Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ryan.manullangAvatar border
TS
ryan.manullang
Bendera Kerajaan Dinasti Sisingamangaraja XII

Bendera Sisingamangaraja XII

Bendera Kerajaan Dinasti Sisingamangaraja XII adalah bendera atau lambang yang digunakan oleh Sisingamangaraja XII pada masa kerajaannya di tanah Batak.
Gambar bendera Sisingamangaraja XII dapat kita temui di Makam Sisingamangaraja XII di Balige, Toba Samosir , Sumatera Utara dan juga di Monumen Sisingamangaraja XII di Tarutung, Tapanuli Utara .
Di samping itu dapat kita bandingkan dengan bendera Sisingamangaraja XII yang ditemukan oleh Belanda di Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah.


Spoiler for Arti gambar-gambar dalam bendera:





Pengaruh Bendera Alam Zulfikar
Agama yang dianut oleh Sisingamangaraja XII adalah agama asli Batak yaitu Parmalim, walaupun banyak kontroversi catatan sejaran namun sangat lemah untuk menyatakan bahwa Sisingamangaraja XII beragama lain atau dalam hal ini Islam.

Kelewang, matahari, dan bulan bukan lambang yang eksklusif Islam.
Sebagai akibat dari demografi kerajaan
Singamangaraja XII dikelilingi oleh kerajaan-kerajaan Islam sehingga tidak mengherankan kalau bendera Dinasti Sisingamangaraja XII terepresentasi sebagai akibat hubungan antar kerajaan dalam konteks wilayah seperti kesultanan Aceh. Lambang-lambang tersebut juga digunakan oleh para raja Melayu. Bendera ini juga dipengaruhi oleh bendera Alam Zulfikar. Alam Zulfikar merupakan bendera bermata dua yang populer di Arab, Turki dan Persia kemudian dipakai oleh Kesultanan Aceh sebagai tanda ketundukan pada Khalifah di Istanbul.


mohon maaf bila masih banyak kekurangan dalam informasi mendetail. Bila ada informasi detail tambahan akan saya tambahkan di page 1 sebagai informasi tambahan positip.
Mauliate


sumber
Diubah oleh ryan.manullang 28-08-2017 12:06
0
34.8K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan