gakbolehcutiAvatar border
TS
gakbolehcuti
Sakit Maag Jangan Disepelekan, Ini Bahayanya Gan!
"Jangan makan nggak teratur, nanti sakit maag"

Emak ane sering banget tuh ngingetin buat makan, ngingetin tanda perhatian dan sayang ke anaknya, beda sama orang yang lagi PDKT dan nanyain "Udah makan apa belom?"


Banyak yang suka cuek aja pas diingetin makan, kalo yang udah kena maag ya banyak juga yang masih cuek-cuek aja.

"Minum obat maag ntar juga sembuh"

Belom lama ini, Ryan Thamrin, pembawa acara Dr. OZ Indonesia meninggal dunia karena sakit maag akut yang udah diderita sejak setahun terakhir. Penyakit maag yang awalnya disepelein, ternyata bisa mengancam nyawa gan.


Quote:

Buat agan yang sering nyepelein penyakit maag, penyakit ini bisa menginfeksi dan membuat luka bukan cuma di lambung, tapi juga kerongkongan, usus 12 jari, empedu, atau pankreas.

Kalo agan ngerasa nyeri di ulu hati, perut terasanya kenyang dan mual, jangan menyepelekan masalah ini ya. Agan bisa minum obat antasida yang dijual di pasaran. Tapi kalo sakitnya masih berlanjut 2-3 hari, agan harus cepet-cepet ke dokter untuk pemeriksaan lanjutan. Nggak mau makin kenapa-kenapa kan?



Tingkat parahnya penyakit maag ini bisa diklasifikasn jadi 2, akut dan kronis.

Gastritis akut

Gejalanya mulai dari anoreksia atau mual, sampai gejala yang lebih parah yakn nyeri epigastrik, muntah, pendarahan dan hemetemesis. Tapi jenis ini bisa sembuh sendiri kalo agan ngehindari zat pemicunya (alkohol, kafein, aspirin, makanan pedas termasuk cuka, lada atau mustard)

Gastritis kronis
Berlangsung terus menerus dalam jangka waktu yang panjang. Kalo udah kronis, ternyata penyakit ini bisa memicu penyakit lain yaitu kanker perut.

Bahaya banget kan kalo nyepelein penyakit maag ini? Jadi, jangan sampe makan telat ya gan. Harus makan teratur, nggak boleh ditunda-tunda. Selalu jaga kesehatan ya gan!

0
28.8K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan