hevangomedAvatar border
TS
hevangomed
Sejarah Panjang Baju Renang Sampai Jadi Kayak Sekarang
Siapa sih yang nggak suka berenang?



Nggak ada yang lebih enak emang pas lagi panas-panas gitu terus nyebur ke yang adem-adem. Buat cewe-cewe, model baju renang itu banyak banget ya. Mau yang one piece, two piece atau gimanapun juga ada.

Tapi tau nggak gan kalo baju renang yang fashionable itu berawal waktu King George III ngunjungi resort di Weymouth di Inggris pada akhir tahun 1700-an. Di era fashion Georgian ini, nggak boleh memperlihatkan kaki atau pergelangan kaki. Jadi ya tujuan baju renang sebenernya buat nutupin semuanya pas berenang, cuma lebih sederhana aja.

Di awal 1800an, mandi di pantai udah jadi kegiatan favorit para wanita Inggris. Bahkan sejak adanya rel kereta dan ide liburan di pantai, pantai jadi semakin mudah diakses. Meski begitu, baju renang wanita di era ini warnanya hitam dan ada unsur wool-nya gitu, plus stocking hitam, intinya harus tetep sopan.



Bahkan perenang di Amerika Utara nambahin korset berenang dan kaus kaki. Tujuannya pakai bahan wol itu buat menjaga supaya tetep hangat pas kena air dingin. Hal ini lebih penting dibanding kalo ngikutin standar Victorian yang nggak boleh memperlihatkan kulit sedikitpun. Dan sekitar tahun 1860, bahkan buat laki-laki harus pake baju renang, padahal awalnya berenang tanpa baju renang untuk laki-laki diperbolehkan.



DI awal abad 20-an, warna hitam bukan lagi jadi warna dominan buat baju renang. Semakin populernya aktivitas renang, orang-orang jadi pake baju renang dengan warna cerah dan terang.

Hingga Annette Kellerman, perenang profesional Australia adalah orang pertama yang pakai baju renang one piece. Akibatnya di tahun 1907, dia ditangkap polisi di Revere Beach, utara Boston karena dianggap nggak sopan. Akhirnya, baju renang one-piece justru jadi favorit masyarakat dan jadi fashion trend.





Di tahun 1930an, Mabs of Hollywood memproduksi Lastex, kain bahan stretchy, synthetic, elastis dan cepat kering. Bahan ini lah yang jadi pilihan masyarakat saat itu.

Di tahun 1940-an, sunbathing populer banget dan desainer Jacques Heim memperkenalkan baju renang two-piece bernama Atome yang jadi baju renang terkecil di dunia.







Hingga ada desainer Louis Reard yang membuat baju renang bernama bikini di tahun 1946. Nama bikini terinspirasi dari pulau Bikini Atoll. Dan bener-bener meledak di pasaran setelah Bridget Bardot memakainya di French Riviera di tahun 1953 dan di tahun 1956 dalam filmnya di And God Created Woman.

Tahun 1960an, bikini jadi simbol status di berbagai belahan dunia. Sampai sekarang bikini jadi baju renang favorit bagi cewe-cewe.

Ternyata sejarah baju renang panjang juga yak, nggak sekedar baju yang tinggal nempel di badan pas buat berenang, tapi penemuan bahan yang tepat buat baju renang juga jadi inovasi hingga sekarang. emoticon-Jempol

Sumur
0
41.1K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan