Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nayakaaAvatar border
TS
nayakaa
numpang curhat dikit
Pagi agan sekalian, numpang curhat sedikit di minggu pagi yang cerah ini ya. Ane cewek, 25 tahun, single dan masih tinggal sama ortu (ibu, bapak sudah meninggal dunia 2 tahun lalu). Ane anak tertua dari 5 orang bersaudara nih gan dan kita semua tinggal di satu rumah bareng-bareng. Karena bapak udah gak ada dan adek paling bungsu masih perlu biaya sekolah, jadi keuangan kami berempat sepenuhnya ditanggung ibu, gan. ATM semua dipegang oleh ibu. Kami berempat cuma dikasih uang saku dan jajan aja setiap harinya.

Nah masalahnya, ibu ane ini control freak dan matre banget, gan. Suka foya-foya juga. Jadi uang gaji kita berempat tuh dibeliin inilah, itulah, baju, tas. Sampai-sampai kami yang kerja berempat ini gak ada tabungan sama sekali. Lucunya gan, kalau misalnya kami ngasih gaji kurang (seperti saya misalnya, karena saya kerja sebagai freelancer sekarang), kami jadi seakan dimusuhi gitu. Di rumah gak diwaroh, gak diajak ngobrol, bahkan pernah juga ane dibentak-bentak karena gak ngasih uang bulanan seperti sebelum-sebelumnya.

Jujur ini udah terjadi bertahun-tahun, gan. Sejak ane pertama kali kerja di umur 20-an setelah kuliah (dari sekolah sampai kuliah ane biaya sendiri). Ane ngerti, gak ada salahnya bagi rejeki sama orang tua. Terutama ibu, karena itu bertahun-tahun ini ane biarin aja tiap gajian ibu yang ngatur dan pakai semua uang sesukanya ibu.

Buat ane, yang jadi masalah justru gimana ibu marah-marah dan alienated anak-anaknya (gak cuma ane yang pernah dibentak-bentak dan dicari-cari kesalahan) kalau kurang atau gak ngasih uang. Seakan-akan jadinya, tak ada uang anak gak disayang gitu, gan. Kalau pas kita ngasih uang, apalagi uang banyak, bakal disayang-sayang, dimanjain, dan dibangga-banggain pokoknya.

Ane gak ngerti lagi harus kaya gimana untuk ngerubah keadaan ini, gan.. udah berusaha ngomong baik-baik juga ujung-ujungnya berantem dan ibu pakai jurus andalan: anak gak berbakti, anak gak berguna. Ada saran gak gan ane harus gimana?
0
2.6K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan