lordandrasAvatar border
TS
lordandras
Fakta negara GABON


Gabon adalah sebuah negara di Afrika Barat, memiliki wilayah pantai di Samudra Atlantik, dan melintasi khatulistiwa.

Negara ini beribukota di Libreville dan berbatasan dengan Kamerun, Republik Kongo, dan Equatorial Guinea.



Nama resmi Gabon adalah Gabon Republik dengan bentuk pemerintahan presidensial multipartai, dan memperoleh kemerdekaan dari Perancis pada tahun 1960.

Pada tahun 2007, populasi negara ini diperkirakan sebanyak 1.454.867 orang. Bahasa Perancis adalah bahasa resmi Gabon, namun bahasa asli seperti Fang dan Bapounou/Eschira juga digunakan.



Negara ini mengalami dua kali musim kemarau dan dua kali musim hujan. Musim kemarau terjadi dari bulan Mei sampai September dan Desember-Januari, sedangkan musim hujan dari bulan September sampai Desember dan Februari sampai Mei.

Produk pertanian Gabon meliputi kakao, kopi, kelapa sawit, karet, dan gula, serta ternak dan ikan. Industri besar termasuk penyulingan minyak bumi, pertambangan mangan dan emas, serta kayu.

Gabon merupakan rumah bagi hutan hujan berskala luas. Sejak tahun 1985, Wildlife Conservation Society membantu mengumpulkan data tentang flora dan fauna, mempelajari efek penebangan terhadap lingkungan, serta proyek-proyek lingkungan lain.

Organisasi lain seperti WWF, worldwide organization for protection of the environment, Sylvafrica, dan Ecofac juga bekerja untuk melindungi lingkungan.

Beberapa orang yang dikenal secara internasional merupakan orang Gabon. Daniel Cousin adalah pemain sepak bola keturunan Gabon-Perancis yang pernah bermain untuk Rangers, sebuah tim sepakbola asal Skotlandia.

Stéphane Lasme dari Libreville adalah pemain basket profesional, yang pada tahun 2007 bermain untuk Los Angeles D-Fender.


menarik ga gan infony? kaga pasti

bonus cewek babon eh babhon eh ghabon


Diubah oleh lordandras 19-08-2017 04:28
0
14.9K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan