Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

janpojanpoAvatar border
TS
janpojanpo
- MENERIMA JASA SERVICE & SUPPORT SPARE PARTS UNTUK FORKLIFT & GENSET -
Di Thread ini saya mau menjelaskan bagaimana cara2x merawat FORKLIFT dan GENSET dengan baik dan benar menurut (SOP) . emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S)

1. FORKLIFT


Apa sih forklift itu ? sejenis truk industri bertenaga mesin atau batterai yang berfungsi untuk mengangkat dan memindahkan barang jarak pendek. Forklift ini dikembangkan pada awal abad ke-20 oleh berbagai perusahaan seperti Clark dan Yale & Towne Manufaktur. Setelah Perang Dunia II penggunaan dan pengembangan forklift mulai meluas ke seluruh dunia. Forklift telah menjadi bagian tak terpisahkan dari peralatan di bidang manufaktur dan pergudangan. Pada tahun 2013 saja 20 besar produsen forklift di seluruh dunia telah membukukan penjualan sebesar $ 30400000000 dengan 944.405 mesin yang dijual dan pasar forklift di AS hampir mencapai $ 33000000000.


Bagian penting dari forklift adalah besi baja yang kita sebut sebagai garpu yang biasanya terletak didepan operator( untuk sideloader berada disamping operator). Garpu ini yang dimasukkan di bawah beban yang akan diangkat dan dinaikkan dengan bantuan tiang dan rantai, garpu ini dapat dimiringkan kedepan dan kebelakang untuk memindahkan pusat gravitasi. Setelah diangkat, beban dapat dipindahkan ke lokasi lain oleh operator.

Jenis forklift terkecil adalah truk tangan atau biasa kita sebut hand stacker, dioperasikan secara manual dengan bantuan hidrolik. Sebuah truk tangan dirancang untuk memindahkan beban kecil hingga menengah di sekitar ruang terbatas. Operator alat ini memompa tuas untuk menaikkan tekanan hidrolik untuk menggerakkan garpu naik turun, dan mendorong truk dengan tangan untuk memindahkan beban. Jenis forklift terbesar adalah truk dengan engine, yang dilengkapi dengan kabin operator dgn kapasitas angkut yang sangat besar.

Forklift didesain dengan kapasitas beban maksimal dan dengan pusat gravitasi (COG) yang sudah ditentukan. Kita dapat mengetahui informasi tersebut dengan membaca name plate yg dikeluarkan oleh pabrik pembuat forklift tersebut. Seorang operator harus mampu memahami informasi yang terdapat pada name plate. Biasanya pada name plate sudah tertera kapasitas maksimal, berat kendaraan, tahun pembuatan hingga merk dan type forklift. Dan seorang operator tidak boleh mengangkat beban melebihi kapasitas yang tertera pada name plate. Bahkan dibeberapa negara merubah tanpa seijin manufaktur dan sengaja menghilangkan name plate sudah merupakan tindakan melanggar hukum.

Salah satu faktor penting tentang forklift adalah alat ini menggunakan kemudi ban belakang. Dengan kemudi ini tingkat manuver forklift sangat baik terutama diruangan terbatas dan sempit atau ditikungan yang sulit. Kemudi ini tentunya sangat berbeda dengan kendaraan yang sering kita temui di jalan raya.

Forklift juga dilengkapi dengan counterweight, berupa beban penyeimbang yang diletakkan dibelakang kendaraan ini. Tujuan dari counterweight ini adalah sebagai penyeimbang beban yang diangkat, sehingga forklift tidak menungging, prinsip kerjanya mirip dengan jungkat jungkit yang ada pada taman bermain. Pada forklift yang bertenaga baterai, baterai menjadi bagian dari counterweight.

- Cara merawat FORKLIFT :

5 Tips Perawatan Forklift

Perawatan forklift yang baik akan menunjang kinerja dan daya tahan forklift tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk perawatan forklift agar kondisinya tetap baik seperti yang dijelaskan berikut ini.

  • Olesi dengan minyak bagian yang bergerak secara aktif. Forklift memiliki bagian yang bergerak secara aktif seperti pedal untuk penyangah garpu bagian depan. Usahakan bagian sendi yang bergerak ini tidak dalam keadaan kering, karena gesekan yang terjadi selama penggunaan forklift akan berdampak buruk pada kinerja forklift jika bagian sendi tersebut dalam keadaan kering.
  • Periksa bahan bakar dan cairan lain secara teratur. Selain bahan bakar, ada cairan atau minyak lain yang membantu mesin yang ada pada forklift. Pastikan cairan ini diperiksa secara teratur dan tidak kehabisan selama pemakaian. Cairan ini antara lain adalah cairan transmisi, hidrolik, pendingin, dan oli.
  • Pastikan Forklift di charge penuh. Untuk tipe forklift yang menggunakan tenaga baterai, gas, dan listrik untuk electric forklift harus dipastikan di isi atau di charge penuh sebelum pemakaian.
  • Pastikan Gauges Forklift berfungsi secara benar. Gauges Forklfit yang ada dipanel instrumen berfungsi untuk memberikan indikasi ketika ada beberapa bagian yang rusak atau tidak berfungsi. Oleh karena itu, harus dipastikan instrumen ini berfungsi dengan baik agar kerusakan pada bagian lain dapat diketahui secara benar dan baik.
  • Pastikan ban forklift dalam keadaan baik. Ban merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja sebuah forklift, harus dipastikan tekanan udara yang ada pada ban harus seimbang. Selain agar beban yang dibawa dalam keadaan stabil, hal ini agar power yang dikeluarkan forklift stabil



2. GENSET


Apa sih genset itu ? Genset, yah tentu saja alat yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga. Genset atau yang merupakan singkatan dari Generator Set ini adalah sebuah Perangkat yang mampu menghasilkan Daya Listrik. Genset ini merupakan seperangkat atau gabungan antara Generator atau Alternator dan Engine yang dapat digunakan sebagai Alat Pembangkit Listrik . Ketika berbicara mengenai Genset, maka hal yang terlintas pada Pikiran adalah Alat untuk menghidupkan lampu ketika Listrik Padam. Yah, benar sekali, meskipun tujuannya tak hanya berfokuskan hanya pada lampu atau penerangan saja, melainkan banyak hal lainnya yang membutuhkan daya listrik, seperti misalnya untuk Pengerjaan Luar Ruangan yang jauh dari sumber daya listrik. Genset sangat dikenal karena kegunaannya sebagai Tenaga Listrik yang bisa diandalkan cukup dengan menggunakan Bahan Bakar Bensin / Solar.
Dengan bantuan Genset, maka Perusahaan Perusahaan besar maupun kecil, seperti supermarket, toko, rumah sakit, dan sebagainya aktifitasnya tidak terganggu ketika listrik padam. Mereka tetap dapat menjalankan aktifitas seperti biasanya tanpa mengalami hambatan. Maka dari itu Genset merupakan Alat penting yang sangat dibutuhkan banyak kalangan, bahkan dapat digunakan secara perorangan untuk berbagai kegiatan yang memerlukan Konsumsi Daya Listrik . Generator Set terdiri atas Mesin Engine (Motor Penggerak) dan juga Generator / Alternator, seperti yang telah di jelaskan sebelumnya. Mesin Engine yang satu ini menggunakan bahan bakar berupa Solar (Mesin Diesel) atau dapat juga menggunakan Bensin, sedangkan untuk Generatornya sendiri merupakan sebuah gulungan kawat yang di buat dari tembaga yang terdiri atas kumparan statis atau stator dan di lengkapi pula dengan kumparan berputar atau rotor.

- Cara merawat GENSET

11 Tips Jitu Cara Perawatan Genset Yang Tepat

1. Letakkan Genset pada tempat yang kering

Genset merupakan salah satu alat yang harus di rawat dalam hal peletakkannya, karena apabila Mesin Genset ini diletakan secara sembarangan, air, terik matahari dan lainnya dapat membuat genset cepat rusak, bahkan dapat mendatangkan sengatan listrik.

2. Jaga kebersihan Genset

Dengan memperhatikan kebersihan Genset, maka Generator Set yang anda miliki akan jauh lebih Optimal dan terlihat tetap Bagus. Bersihkan debu, kotoran, minyak, air yang menempel pada Genset, terutama di bagian Radiator Genset ini secara teratur, sehingga Genset tak akan mudah rusak.

3. Ganti Spare part Genset yang sudah Aus termakan Usia

Ketika sudah di gunakan dalam kurun waktu tertentu, dan ada Sparepart dari Genset ini yang sudah tidak bias bekerja secara optimal, maka gantilah Sparepart tersebut sebelum Komponen Genset lainnya ikut rusak dan tentu saja dapat membuat Genset mati secara keseluruhan jika tidak segera di atasi. Untuk mengetahui Komponen komponen Genset apa saja dan kapan waktu yang tepat untuk memeriksa atau mengganti Bagian tersebut, maka anda dapat mengetahuinya dengan membaca buku panduan yang tersedia ketika membeli Genset tersebut.

4. Pastikan ada sirkulasi udara yang baik.

Ketika Genset dioperasikan pada sebuah ruangan, maka pastikan ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik. Hal ini ditujukan untuk membuat Gas Buang dari pembakaran Genset yang ada dalam asap knalpot dari Genset tersebut dapat terbuang dengan baik. Dengan sirkulasi udara yang baik, selain dapat membuat pengguna lebih aman dari racun, juga dapat membuat Mesin Genset tidak gampang panas.

5. Pastikan pengoperasian Genset dengan benar.

Ketika hendak menggunakan Genset baik Genset Baru maupun Genset Bekas, maka pastikan anda benar benar tau bagaimana cara menggunakannya sehingga tidak akan terjadi hal hal yang tidak di inginkan dan terjadinya kerusakan pada Genset. Sebaiknya baca buku petunjuk Penggunaan Genset atau konsultasikan kepada Penjual Genset tempat Anda membeli Genset.

6. Segera matikan jika terjadi hal yang mengganjal.

Ketika anda sedang mengoperasikan Genset dan terjadi sesuatu yang tidak wajar ataiu tidak normal, contohnya seperti suara yang begitu kencang (lebih keras dari biasanya), atau juga getar yang terlalu kuat, maka segera matikan genset tersebut. Segera cek ulang kondisi Genset tersebut dalam kondisi Mati.

7. Perhatikan Kabel kabel instrument.

Pada bagian Genset terdapat kabel kabel yang harus di perhatikan, dan sangat perlu di rawat karena kabel kabel tersebut merupakan bagian dari perlengkapan penting dalam sebuah mesin Generator set itu sendiri.

8. Periksa bahan bakar

Yah, bahan bakar merupakan hal penting yang patut di perhatikan sebelum menggunakan Mesin Genset itu sendiri, karena dengan bahan bakar yang tidak mencukupi / tidak tepat, maka genset mudah rusak karena mengalami kekeringan.

9. Lakukan pemeriksaan Distilled Water pada bagian Battery

Pada battery tersedia distilled yang harus di isi ulang dalam kurun waktu tertentu, biasanya 2 hingga 3 tahun para pemilik di wajibkan untuk mengisi ulang Battery tersebut, jika tidak maka akan berpegaruh pada kinerja genset itu sendiri.

10. Cek Oli Mesin Genset secara berkala.

Oli Mesin Genset merupakan salah satu bagian Penting Genset. Lakukan pemeriksaan secara berkala , dan Gantilah Oli Mesin Genset apabila sudah mulai hitam / keruh, atau volume Oli yang sudah berkurang dibawah kadar normal. Sebaiknya Anda mengganti setiap 6 bulan sekali atau bila kondisi Oli sudah tidak normal.

11. Nyalakan Genset secara berkala meskipun tidak sedang digunakan

Genset merupakan Perangkat Mekanik dan Elektronik, terdapat Mesin (Engine), Oli, dan perangkat Elektronik yang dapat rusak bila tidak digunakan dalam jangka waktu lama. Panaskan / Nyalakan Genset paling tidak 5-10 menit setiap 3 hari bila sedang tidak digunakan, Hal ini dilakukan untuk sirkulasi Pelumasan Oli Mesin dapat melumasi komponen penting Motor Genset.


Nah itu beberapa tips untuk merawat FORKLIFT & GENSET sesuai (SOP) . Kalau memang agan2x membutuhkan jasa service dan support spare parts , saya disini siap membantu agan2x semua , hub saya di CP berikut ini :

PT. Triguna Karya Nusantara
Grand Kalimas Blok A No. 1 Kav 1&2
JL. KH Noer Ali ( Inspeksi Kalimalang ) , Bekasi timur
Telp : (021) 2956 6163/64


M Hervino Anas Fauzan
(Business Consultant)
Telp : 0812 9043 8988
Email : fauzan@triguna.co.id atau hervinofauzan@gmail.com


emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
0
3.1K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan