Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rahmadajiAvatar border
TS
rahmadaji
Bukan Jawa lho Pulau Terpadat Dunia, tapi Pulau Ini!
Indonesia miliki pulau terpadat dunia dengan perkiraan perbandingan satu meter persegi di huni 30 orang, tapi bukanJawa. Yuk, simak informasi di bawah ini.
Spoiler for :

Spoiler for :

Jawa memang padat penduduk, apalagi Jakarta. Tak mengherankan jika kemudian banyak orang berpikir pulau ini menjadi yang paling padat di dunia. Sayangnya, anggapan tersebut nampaknya salah besar.

Di Indonesia, masih ada satu pulau yang jauh lebih padat dari Pulau Jawa. Pulau ini bahkan menjadi yang paling padat di dunia.

Selama ini kita tahu bahwa Jakarta adalah simbol kota dengan penduduk yang begitu padat. Data statistik berbicara, jumlah orang yang tinggal di Jakarta lebih dari 12 juta jiwa.

Saking banyaknya orang yang tinggal di Jakarta, sampai-sampai banyak permasalahan yang muncul seperti kemacetan, munculnya rumah-rumah kumuh di kolong jembatan dan lain sebagainya.

Seperti yang kita tahu, dua masalah besar Jakarta yang terkait dengan kependudukan tersebut masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemimpinnya. Sementara para warganya harus tetap ekstra sabar dalam menghadapi kemacetan, antre panjang, berdesakan di tempat umum dan lain-lain.

Sekarang bayangkan ada pulau yang lebih padat dari Jakarta! Bagaimana yang Anda bayangkan? Jika belum ada, datanglah ke Pulau Bungin.

Ya, pulau itulah yang mendapatkan predikat pulau terpadat di Indonesia, bahkan dunia. Pulau Bungin merupakan pulau kecil yang letaknya tidak terlalu jauh dari Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pulau ini memang tidak luas. Tapi kita akan sepakat jika pulau ini sungguh padat.

Pasalnya, pulau yang luasnya hanya 1,5 kilometer persegi ini dihuni oleh 4.500 jiwa. Dalam perbandingan yang lebih sederhana, kira-kira satu kotak ukuran satu meter persegi tempat ini di isi oleh 30 orang.

Hal tersebut akan jauh berbeda jika di bandingkan dengan Kota Jakarta. Tingkat kepadatan ibu kota Negara kita adalah 15 ribu per kilometer persegi. Dengan demikian menunjukkan bahwa tiap meter tanah di Jakarta mewakili 10 orang.

Jika kita memotret Pulau Bungin dengan drone, yang terlihat adalah pulau yang di penuhi rumah penduduk hingga tidak terlihat ada lahan kosong sedikit pun. Sehingga merasa bangga dengan warga pulau ini karena bisa hidup berdampingan dengan aman.

Bicara soal pulau terpadat, sebenarnya Pulau Bungin bukanlah satu-satunya. Ada beberapa pulau lagi di luar negeri dengan penduduk yang banyak.

Hongkong misalnya. Pulau ini berpopulasi 1,2 juta jiwa dengan kepadatan 16.390 persegi per kilometer. Populasi terkonsentrasi di sepanjang pantai utara yang kepadatannya 26.000 jiwa per kilometer persegi.

Ada juga Pulau Manhattan, sebuah pulau di muara Sungai Hudson, Amerika Serikat. Populasinya sebesar 1,58 juta jiwa, ada 26.924 penduduk per kilometer persegi. Di pulau ini banyak stasiun radio besar, televisi dan telekomunikasi perusahaan Amerika Serikat. Tidak hanya itu, banyak berita, majalah, buku dan media lainnya mempunyai pusat penerbit di Manhattan. Pulau ini juga merupakan lokasi markas besar PBB.(GIL/IB)

Nggak kebayang, bagaimana rasanya tinggal di sana.

Sumber : Pulau Bungin
Diubah oleh rahmadaji 02-08-2017 02:42
0
24.2K
157
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan