sinyalitiAvatar border
TS
sinyaliti
Inilah Gadget dan Handphone Produk Gagal Yang Masuk “Museum Kegagalan”


Semua inovasi teknologi pasti pernah mengalami kegagalan. Dan semua kesuksesan yang diraih perusahaan besar pun, pasti tak lepas dari sejumlah kegagalan yang dialami. Contahnya saja, dari ribuan produk alat elektronik seperti gadget dan handphone yang meluncur setiap tahunnya. Apakah semuanya berhasil dan laku di pasaran? Tentu saja tidak! Dan apakah jumlah produk gagal ini cukup banyak? Sudah pasti!

Nah, semua produk gagal tersebut akan disimpan di Museum of Failure, yang terletak di Swedia. Sementara produk yang dipajang di Museum of Failure tidak kurang dari 70 jenis kegagalan. Dan termasuk di dalamnya adalah perusahaan teknologi terbesar dunia saat ini, yaitu Apple dan Google.

Di dalam situs resmi Museum of Failure, kita akan menemukan beberapa produk dunia merek terkenal yang pernah mengalami kegagalan. Sedikitnya, terdapat 5 gadget gagal yang telah masuk ke Museum of Failure ini. Di antaranya, sebut saja Kodak Digital Camera, Parfum Harley Davidson, Sony Betamax, dan juga Lego Fiber Optics, yang turut dipajang di “Museum Kegagalan” ini.

Sebenarnya, masih banyak lagi inovasi teknologi yang mengalami kegagalan, dan disimpan di museum ini. Penasaran apa saja produk gagal tersebut? Yuk, simak langsung artikelnya berikut ini.

1. Apple Newton

Apple Newton adalah sebuah perangkat digital asisten pertama yang bisa mengenali tulisan tangan. Produk ini mulai dirilis oleh Steve Jobs pada tahun 1987. Newton mulai memasarkannya pada tahun 1993. Perangkat ini berjalan menggunakan sistem operasi proprietary bernama Newton OS.



Sayangnya, Apple harus menghentikan produksi Newton ini setelah 3 tahun berselang. Tepatnya pada tahun 1998. Dikarenakan tingginya harga dan masalah fitur pengenalan tulisan tangan yang menjadi peneyebab utamanya.

2. Google Glass

Google Glass sendiri mulai dipasarkan Mei 2014. Kala itu generasi pertamanya dilepas seharga USD 1.500, atau sekitar Rp 19,9 juta.



Dulu Google Glass adalah kacamata pintar canggih dan bisa disebut sebagai teknologi tercanggih yang pernah ada. Tetapi untuk masalah keselamatan dan privasi, Google Glass dianggap mengabaikannya. Dari situlah perusahaan raksasa Google mulai menghentikan produksi Google Glass ini.

3. Nokia N-Gage

Paling legendaris adalah Nokia N-Gage. Perangkat mobile ini difokuskan Nokia untuk game mobile. Ia menjalankan sistem operasi Symbian seri 60.



Untuk desainnya memang cukup aneh, sebab jauh dari bentuk desain handphone pada umumnya. Sayangnya, Nokia hanya mengembangkan ponsel ini selama dua generasi saja. Penyebab utamanya yaitu koleksi game yang terbatas pada waktu itu.

4. TwitterPeek

TwitterPeek muncul akibat antusiasme tinggi pengguna yang menggunakan layanan Twitter pada waktu itu. Perangkat TwitterPeek dibuat untuk memudahkan para pengguna dalam menyalurkan hobi tweet mereka agar lebih mudah.



Namun, perangkat yang lebih mirip seperti ponsel ini rupanya tidak mampu menarik hati para konsumen. Fungsinya yang hanya sebagai akses untuk bermain Twitter, dianggap tidak sepadan dengan apa yang dikeluarkan oleh pengguna. Selain itu, dari sisi visual dan responsivitas, perangkat TwitterPeek juga tidak mampu memberikan yang terbaik.

5. Microsoft Kin

Microsoft Kin atau Ponsel Kin hanya mampu bertahan selama dua bulan saja. Awalnya, Microsoft Kin adalah sebuah ponsel yang dirancang untuk kebutuhan akses jaringan sosial yang lebih mudah, Namun sayangnya, tidak berhasil dan kandas di pasaran.



Berbagai macam strategi, seperti menurunkan harga penjualan pun tetap tidak membuat ponsel Kin dapat bertahan lama. Banyak yang menganggap gagalnya Microsoft Kin di pasaran akibat kurangnya fitur-fitur yang menarik. Alhasil, kegagalannya di pasaran pun tak dapat terbantahkan. Kini tim pengembangan Kin dilebur menjadi satu dengan tim Windows Phone 7.

Sumber Sinyaliti
zharki
zharki memberi reputasi
1
43.5K
208
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan