babygani86Avatar border
TS
babygani86
Cara cara berhenti merokok


Berhenti merokok merupakan satu satunya langkah terpenting yang perokok dapat lakukan untuk dapat memperpanjang dan meningkatkan kwalitas hidup mereka. Sangat sulit untuk dilakukan, namun dapat dilakukan. Agar dapat berhenti merokok dan tidak kambuh lagi, ketahuilah apa yang menjadi lawan anda, apa pilihan anda, dan kemana harus mencari pertolongan.
Sembilan puluh persen dari mereka yang mencoba berhenti merokok, akan mulai merokok lagi meskipun mereka sudah berupaya yang terbaik. Untuk berhenti merokok, yang terbaik adalah menyiapkan mental terlebih dulu.
Selama lebih dari 50 tahun kita sudah tahu bahwa rokok adalah pembunuh. Untuk membantu orang-orang yang ingin berhenti, berikut adalah beberapa pilihan yang telah terbukti secara ilmiah cukup efektif membantu para perokok yang ingin berhenti, setidaknya selama beberapa waktu.

1. Insentif keuangan
Keuntungan finansial dari berhenti merokok, mungkin bisa menjadi pilihan pertama, terutama jika Anda berisiko kehilangan uang dalam jumlah banyak jika terus merokok. Orang-orang yang mendapat insentif keuangan untuk berhenti merokok mencatat keberhasilan yang luar biasa, setidaknya setelah 12 bulan mencoba.

2. Disiplin
Siapkan mental lebih dulu dan benar-benar berkomitmen untuk berhenti. Juga, bersiap-siap untuk menahan gejala kecanduan. Minum air putih ketika gejala mulai timbul. Atau alihkan perhatian kepada sesuatu yang lain. Misalnya, pergi berjalan-jalan atau ngobrol dengan seseorang. Coba bernapas dalam-dalam dan perlahan-lahan dan berpikir tentang tekad Anda untuk berhenti. Ini akan sulit, tapi perasaan itu akan berlalu. Minta dukungan. Biarkan teman-teman dan keluarga tahu, bahwa Anda sedang mencoba untuk berhenti merokok, sehingga mereka bisa menyemangati Anda.

3. Ajak pasangan
Khusus untuk pasangan perokok. Cinta dapat membantu Anda melalui fase sulit berhenti merokok. Ada hampir 50 persen pria bisa berhenti merokok jika pasangan mereka juga ikut berhenti. Bandingkan denga hanya delapan persen keberhasilan pada pria yang pasangannya belum mau berhenti merokok.

4. Terapi pengganti nikotin (NRT)
Inhaler, semprotan hidung, pelega tenggorokan, gusi dan patch kulit yang mengandung sedikit nikotin dalam jumlah terukur, memang dirancang untuk membantu perokok mengatasi kecanduannya. 70 persen perokok bisa berhenti dari kecanduannya jika menggunakan alat-alat ini. Perangkat ini bekerja lebih baik jika dibarengi konseling.

5. Obat resep
Obat-obatan seperti bupropion, ada juga yang disebut varenicline, atau lebih dikenal dengan nama merek Chantix, bekerja dengan menargetkan reseptor nikotin di otak. Kemungkinan berhasil akan meningkat dua kali lipat dibanding jika tanpa obat.

Program berhenti merokok, seperti program kecanduan lainnya, seringkali memiliki tingkat keberhasilan yang cukup rendah. Tapi itu tidak berarti program-program itu tidak sia-sia atau bahwa Anda terpaksa berkecil hati. Yang penting, teruslah mencoba sampai berhasil. Jika Anda berhenti, kemungkinan Anda terkena kanker paru-paru dan berbagai jenis kanker lainnya, serta riaiko penyakit jantumg dam stroke, akan turun secara dramatis. Merokok juga membuat Anda nampak lebih tua. Dengan berhenti merokok, Anda akan mendapat keuntungan sehat, finansial dan kehidupan sosial juga akan meningkat dalan arti yang baik.

source https://babybuletgani.tumblr.com/pos...atunya-langkah
0
4.5K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan