah pigmen (warna )pada cangkang telur menjadi berwarna kehijauan atau kebiruan kadang disebut juga bahasa asingnya biliverdin.

Untuk di Indonesia sendiri telur ayam warna hijau dianggap unik dan menjadi hal yang istimewa bahkan anakannya dianggap ras unggul dan akan memenangi pertarungan pada ayam laga.

Padahal itu adalah salah kaprah, warna telur yang berbeda dari umumnya hanya karena cangkang berwarna hijau bukanlah ras unggul tetapi karena mutasi genetik dan tidak mempengaruhi gen pada embrio si ayam.



Bila indukannya fighternya lemah tetap anakkannya juga lemah karena warna cangkang pada telur ayam yang berwarna bisa terjadi pada ras ayam apa saja tidak hanya bergantung pada ayam laga, bahkan ayam lokal yang sudah mengalami penyilangan pun bisa terjadi seperti ayam pelung khas jawa barat di crossbreed terus menerus bisa saja generasi yang kesekian indukan ayam pelung bertelur warna hijau layaknya seperti telur bebek.



Semoga artikel ini bisa menjadi pengetahuan baru untuk kaskuser, siapa tahu ada yang mau mengembangkan ayam si telur biru.


Referensi

C4punk Farm.
Sumber foto pribadi.


Bonus.














emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)






Diubah oleh c4punk1950... 15-09-2017 07:34
4iinch
wisudajuni
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
92.5K
159
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan