dara999Avatar border
TS
dara999
Koleksi Keris Milik Jokowi Akan Disimpan di Museum Keris


Solo - Presiden Joko Widodo berjanji akan menyerahkan koleksi keris pribadinya untuk dirawat di Museum Keris Nusantara. Dari banyak koleksi yang dimilikinya, Jokowi akan menyumbangkan sedikitnya lima buah kerisnya.

Janji tersebut dia sampaikan saat meresmikan museum yang terletak di Jalan Bhayangkara No 2, Laweyan, Solo, Rabu (9/8/2017). Dalam sambutannya, ia mengaku mengoleksi senjata tradisional Jawa itu. Menurutnya, keris layak dimiliki setiap warga Indonesia karena merupakan warisan budaya yang adiluhung.

Tak hanya keris koleksinya, Presiden juga berjanji menyerahkan keris yang lama tersimpan di museum Kota Delft, Belanda. Seperti diketahui, pada akhir 2016 artefak-artefak asal Indonesia yang tersimpan di Belanda itu diserahkan oleh Perdana Menteri Belanda Mark Rutte kepada Presiden Jokowi. Beberapa di antaranya adalah keris.

"Saya sendiri juga punya koleksi. Yang saya berikan di Museum ini, salah satunya yang disampaikan Perdana Menteri Belanda akan saya bawa nanti waktu ke Solo. Termasuk keris-keris yang saya punya disimpan di sini saja, biar dirawat oleh museum," ungkap Jokowi.

Mengenai jumlah dan jenis keris yang akan dihibahkan ke Museum Keris, Jokowi masih belum menentukan. Dia akan berkoordinasi dengan Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, untuk hal tersebut.

"Yang saya pilih yang baik-baik. Nanti saya akan langsung ke pak wali. (Jumlah yang dihibahkan) paling enggak lima lah," ujarnya usai meninjau bagian dalam museum.

Adapun saat ini Museum Keris Nusantara berisikan koleksi-koleksi hasil hibah dari masyarakat. Terdapat 409 koleksi yang terdiri dari keris, tombak dan senjata tradisional Indonesia lainnya.

Sumber

Pantesan junjungan penasbung pada ngeri, ternyata Jokowi kerisnya banyak... emoticon-Ngacir
nona212
nona212 memberi reputasi
1
2.3K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan