sekkarAvatar border
TS
sekkar
Situasi Narkoba di Indonesia dan Trend Perkembangannya






NARKOBAsingkatan dari NARkotika, PsiKOtropika dan BAhan Adiktif Lainnya.

Penyalahgunaan Narkoba adalah penggunaan Narkoba bukan untuk maksud pengobatan tetapi ingin menikmati pengaruhnya, dalam jumlah berlebihan, teratur dan cukup lama sehingga menyebabkan gangguan kesehatan, fisik, mental dan kehidupan sosialnya

Penyalah gunaan dan peredaran gelap Narkoba saat ini sudah sampai pada tingkat yang memprihatinkan dan mengancam seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Berdasarkan data yang ada pada BNN menunjukkan bahwa, masalah besar penyalahgunaan Narkoba di Indonesia telah merambah sebagian besar masyarakat, dimana tidak satu Kabupaten pun terbebas dari masalah Narkoba bahkan sudah sampai ke tingkat Kelurahan/Pedesaan.

Permasalahan semakin rumit dengan meningkatnya penularan HIV/AIDS akibat pertukaran penggunaan jarum suntik yang tidak steril atau hubungan seks bebas diantara pengguna jarum suntik, maupun dengan wanita pekerja seks.

Berbagai upaya untuk melaksanakan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba sudah banyak dilakukan Pemerintah khususnya melalui organisasi masyarakat.

Dalam upaya memerangi permasalahan Narkoba sangat diperlukan kerjasama, komitmen, dan kosistensi pada setiap tatanan elemen bangsa, baik pada tatanan personal, institusional maupun sosial.

Sebagai catatan, saat ini menurut penelitian yang telah dilakukan oleh BNN bahwa 1,5 % populasi penduduk Indonesia yaitu sekitar 2,9 juta sampai 3,2 juta orang terlibat penyalahgunaan Narkoba. Persentase penyalahgunaan Narkoba yang juga menjadi korban lebih banyak melibatkan generasi muda pada usia produkti yang merupakan generasi penerus bangsa.


Quote:




Quote:




Dalam rangka menyelamatkan generasi muda bangsa sebagai investasi yang tidak ternilai, perlu dilakukan upaya-upaya pencegahan. Sejak kapan mereka diberikan pembekalan pengetahuan tentang Narkoba, oleh siapa, bagaimana metodenya dan siapa yang lebih bertanggung jawab dalam permasalahan ini?



Sumber : Pelatihan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan peredaran Narkoba (P4GN) dan Pengalaman Pribadi

Kutipan untuk Thread ini:
Quote:

#989 emoticon-Paw




0
35.7K
257
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan