Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

carolpowerAvatar border
TS
carolpower
Kenapa sih gigi kita berlubang? padahal udah sering sikat gigi.
Kenapa sih gigi kita berlubang? padahal udah sering sikat gigi.



Gigi berlubang bukan hal yang bisa kita sepelein karena akibatnya untuk kesehatan gigi bisa menjadi hal yang sangat serius. Tau donk gimana rasanya kalau gigi lagi berlubang? Rasanya kayak lagi dipukulin pake martil. emoticon-Ngakak (S)Terus kenapa sih gigi kita kok bisa berlubang meskipun udah rajin merawat gigi?

Biasanya gigi berlubang disebabkan karena adanya bakteri yang bersarang di dalam gigi dan gak hanya itu, masih ada beberapa hal lain yang juga bisa menyebabkan gigi berlubang. Oleh karenanya penting buat kita tau apa-apa aja penyebabnya, supaya kita bisa terhindar dari gangguan gigi berlubang.

Yuk disimak:

1. Cara gosok gigi yang tidak benar



Ini nih yang paling sering terjadi sama kita. Setiap kali gosok gigi kita gak pernah sadar apakah cara gosok gigi kita ini sudah benar atau belum. Cara gosok gigi yang benar adalah dengan menggosok gigi dari atas ke bawah atau pun sebaliknya. Bukan dari kanan ke kiri ataupun sebaliknya.

Selain itu, gosok gigi sebaiknya dilakukan selama 2 menit. Jangan kurang, dan jangan terlalu lama juga. Lebih enak lagi kalau gosok giginya di depan cermin, supaya kotorannya mudah terlihat.


2. Adanya bakteri



Banyak yang belum menyadari kalau di dalam mulut kita sebetulnya terdapat 2 jenis bakteri yang hidup bersarang, yaitu bakteri baik dan bakteri jahat. Nah, kalau bakteri baik atau biasa disebut probiotik (lactobacillus paracasei) dan bakteri jahat (streptococcus mutans) hidup dalam jumlah seimbang, maka gigi dan kondisi mulut kita akan relative baik-baik saja. tapi, kalau ada gigi yang berlubang sedikit aja, maka bakteri jahat akan bersarang di dalam gigi berlubang tersebut dan menyebabkan gangguan kesehatan gigi dan mulut.

Bakteri jahat yang bersarang pada gigi akan menimbulkan penyakit-penyakit gigi yang akan membuat kita gak nyaman, diantaranya adalah: karies (gigi berlubang), radang gusi (gingivitis), penyakit penyangga gigi (periodontitis), hingga infeksi pada gigi. Kalau dibiarkan, hal ini akan menimbulkan penyakit yang lebih serius lainnya.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi kita harus merawat gigi dengan baik, yaitu dengan cara menggosok gigi dengan benar dan gunakan pasta gigi yang tidak mengandung detergen untuk hasil yang lebih baik. Contoh pasta gigi tanpa detergen di Indonesia adalah Enzim, yang selama ini gue dan keluarga gunakan. Karena pasta gigi enzim ini tanpa detergen jadi dia gak menimbulkan busa, gak menyebabkan mulut kering, gak mengiritasi jaringan lunak mulut dan berkat kandungan enzim-nya bisa membuat gigi tetap sehat dan mulut segar seharian. That’s why sekarang mulut gue bebas bau. emoticon-Big Grin

3. Penggunaan sikat gigi yang salah



Persoalan sikat gigi juga gak bisa disepelein karena pemilihan sikat gigi yang salah bisa jadi penyebab masalah di gigi kita. kalau kita sering memakai sikat gigi berbulu kasar (hard), lapisan email dalam gigi akan cepat terkikis dan membuka lapisan di bagian tengah gigi kita. Nah, kalau sudah terbuka, gigi akan lebih berpotensi untuk berlubang karena sangat sensitif dan mudah sakit. Oleh karena itu, lebih baik gunakan sikat gigi berbulu lembut (soft) atau sedang (medium). Oya, jangan biarkan sikat gigi lembab atau basah karena dapat berjamur dan banyak bakteri. Selalu gunakan sikat gigi yang telah kering setiap akan menggosok gigi. Gantilah sikat gigi yang kita pakai setiap 3 bulan sekali agar lebih higienis dan terhindar dari luka karena bulu sikat yang rusak. Jangan menyikat gigi terlalu lama juga, karena bisa membuat gusi terluka dan berdarah.

4. Makanan manis



Gula bisa dikatakan sebagai salah satu bahan pokok dalam konsumsi makanan sehari-hari. Bisa kita lihat sendiri bahwa makanan dan minuman yang kita konsumsi sebagian besar menggunakan gula sebagai salah satu bahan pembuatannya, sebut saja kue, cake, kopi, susu, cokelat dan lain sebagainya. Nah, ternyata makanan manis yang sering kita makan ini bisa menjadi salah satu penyebab gigi berlubang, lho.

Kenapa makanan manis bisa bikin gigi berlubang? Jawabannya, karena gula termasuk karbohidrat. Dimana ketika karbohidrat ini kita cerna, bakteri di dalam mulut memakannya dan memproduksi asam. Bakteri dalam mulut yang bercampur dengan protein dan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi akan membentuk plak gigi. Nah, plak gigi bila tidak segera dibersihkan akan mengeras menjadi karang gigi. Inilah yang sebenarnya menyebabkan gigi berlubang. Plak ini terdiri dari bakteri dan asam. Jika gigi tidak dibersihkan dengan benar dan rutin, plak akan menggerogoti bagian luar gigi yang disebut enamel, sehingga menghasilkan lubang-lubang kecil pada permukaan gigi. Makanya, selalu bersihkan sisa-sisa makanan dengan cara menggosok gigi setelah menyantap makanan-makanan manis. Bila tidak bisa, minimal berkumur dengan air putih hangat untuk membantu membersihkan sisa makanan agar tidak menjadi plak.

5. Gangguan lambung



Kalau ada yang pernah merasakan lidah lebih asam daripada biasanya, mungkin itu adalah gangguan lambung (maag). Keberadaan asam lambung yang naik ke mulut ini bisa memicu kerusakan email pada gigi. Jadi, salah satu cara mencegah gigi berlubang adalah juga dengan menjaga pola makan dengan baik supaya kita terhindar dari gangguan lambung yang menyebabkan asam lambung naik.

Itulah 5 hal yang menjadi penyebab munculnya gigi berlubang. jadi, kalau sudah tau cara pencegahannya, buruan deh diperbaiki cara merawat giginya, supaya gigi kita selalu sehat dan jauh dari penyakit.
Diubah oleh carolpower 25-08-2017 03:07
0
24.8K
129
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan