iskrimAvatar border
TS
iskrim
4 Temuan UI (User Interface) Ini Disukai Tapi Juga Dibenci, Ente yang Mana?
4 Temuan UI (User Interface) Ini Disukai
Tapi Juga Dibenci, Ente yang Mana?




[ HT# 147 ]

Setiap temuan didunia teknologi komputer selalu di sambut dengan gembira oleh para developer komputer, dan kita selaku penggunapun ikut bersyukur karena bisa dengan maksimal memanfaatkannya. UI adalah dasar dari User Interface sistem operasi Android, dimana UI mencakup desain fitur, icon-icon tampilan pada layar, nantinya bisa di modifikasi oleh pengembang agar memiliki ciri khasnya masing-masing, dan tampilan di layarpun akan terlihat lebih 'indah', mudah digunakan dan dipahami oleh kita.

Fitur-fitur yang bekerja pada UI memudahkan interaksi manusia melalui sentuhan untuk mengoperasikan berbagai perintah dalam smartphonenya. Tapi, ternyata beberapa temuan yang awalnya disambut gembira dalam perjalanan justeru merepotkan, berkesan mengganggu. Pastinya ente disini pernah menemukan yang namanya Captcha atau Pop Up di layar komputer, tablet ataupun smartphone. Nah bersama iskrim kita telusuri 4 UI ini apa dan bagaimana sih mereka. Check in shoow, gan.




POP UP




Ini bukan jenis aliran musik tentunya. Jendela kecil yang tiba-tiba muncul ditengah layar yang kita kenal dengan Pop Up ini sejak ditemukannya memang ditargetkan untuk diisi iklan-iklan dan polling tertentu yang diselenggarakan oleh pemilik website yang bekerjasama dengan sponsor. Pop Up sendiri kalau nggak salah ditemukan sekitar tahun 1990. Sejak itulah muncul berbagai jenis Pop Up dengan berbagai style dan posisi mengisi layar-layar tanpa permisi. Pernah ane temukan Pop Up muncul memenuhi layar smartphone tanpa bisa di tutup, benar-benar mimpi buruk. Disisi lain Pop Up disukai para pemasang iklan, dan menjadi pemasukkan pemilik website, tapi juga dibenci oleh user. Sangat mengganggu dan berkesan memaksakan diri? Sudah pastilah.





SCROLL





Awalnya teknik Scroll di sebuah jendela UI atau Browser sangat membantu ketika user membaca berita dengan konten yang panjang, tinggal klik dan geser maka scroll akan berjalan naik atau turun sesuai perintah user. Scroll sendiri dibagi 2, horizontal scrollbar dan vertical scrollbar. Scroll memang dibuat tanpa batas-tanpa ujung, sangat membantu awalnya tapi ketika sebuah konten berita berlembar-lembar dan user harus menggeser ke atas atau kebawah tanpa ujung pangakal tentunya sangat merepotkan dan membuat user jadi bosan.





NOTIFIKASI





Awalnya Pager dan SMS (Short Message Service)begitu dibanggakan oleh user, bunyi-bunyian yang sering terdengar awalnya menjadikan sebuah gaya hidup baru. Dan semakin pintarnya sebuah ponsel akhir-akhir ini fungsi Notifikasi menjadi ajang promosi terselubung baik dari pihak penyelenggara sampai orang yang tak bertanggung jawab, lengkap. Bisa ente bayangkan ketika baru akan tertidur terlelap tiba-tiba terdengar suara 'ping' notifikasi yang dikira berita penting, setelah dibuka ternyata berisi pesan sampah, mama minta pulsa, atau hadiah undian berhadiah misalnya. Bisa ente bayangkan apa jadinya jika puluhan hingga ratusan notifikasi ini masuk tanpa henti? Sangat menyebalkan!






CAPTCHA





Buat ente yang biasa berselancar di dunia maya, terutama yang berhubungan langsung dengan pengisian form akan 'gregetan' ketika dihadapkan dengan Captcha (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Human Apart), apalagi captcha yang sulit untuk dijawab pertanyaannya. Hadirnya Captcha disambut baik oleh developer yang bergerak di bidang internet, sangat berguna untuk mencegah serangan trafik atau DDoS (Distributed Denial of Service) yang berakibat sebuah website jadi down/ tidak bisa diakses karena akses trafik menjadi penuh atau overload. Nah, dibuatnya Captcha ini adalah untuk menguji apakah respon input yang diberikan berasal dari manusia asli atau bukan (robot / bot, spam). Captcha pada umumnya digunakan sebagai filter untuk mengantisipasi serangan tadi, biasanya website yang menggunakan Captcha adalah situs web yang memiliki banyak form-form.




guk



MAMPIR GAN, DI STUDIONYA ISKRIM

Web Blog: iskrim.com
FB: Facebook/iskrim
sumur: BLOG ISKRIM | sumur gambar : oom gugel | sotoshop : iskrim



>> main ke koleksi HT iskrim dan thread lainnya klik disini gan <<

Diubah oleh iskrim 05-09-2017 10:43
0
30.5K
227
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan