Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

frisafreezeAvatar border
TS
frisafreeze
Kamu Hijabers? Yuk Simak Evolusi Hijab Dari Masa Ke Masa


Para hijabers, tentunya sudah tidak asing lagi dengan berbagai model hijab. Hijab kini telah memunculkan berbagai inovasi.

Hijab kekinian merupakan daya tarik tersendiri dari para hijaber, di mana hijaber mempunyai kendali penuh saat mengenakan di segala kegiatan. Selama lebih dari 10 tahun hijab terus berkembang dengan berbagai modelnya untuk memberikan kenyaman dan praktis.

Berikut ini cerita perjalanan evolusi model Hijab dari masa ke masa.

1. Jilbab ala selendang

model jilbab duluDi kurun tahun 90-an, ada model hijab sebatas selendang yang cuma dikaitkan ke kepala, tanpa ciput. Walaupun kurang menutupi aurat, model ini sempat populer di masanya.

Apalagi, beberapa selebritis Indonesia ada yang bergaya hijab seperti ini. Misalnya aja Yenny Wahid dan Halimah, mantan istri Bambang Trihatmodjo, putra dari Bapak Soeharto.

Kalau era sekarang, sih, cewek-cewek yang memakai model hijab ini biasanya identik dengan mau pergi ngelayat, atau lagi naik ojek. Buat nutupin rambut, biar nggak kotor pakai helm bekas orang.

2. Jilbab klasik (Pakai ciput)

Model hijab klasik ini banyak banget ditiru masyarakat karena modelnya yang simpel dan tak ribet. Bahkan, model ini pun sempat popuer juga pada era 2000-an awal. Bedanya, kalau zaman dulu, ciputnya masih yang kaku dan rada maju mirip topi.

3. Jilbab ala Dian Pelangi

Para hijabers modern pasti mengenal dengan sosok yang ini, Dian Pelangi. Ya, dia adalah selebgram Indonesia yang terkenal akan fashion hijabnya.

Cara berhijabnya sangat kreatif. Bahkan, dia pernah menciptakan sebuah kiblat gaya berhijab yang akhirnya banyak diikuti orang-orang.

Model hijab ini diberi nama model hijab ala Dian Pelangi. Soalnya, model hijab ini memang dikenal merupakan gaya khas dari Dian yang sederhana. Di awal 2010, model hijab Dian Pelangi akhirnya dikenal oleh para hijabers hampir seluruh penjuru Tanah Air.

Modelnya memang beda daripada model-model sebelumnya. Padahal, cuma jilbab segitiga biasa. Namun, Dian berhasil mengubah menjadi model yang terlihat unik.

4. Jilbab model turban

Hijab TurbanHijab model turban ini mulai dikenal pada awal tahun 2013. Model hijab turban diadaptasi dari model penutup kepala para cowok di Arab atau Pakistan.

Pasti kamu tak asing saat melihat sebagian cowok di Arab nutupin kepalanya dengan melilitkan sebuah kain atau sorban. Nah, versi hijabnya hampir mirip juga seperti itu.

Sebelum pakai jilbab turban, disarankan pakai dalaman kerudung “ninja”. Supaya lehernya juga ketutupan. Lalu, bisa juga setelahnya dipadupadanin dengan syal.

Model satu ini sangat direkomendasiin buat hijabers yang suka dengan tampilan simpel dan sporty. Model turban ini juga nampak elegan saat dipakai di acara pesta atau event tertentu.

5. Jilbab instan modifikasi

Makin ke sini, cewek-cewek pun sepertinya kembali menyukai jilbab instan. Alasannya tentu saja biar makin praktis.

Para produsen serta desainer hijab pun mulai berlomba-lomba memodifikasi jilbab instan agar terlihat semakin modern.

Banyak bermunculan hoodie instan yang simple digunakan, tapi tetap modern. Atau, hijab dengan model pashmina yang sudah dijahit bagian bawah dagunya, jadi tinggal pakai aja tanpa ribet pasang peniti atau jarum pentul.

Jilbab instan modifikasi ini mulai booming pada 2014. Adanya model seperti ini pun sangat bermanfaat bagi hijabers yang punya jadwal superpadat. Karena minim waktu buat mengenakannya.

6. Jilbab kekinian 2015

Jilbab kekinianTahun 2015, banyak hijabers yang mulai beralih dari kerudung paris model segitiga ke pashmina. Uniknya, ada satu model penggunaan pashmina yang sangat familiar dan banyak digunakan di kalangan hijabers.

Penggunaannya cukup dengan mengenakan jilbab pashmina. Satu sisi panjang, satu sisi pendek. Lalu, sisi hijab pashmina yang panjang ditarik ke belakang kepala kemudian ditarik ke arah depan dengan sisi yang sama panjang.

Memang, gaya hijab yang satu ini sangat mudah sehingga tak heran banyak hijabers yang menggunakan model hijab seperti ini di aktivitas sehari-harinya.

Baca juga berita menarik lainnya :






0
8.9K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan