Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

thyantAvatar border
TS
thyant
Serba-serbi Kimia (Umum) Sekedar meluruskan persepsi
Sebenarnya sudah ada trit tentang kimia tapi ane merasa perlu membuat trit ini karena ada sesuatu yang kurang tepat tentang persepsi orang tentang kimia.


Kimia, cabang ilmu sains yang mempelajari materidan perubahannya beserta energi yang menyertainya.

Nah, yang perlu ditekankan di sini adalah kata MATERI. Materi itu sendiri adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang. Menggunakan bahasa yang lebih materi adalah segala sesuatu yang ada di alam semesta ini. Dengan demikian karena ilmu kimia mempelajari tentang materi, maka materi itulah yang disebut sebagai ZAT KIMIA.

Anda tentu sering atau setidak-tidaknya pernah mendengar kata Kimia. Namun begitu banyak media massa yang menghubungkan istilah kimia dengan segala sesuatu yang membahayakan, maka orang sering lupa akan jasa, manfaat, dan kebaikan produk-produk kimia yang kita nikmati sehari-hari. Misalnya, obat-obatan yang menyelamatkan hidup kita, pupuk-pupuk yang melipatgandakan produksi lahan pertanian kita, berbagai bahan pakaian dan kosmetika yang memperindah tubuh kita. Bahkan yang sering terlupakan, udara yang kita hirup setiap hari adalah bahan kimia.

Kimia dalam kehidupan
Peristiwa atau reaksi kimia sangat erat hubungannya dengan kehidupan kita sehari-hari. Life is Chemistry. Semua zat penyusun tubuh kita dan semua makanan yang masuk ke dalam tubuh kita merupakan zat-zat kimia, yang harus mengalami berbagai reaksi kimia lebih dahulu sebelum dapat berfungsi sebagai sumber tenaga ataupun sebagai pembangun tubuh. Ketika kita tidur nyenyak dan dibuai mimpi indah, kita tetap hidup dan sehat lantaran reaksi kimia yang senantiasa berlangsung sewaktu kita bernafas. Bahkan tatkala anda bekerja atau berpikir, suatu reaksi kimia sedang berlangsung pada sel-sel otak Anda, dan jika seandainya reaksi kimia itu terganggu (mudah-mudahan tidak) maka Anda memerlukan Psikiater atau paling tidak dokter.

Jelaslah kita sangat perlu memahami ilmu kimia dari berbagai sudut pandang.

Bahan kimia berbahaya?
Setiap hari kita senantiasa bergaul dengan benda-benda yang dihasilkan oleh suatu industri kimia. Sabun dan pasta gigi di kamar mandi, pakaian yang kita kenakan, kendaraan yang kita tumpangi, kertas dan tinta di kantor anda, pelumas di bengkel, semua itu merupakan hasil dari ilmu kimia. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan maka orang-orang semakin giat melakukan inovasi dengan menemukan barang-narang baru dari industry kimia. Plastik, karet sintesis, paduan baja, pertisida, bahan bakar, obat-obatan, bahkan teknologi komputer mengmenggunakan bahan semikonduktor dan superkonduktor serta serat keramik, semua itu juga berkat adanya ilmu kimia.
Penggunaan produk-produk kimia tanpa memahami ilmu kimianya sendiri akan membawa bencana bagi kemanusiaan. Maka bijaklah kita dalam mengunakan bahan kimia sehingga tidak ada lagi masalah yang ditimbulkan dengan mengkambing hitamkan kimia.
Melalui ilmu kimia, kita akan mampu mengontrol tingkah laku zat kimia dan mengarahkannya kepada hal-hal yang tidak mengancam kelestarian alam.


Belajar kimia bukanlah hanya pelajaran untuk anak sekolah yang berisi rumus-rumus dan persamaan reaksi yang harus dihafal kemudian segera dilupakan setelah lulus sekolah, melainlan ilmu yang mempelajari keindahan dan keteraturan hukum-hukum Ilahi di alam semesta untuk semua orang. Pemahaman terhadap ilmu kimia dapat meningkatkan ketakwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.




Inilah sedikit penjelasan dari ane untuk agan dan agan wati semua. mudah-mudahan berkenan dan mohon maaf kalau saja banyak kesalahan.

emoticon-Kiss

Spoiler for hope:


Diubah oleh thyant 24-01-2013 07:15
0
5.9K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan