Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

babygani86Avatar border
TS
babygani86
Tidak mengukur gula darah rentan DIabetes (  ゚,_ゝ゚)


Saat didiagnosa menderita diabetes tipe 2, bukan berarti hidup Anda berhenti di situ. Namun diabetes tipe 2 juga bukan penyakit sepele yang bisa Anda abaikan. Anda bisa saja ‘bersahabat’ dengan diabetes tipe 2, bila Anda memperbaiki gaya hidup Anda. Berikut adalah 5 faktor yang dapat memengaruhi kadar gula dalam darah:



1, Pastikan Anda sudah mengetahui berapa rentang kadar gula darah yang terbilang aman untuk Anda. Sediakanlah waktu setiap pagi untuk mengukur kadar gula darah Anda. Dengan begitu Anda bisa mengetahui perkembangan diabetes Anda dan tahu perawatan apa yang cocok. Jumlah kadar gula darah juga dapat membantu Anda untuk menyusun menu harian yang dapat Anda konsumsi.

2, Sesungguhnya pola makan sehat itu disarankan untuk semua orang, bukan hanya mereka yang menderita penyakit tertentu saja. Akan tetapi saat menderita diabetes, Anda harus tahu jenis makanan apa yang bisa memengaruhi kadar gula darah, begitu juga dengan berapa banyak porsi yang seharusnya dimakan. Soal makanan ini Anda harus belajar untuk menghitung porsi karbohidrat yang dikonsumsi. Karbohidrat merupakan salah satu jenis nutrisi yang paling besar pengaruhnya terhadap kadar gula darah. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari apa saja sumber karbohidrat itu, dan berapa banyak porsi yang boleh dikonsumsi dari masing-masing sumber. Anda dapat menuliskan jenis makanan yang paling sering dikonsumsi. Gunakan pula alat penakar atau timbangan agar hitungan porsinya akurat.

3, Olahraga minimal 30 menit setiap hari sangat baik untuk meningkatkan kesehatan Anda. Bagi penderita diabetes, olahraga dapat membantu untuk menurunkan kadar gula darah dengan membuat sel tubuh Anda lebih sensitif terhadap insulin. Agar lebih bersemangat, ajaklah keluarga atau teman untuk ikut berolahraga bersama Anda. Selain menjadi lebih semangat, hal tersebut juga dapat menularkan gaya hidup sehat pada orang-orang di sekitar Anda.

4, Insulin dan beberapa obat diabetes lainnya diciptakan untuk membantu menurunkan kadar gula darah, khususnya bila pola makan dan olahraga tidak lagi mampu mengontrolnya. Namun efektivitas pengobatan ini tergantung juga dari waktu maupun dosisnya. Yang harus dilakukan adalah Simpanlah insulin dengan benar. Insulin yang tidak disimpan dengan benar atau sudah lewat masa kadaluarsanya takkan bekerja efektif. Karena insulin memiliki sensitivitas tinggi terhadap suhu, maka Anda perlu cermat saat menyimpannya.

5, Waspadalah terhadap setiap luka apapun yang anda temui pada kaki anda. Rutinlah memeriksanya setiap pagi. Sekecil apapun luka yang anda temui sebaiknya segera diobati dan jangan biarkan luka menyebar sehingga sulit untuk disembuhkan. Sebaiknya tanyakan juga pada dokter yang merawat Anda, bagaimana cara menjaga kaki Anda agar tetap sehat dan bebas luka.
Terakhir, tak semua orang dapat mengatasi permasalahannya sendiri, ada kalanya anda mungkin perlu bantuan dalam hal ini. Bila itu yang memang Anda perlukan, maka jangan segan mencarinya. Demikianlah beberapa faktor yang harus diperhatikan kalau Anda menderita diabetes. Selama Anda berpedoman pada beberapa saran di atas, dan masukan dari dokter, maka berbagai gangguan terkait masalah diabetes bisa dicegah. Dengan perencanaan pola hidup yang tepat, penderita diabetes tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lebih aman dan produktif, serta menurunkan resiko terjadinya komplikasi diabetes.

source https://babybuletgani.tumblr.com/pos...s-tipe-2-bukan



Quote:

Diubah oleh babygani86 28-09-2017 02:47
0
2.9K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan