Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Jumlah Titik Panas Bisa Naik Lima Kali Lipat
Jumlah Titik Panas Bisa Naik Lima Kali Lipat

Metrotvnews.com, Jakarta: Jumlah titik panas atau hotspot di minggu pertama Agustus 2017 mencapai 233 titik. Angka ini lebih tinggi dua kali lipat dari periode sama tahun lalu.


'Bisa meningkat hingga lima kali lipat (di akhir bulan). Makanya kita harus waspada,' kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, di kantornya, Selasa 8 Agustus 2017.


Hotspot pada Juli dan Agustus menjadi perhatian Kementerian LHK. Karena, berkaca pada 2015, jumlah hotspot pada Juli mulai meningkat. Tercatat saat itu ada 2.403 hotspot. Pada Agustus 2015 naik signifikan menjadi 4.000 hotspot. 'Naiknya hingga 1,5 kali lipat,' kata dia.


Pada 2016, jumlah hotspot pada Juli sempat turun signifikan hingga 82% atau hanya 247 dari periode yang sama pada 2015. Namun, memasuki Agustus 2016, jumlahnya meningkat hingga lima kali lipat menjadi 1.297 hotspot.


Tahun ini, di minggu pertama Agustus saja sudah timbul 233 hotspot. Padahal, kata Siti, sepanjang Juli jumlahnya 558 hotspot. 'Artinya, sudah mencapai 40% hanya dalam kurun satu minggu. Ini patut diwaspadai karena masih ada tiga minggu lagi,' ujar dia.


Baca: Menteri Siti Nurbaya Dipanggil Presiden Bahas Kebakaran Hutan


Melihat sebaran hotspot di seantero Indonesia, Siti mengatakan, ada eskalasi dari minggu ke minggu. Minggu lalu jumlah hotspot masih 70 hingga 95. Minggu ini sudah mencapai 108 hingga 111. 'Peluang menjadi firespot (kebakaran) mencapai 80%,' ujarnya.


Mengutip perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), tahun ini musim panas bakal mundur. Artinya, kata Siti, kemunculan titik panas juga akan mundur. 'Makanya, kita harus selalu waspada,' ujarnya.



Sumber : http://news.metrotvnews.com/peristiw...ima-kali-lipat

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Jumlah Titik Panas Bisa Naik Lima Kali Lipat Kebakaran Hutan di Prancis Selatan Mulai Terkendali

- Jumlah Titik Panas Bisa Naik Lima Kali Lipat Kebakaran Hebat Landa Hutan Prancis

- Jumlah Titik Panas Bisa Naik Lima Kali Lipat Sumsel Tetapkan Status Siaga Kebakaran Hutan sejak Februari 2017

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
794
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan